Ke Korea Terus

Ketemu Banyak Salju di Yongpyeong, Hoenggye 
 
The hightlight of every winter vacation. Member liburan sudah aku bilangin sejak malem kalo "kita harus bangun pagi, berangkat pagi karena besok mau ke luar kota". Yap, tujuan wisata pada hari ke-3 di trip Ke Korea Terus adalah untuk bertemu salju yang banyak. Aku menjatuhkan pilihan pada kota penyelenggara Olympiade musim dingin 2018 lalu, Pyeongchang. Lebih tepatnya ke Hoenggye (횡계). Kalo gue lihat dari beberapa panduan wisata, daerah ini punya beberapa spot cantik saat musim dingin. Tentunya inceran utama aku adalah ke Yongpyeong buat main ski! Hihi.. di Indo kan susah yak nyari tempat ski, makanya klo lagi liburan musim dingin bagi gue ini ga boleh dilewatin. Setelah baca beberapa review, ski resort ini sepertinya cukup menarik. Katanya kualitas saljunya cukup bagus.
Jadi, pagi jam 7, kita ikut sempelan sama kaum seoullite di metro ke Dong-Seoul (동서울) bus terminal. Bus terminal ini khusus melayani perjalanan ke luar Seoul ke arah timur. Harga tiketnya 14600 ₩ 1 orang sekali jalan. Lumayan lama sih nunggu busnya berangkat kemaren. Sambil nunggu, takut ditinggal bus, penduduk setempat juga malah ikut bantuin ngarahin "mau kemana?" ceunah, "nanti bus kamu naiknya yg itu.." perhatian sik mereka ♡. Dan akhirnya kitapun duduk manis di dalam bus.
 

Perjalanan sekitar 3 jam, semakin menjauh dari Seoul, pemandangan berubah menjadi dominasi warna putih. Gue sukak banget, sejauh mata memandang, yang kelihatan adalah bukit yg ditutupi putihnya salju. Ditambah lagi ada beberapa kincir angin di kejauhan. Oh alhamdulillah dikasih Allah kesempatan untuk lihat bagusnya pemandangan ini. Setelah bus sempet berhenti di beberapa daerah lain buat nurunin penumpang, akhirnya tiba lah di pemberhentian akhir. 

Kalo gue lihat, Hoenggye dan daerah lain di Pyeongchan ini tuh beneran masih tenaaaanngggg banget. Ndesonya Korea gitu lah. Seneng gue dapet pengalmaam ke tempat kaya' begini. E tapi, pas di terminal, gue sempet kebingungan, ini mau gimana ke ski resortnya. Saking tenangnya ini daerah. Tadinya gue mau cari restoran, jalan-jalan bentar gitu, sambil ke arah bus stop yg letaknya sekitar 300m dari terminal. Setelah jalan sambil foto-foto puas dengan banyaknya salju, gue pun akhirnya kebingungan dimana tempat nunggu bus. Ga ada tanda-tanda gaes.. jalanan juga sepik. Bingung mau cari info dimana. Akhirnya nanya lah ke 3 muda-mudi yg lagi lewat, "bus ke Yongpyeong ski resort nunggunya di mana ya?". Eh, mereka juga kaya' kebingungan gitu. Akhirnya gue minta tolong mereka buat cari'in taksi aja. Wkwkk.. dasar gue emang turis yg nyusahin XD. Sambil nunggu taksi, gue asikin ajak mereka ngobrol. rata-rata anak muda di Korea emang seneng ngelatih ngobrol inggris sama turis. Ternyata mereka jg bukan penduduk setempat, dari Gyeonggi  kalo ga salah, juga lagi liburan "kami jg main ski, tapi di Bear town ceunah".

 

Taksi dari sekitaran terminal Hoehyeon sampe ski resort sekitar 10.000 ₩. Sebenernya kalo dihitung-hitung dari biaya, harganya sama klo beli paket tour gitu. Tapi kmrn aku udah ga sempet cari paket tour, karena rencananya mau ke Daegwallyeong, dan ga ada tour yang include dua tempat tsb.

Setelah tiba di Yongpyeong Ski Resort, kami ke foodcourt buat makan. Yak, lagi-lagi bingung ini apa yg bisa dimakan. Trus, ngelihat ada turis melayu berjilbab. Nanya lah gue ke mereka lagi makan apa (*emang beneran ngerepotin banget gue jadi turis. Wkwkkk..). Untungnya bapak-ibu ini orang Jawa, ngerasa ketemu keluarga sendiri. Hehe.. Jadi, kita ikut pesen udon di foodcourt itu. Tapi pesen tempura juga sih (gue sekarang baru kepikiran, orang masak udang pake mirin yak?). Harganya ya sekitar 10rb won. Banchannya ada danmuji. Asiikkk.. ini jenis banchan yang rasanya hampir selalu bisa diterima lidah gue. Nyokap gue juga doyan. Sampe nambah yang banyak, mumpung self service. Wkwkk..

 

Kenyang makan, saatnya beraksi. Eeehhh.. tapi gue justru kebingungan gimana mau beli tiket sewa alat skinya. Nanya petugas, cuma ditunjuk-tunjuk aja. Ga ada petugas yang stand by berdiri ngawas-ngawasin gitu, jadi bingung mau nanyanya sama siapa. Akhirnya gue kelihatan loketnya yang ternyata di luar menghadap ke arena skinya. Oalaahhh.. karena kita mau ski paket hemat, jadi cuma pesen sewa 3 alat aja (krw 28000 untuk sepasang plate ski dan sepatunya). Ga usah sama pakaian dan perlengkapan yg lain, apalagi ski lift. Bisa sampe ke sini aja udah syukur.

Saat beraksi, gue emang ngerasa kalo tumpukan saljunya memang lembut. Karena tahun lalu gue udah pernah belajar, sekarang giliran gue yang ngajarin teknik main ski ke kakak gue (cerita teknik ski bisa baca di postingan tahun lalu ini). Kakak gue pun excited maen. biasalah ya, tipe anak cowo semua dihajar. padahal belum diajarin cara ngerem. XD. sementara kakak ipar dan nyokap gue yang giliran gantian maen, pada nyerah ga bisa, susah kontrol kecepatan dan arah. Trus gue, rela bolak-balik bukit yang ga seberapa tingginya, tapi tetep ngos-ngosan karena platenya berat dan sepatunya bikin susah jalan. Belum lagi, pas diatas, salju pada nyelip ke sepatu, bermenit-menit ngabisin waktu sepatunya ga mau nge-klik ke plate. sampe capek sendiri. waduh. Setelah 2 jam maen, akhirnya nyerah. 

 

 

Well, sebenernya alasan lain gue pilihYongpyong adalah karena di ski resort ini ada cable car ke atas gunung Balwangsan. Tadinya gue mau ngajak rombongan nyobain naik ini. Tapi bokap gue ga mau, "nanti kita kemaleman pulangnya" mana ga tau jalanan daerah ini kan ya. trus juga mikir-mikir mau hemat duit.  Karena beliau keukeuh, dan gue takut kualat sama orang tua, ga jadi deh.... (dan sekarang nyesel kenapa ga naik aja). Semoga nanti ada kesempatan lagi.

Lanjut, mau balik ke Hoenggye bus terminal, bingung lagi gimana cara mau naik taksi. Ga ada tourist information center pulak. Akhirnya nanyain namja yang stay di tempat parkir, macam tukang parkir gitu doi ngatur mobil keluar-masuk. Eh, trus doi bantuin nelponin taksi. pas doi keluarin hp-nya, seeettt... ternyata iphone. Gilak tukang parkir aja pake iphone, langsunglah gue dan kakak gue gosipin doi, mumpung dia kagak ngerti bhs indonesia. wkwk... Rumpian kami ga sampe situ, berlanjut di dalem  taksi, yg kayanya bukan taksi resmi, karena mobilnya bukan sedan, lebih gede, dan namja kang parkir tadi manggilnya sajangnim apa yak.. pak sopirnya pake samsung galaxy flip. Anjeeeerrrr.... tambah kaget kakak gue ngerumpiin sajangnim ini. Bener deh, pengalaman diluar dugaan dengan banyak cerita. Btw, pemandangan di Hoenggye ini bagus. Tanah coklat hampir ga kelihatan karena ketutupan putihnya salju. Begitu jg dgn hijaunya tanaman yang sudah menghilang. Belum lagi air di sungai yang membeku. What a wonderful land for me.

oh iya, sebenernya alasan lain pilih daerah sekitaran Hoenggye karena mau ke Daegwalyeong juga. Tapi apa daya, krn bingung transport, akhirnya gue batalin. Mana udah keburu sore juga. Agak susah yak ngatur waktunya. Pas di Hoenggye bus terminal gue sempet lihat ada rute bus ke Daegwalyeong, tapi semua informasi full hangeul. Pas nanya sambil nunjuk brosur daegwalyeong ke ahjumma penjaga tiket, doi melambaikan tangan. Disimpulkan kalo emang udah ga beroperasi busnya. dan kita duduk manis nungguin bus pulang ke seoul yang berangkat 1 kali tiap jamnya.

 

 

Sekian ceritanya. Terimkasih sudah baca yess..

List lengkap seri cerita Ke Korea Terus, bisa dibaca di sini

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord