Belajar Korea

Beberapa tahun terakhir (sekitar 2 tahun), aku tertarik buat belajar bahasa korea. Ini di dukung karena teman kuliahku (baru 2 tahun kenal) suka sekali dengan korea. Mulai dari korea drama (yang memang aku sukai sejak smp), lagu-lagu korea, artis dan aktor korea, penyanyi-penyanyi/band-band/group music korea, pokoknya semua korea. Aku tahu dia suka korea waktu saya melihat profile friendster nya (yang dulu emang lagi megang banget buat jejaring sosial) pake tulisan-tulisan korea dan foto-foto liburan dia di korea. Akhirnya aku minta dia untuk ngajarin aku bahasa korea. Yah tapi karena ga terlalu serius, sampe sekarang aku cuma bisa sedikit bahasa korea. Paling cuma satu dua kata. Nah, di blog kali ini, aku akan berbagi sedikit ilmu yang aku punya mengenai bahasa korea kepada kalian semua.

Awal aku belajar korea, aku minta temanku menulisakan beberapa kata-kata sapaan, kata-kata yang ringan yang biasa digunakan. Seperti :

- Hai/selamat pagi (pokoknya buat menyapa orang) = Annyeong Haseyo = 안녕하세요
- Hallo (saat berbicara di telepon) = Yeoboseyo = 여보세요
- Terima kasih = Gamsa hamnida = 감사합니다
- Maaf = Mian hamnida = 미안합니다
- Selamat ulang tahun = Saengil Chukha Hamnida = 생일 축하합니다
- Selamat tinggal = Annyeong hagye shipsio = 안녕하
- Sayang kamu = Saranghaeyo = 사랑 요
- Iya = Ye = 예
- Tidak = Anio = 아니오
- Saya = Na =나
- Kamu = Danshin = 당신
- Ayah = Abeoji = 아버지
- Ibu = Eomeoni = 어머니

Nah, dari beberapa kalimat yang pake huruf korea (Hangul) pas aku liat-liat, aku coba-coba buat tabel huruf korea. Sebelumnya di SMA, aku pernah belajar bahasa Jepang, jadi aku kira bahasa korea ga beda jauh dengan bahasa Jepang, jadi aku coba buat tabel huruf-huruf korea seperti waktu aku belajar bahasa Jepang. Setelah membuat rumus tersebut, aku melihat, oh ternyata begini huruf-huruf korea. Yang tadinya aku ga tau beberapa huruf (karena ga ada di kata-kata yang dicatetin temen), akhirnya jadi tau dan bisa membuat tabel huruf korea. Beberapa hari kemudian, aku tanyain ke temenku mengenai huruf-huruf korea yang aku buat pake tabel tersebut. Eh dia bilang BENAR. Wah, kalo gitu ga terlalu susah untuk menghafal huruf-hurufnya. Tapi temenku bilang, ada beberapa huruf yang belom aku buat. Akhirnya, aku tanya ke dia mengenai huruf-huruf dan cara baca yang bener. Ini nih huruf-huruf korea nya :


Huruf vokal
ㅏ [a]
ㅣ [i]
ㅜ [u]
ㅔ [e]
ㅗ [o]
ㅐ [ae]
ㅓ [eo]
ㅡ [eu]

Kalo huruf vokalnya berdiri sendiri, maka tinggal di tambahin buletan (o), jadinya kaya’gini :
아 [a]
이 [i]
우 [u]
에 [e]
오 [o]
애 [ae]
어 [eo]
으 [eu]

Untuk pelafalannya, beda huruf ’EU’, ’AE’ dan ’E’. kalo huruf ’EU’ dibaca kaya’orang sunda, misal kata ’pErang’. Sedangkan huruf ’AE’, dibaca kaya’ kita nyebut ’tEh’, mulutnya sedikit di buka, jadi pelafalannya seperti nyebut huruf ’A’ dan ’E’ berbarengan. Nah klo huruf ’E’ kaya’ gimana ya, haduh, aku bingung perumpamaannya. Kalian denger aja di KBS radio buat belajar bahasa korea.
Untuk pelafalan, beda huruf ’EO’ dan ’O’. kalo huruf ’EO’ dibaca kaya’ kita nyebut ’Orang’, jadi waktu nyebut huruf ’O’, mulut sedikit dibuka. Sedangkan huruf ’O’, dibaca kaya’ kita nyebut ’fOtO’, jadi waktu nyebut huruf ’O’ nya, mulutnya sedikit di tutup dan bibir berbentuk bulat kecil.


Huruf Konsonan
ㄱ[k]
ㅋ[g]
ㅌ[t]
ㄷ[d]
ㅅ[s]
ㅈ[j]
ㅊ[c]
ㅂ[b]
ㅁ[m]
ㅍ[p]
ㄴ[n]
ㄹ[r]
ㅎ[h]

Coba deh perhatiin huruf konsonannya. Ada yang penulisannya ga beda jauh. Misalnya huruf ’K’ dengan ’G’, ’T’ dengan ’D’, ’S’ ’J’ dan ’C’, ’B’ ’M’ dan ’P’. Untuk kemiripan huruf tersebut, aku ga terlalu susah ngapalinnya, karena kemiripan antar huruf-hurufnya hampir sama dengan kemiripan antar huruf-huruf yang aku pelajarin di bahasa Jepang.
Untuk mudah ngapalin huruf ’H’ tinggal ditambahin garis diatas misalnya huruf ’A’ (아) kaya’gini , maka huruf ’HA’ jadi kaya’ gini 하


Biasanya kan kalo di bahasa kita, huruf konsonan ga berdiri sendiri, tapi didampingin sama huruf vokal. Jadi misalnya kalo mau buat kata ’DA’, berarti huruf ’D’+’A’ (ㄷ+ㅏ), jadinya 다


Nah, kalo di korea juga ada huruf yang kalo saya bilang huruf kecil/mati. (aku ga tau kalo sebenernya ini disebut kelompok huruf apa). Biasanya setiap huruf konsonan bisa di buat jadi huruf kecil/mati. Tapi ada beberapa huruf yang biasanya di baca beda (sayangya untuk huruf-huruf demikian, aku ga terlalu tau).

Jadi misalnya, kita mau buat kata ’DAN’, berarti huruf ’D’+’A’+’N’ (ㄷ+ㅏ+ㄴ), jadinya 단
Trus kalo mau buat huruf ’DANG’, berarti huruf ’D’+’A’+’NG’ (ㄷ+ㅏ+o), jadinya 당
Ada juga kalo huruf ’R’ mati/kecil ketemu sama huruf ’R’ lagi di huruf sebelahnya, misal 댈라, jadi dibaca ‘Dala’


Untuk huruf ’Y’, huruf tersebut berdiri sendiri, penulisannya sama dengan huruf vocal, tinggal ditambahin buletan (o). Misalnya huruf ’YA’ jadi kaya’ gini 야.
Huruf ’Y’ bisa juga berdiri dengan huruf konsonan. Contohnya 캬 [kya].

Untuk mudah ngapalinnya, kalo aku, untuk huruf ’Y’ ga beda jauh penuliasannya dengan huruf vokal biasa, tinggal di tambahain garis satu lagi. Misalnya huruf ’A’ kaya’gini 아, maka huruf ’YA’ jadi kaya’ gini 야.

Untuk huruf ’W’ sebenrnya, biasanya penggabungan dari 2 huruf vokal. sebenrnya sih,ak bingung mau ngejelasinnya gimana. langsung di kasih hurufnya aja ya...
ㅙ [woe]
ㅝ [weo]
ㅞ [we]
ㅟ [wi]
ㅢ [wei]
untuk huruf ‘W’ ini sama kaya’ huruf ‘Y’, bisa berdiri sendiri maupun berdiri dengan huruf konsonan.

Huruf-huruf berikutnya, huruf yang huruf konsonannya suka ditulis dobel (2 kali). contohnya...
ᄁ ᄄ ᄈ ᄊ ᄍ ᄔ
mungkin ada lagi huruf yang lainnya, tapi aku ga terlalu tau tentang huruf-huruf ini.

OK deh, buat huruf-huruf aku cuma bisa ngasih tau sampe sini, karena ilmu aku Cuma sampe sini.

Komentar

Unknown mengatakan…
Bener2 membantu, ringkas, padat, berisi by.. paling idak skrg tau2 dikit dgn huruf korea dan caro nulisnyo.. makasih by:)
Unknown mengatakan…
Gomawoyo eonni!!

Top post

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord