Ke Korea Lagi


My first SKI experience

Jadi, setelah tau kalo bakalan ke Korea bulan januari, gue seneng banget karena pas musim dingin dan berarti gue punya harapan untuk ketemu SALJU. Hal yang menakjubkan bagi orang tropis kampungan macem gue. E tapi, begitu mendekati hari keberangkatan, nge-cek ramalan cuaca, ternyata diprediksi bahwa TIDAK akan ada salju turun di hari saat kunjungan singkat aku di korea nanti. Oooohheeemmjjiiiiii inces jadi syeeeddiiihhhh. Karena ga mau klo sampe ga ketemu salju di Korea, gue putuskan untuk ke salah satu Ski Resort.

Ngubek-ngubek google lihat-lihat review bahkan sampe komen di blog orang, akhirnya gue putuskan untuk ke Elysian Ski Resort di daerah Gangchon. Alasannya, katanya di sini cukup bagus terutama untuk pemula, dan juga lokasinya dekat dengan kota Seoul, jadinya ya tempat favorit turis domestik dan internasional. Trus juga, karena lokasinya yang dekat dengan Seoul, bisa banget dikunjungi dengan transportasi umum (korail+shuttle bus). Bahkan beberapa orang menggandeng kunjungan ke Elysian Ski Resort bersamaan dengan kunjungan ke destinasi wisata gapyeong lainnya seperti Nami Island, Petit france, hingga Garden of Morning Calm.
Walau sudah sedemikian riset mengenai Elysian Ski Resort, karena takut gagal ga jadi ketemu salju karena susah transportasi ke sana, akhirnya gue putuskan untuk ikut paket tour aja. Selain sudah pasti sampai ke tempat tujuan dan dianter-jemput, untungnya juga adalah diajarin main ski. Sempet baca di blog orang, katanya untuk first-timer apalagi orang tropis, you’ll be wasting your time on wearing the gear specially on the foot one. Gue Sempet juga sih lirik beberapa paket yang digandeng dengan kunjungan ke tempat wisata lain, tapi karena uang ga banyak, jadinya ambil yang termurah, antar-jemput, sewa alat & pakaian (katanya pakaian jg harus proper biar ga gampang basah), dan ski lesson.  Tanpa skilift, karena katanya ini komponen biaya yang paling mahal kalo di ski resort. Yaudah, gue mikir buat apa juga ski lift, karena ga mungkin gue naik tinggi-tinggi trus meluncur seperti ahli, ga mungkin. So, gue pake paket dari klook, karena itu yang paling murah. Kebetulan juga lagi ada diskon Korea Grand Sale, walopun diskonnya ga berasa, tetep aja mahal. Hahah… Gue pesen lewat web Klook 2 hari sebelum jadwal (pemesanan maksimal H-1, dan pembayaran dengan CC bokap krn debit Mastercard BNI gue ga bisa dipake/diterima oleh sistem). Lupa deh totalnya berapa, 700rb-an kalo ga salah.

Oh iya, temen travel gue ga tertarik ikut main ski. Apalagi kemarinnya kami sudah nemu tumpukan salju (frost) di namsan. Jadilah pagi-pagi sebelum jam 8, gue sudah mulai keluar penginapan. Pagi itu masih sepi. Udara juga masih dingin. Mataharipun belum menampakkan diri. Tapi, sudah banyak turis yang nunggu jemputan di depan Myeongdong Station Exit 2. Enaknya nginep di area myeogdong, kalo ambil paket tour, pasti ada meeting-point di Myeongdong. Dan orang-orang ramai ini bukanlah rombongan gue. ternyata ada banyak banget jasa-jasa tour yang mau menjemput pelanggannya di sini. Jadinya, harus aktif tanya-tanya ke orang yang terlihat seperti tour guide/travel agent di sana. Gue inisiatif nanya karena gue ga lihat bendera agen yang gue pilih. Biasanya kan Korea tepat waktu, makanya sengaja datang lebih awal, e tapi ternyata tour guide gue baru datang beneran tepat waktunya (atau lewat sedikit ya? lupa).

Gue dijemput pake mobil, macam mobil travel lah ya. Gue dikasih duduk di belakang, ga berapa lama ada cowo’ bule yang masuk duduk sebelah gue. Driver sekaligus tour leader memperkenalkan diri, Eddie namanya. Dan gue dipanggilnya sebagai lady (untuk kemudahan penyebutan krn gue travel sendirian). Si Eddie berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Tapi lidahnya masih kedengeran Konglish. Kemudian mobil melaju meninggalkan Myeongdong menuju Dongdaemun. Yap, selain Myeongdong, Dongdaemun juga menjadi salah satu meeting-point untuk tur. Sambil menunggu peserta tur lainnya, gue nanya bule yang duduk di sebelah, doi darimana, katanya dari brazil. Tapi doi sih mukanya ga latin gitu, lebih ke western. Gue mencoba untuk ramah karena kita bakal jadi grup seharian, jadinya gue bilang lagi ke dia, 'kok sendirian ga bareng temennya' (kaya’ gue kagak aja. Hahaha). Tapi kayanya dia bukan tipe yang mau ngobrol sama stranger, jadilah gue ga bilang apa-apa lagi ke dia, at all. Lumayan lama nunggu, akhirnya datanglah rombongan turis melayu (krn yang perempuan pake jilbab). Dari denger cara ngobrol mereka, sudah bisa ditebak kalo mereka orang Malaysia. Satu keluarga. Untung juga dah bisa bareng mereka. Gue ga ngerasa terasingi. Tapi entah kenapa, sepanjang perjalanan, rombongan Malaysia ini lebih memilih aircon ketimbang heater di dalam mobil. Jadilah gue tidur aja selama perjalanan biar ga terlalu kedinginan.
Lumayan lama perjalanan, lupa, mungkin 1 jam-an. Eddie bersuara bahwa kita bentar lagi akan sampai. Saat gue lihat ke luar jendela, pinggiran jalan terdapat cumpukan berwarna putih, salju. Mirip dengan yang ada di namsan, tapi agak banyakan dikit aja. Ga lama, mobil berbelok dari jalan besar, dan berhenti di sebuah toko. Kita akan pinjem pakaian ski di sini. Atasan dan bawahan. Gue sih termasuk ga begitu peduli keserasian pakaian, tp gue ngerasa celananya agak gede. Gue bilang ke Eddie, trus nyari yang satu ukuran di bawahnya. Eh, malah kurang nyaman gerak. Katanya ga ada ukuran di antara dua celana yang udah gue coba. Karena gue ga terlalu ngerti, gue minta saran Eddie, dia bilang mending kegedean soalnya nanti kita akan banyak gerak, ceunah. Eh iya, bagian bawah celana bisa di lipat ke atas, ada karet/iketannya, biar ga kelewer-kelewer keinjek bagi orang pendek macam gue.
 
Setelah ganti kostum, mobil kita lanjut jalan sampai ski resortnya. Ohhh… jadi gini toh ski resort itu… Turun dari mobil, kita dibagiin sarung tangan dan kacamata ski. Trus jalan dari parkiran ke gedung yang juga banyak orangnya. Ternyata kita antri ngukur kaki untuk sepatu ski. Caranya sih ga jauh beda kaya’ ngukur sepatu ice-skating. Karena gue ada guide, jadi manut-manut aja disuruh apa, dan berdiri mandjah menunggu instruksi berikutnya. Yang ngurusin si Eddie semua. Trus Eddie ngasih secarik kertas yang udah dia tulis saat ngukur kaki tadi ke petugas. Dapetlah gue sepatu ski. Hampir sama kaya’ sepatu skating, tapi ga ada pisaunya. Sepatunya keras, yang ga biasa bakalan agak kesusahan untuk berjalan. Pasang sepatunya juga agak beda. Kancingnya ada di belakang, trus ada yang kaya’ diputer-puter gitu. Entahlah, ga paham gue cara ngencengin iketan sepatunya. Ga kaya’ sepatu ice-skating atau roller-blade. Karena susah nye-klek-in nya, gue jadinya minta tolong ke orang Malaysia ini. Eh, do’I juga agak kesusahan. Jadi ga enakan, apa gue kegedean ya?. trus doi nyaranin buat ganti aja. Minta gantilah gue sama si Eddie. Pilih sepatu lumayan susah juga ternyata. Kalo kekecilan bakal kesakitan, kalo kegedean bakal ga nyaman juga pas dipake nanti. Setelah urusan sepatu beres, berikutnya ngantri untuk ambil plate, papan ski yang panjang itu. Nanti di setiap papan ada dikasih nomor, biar ga ketuker sama papan lain. Sempet search internet juga bahwa ukuran plate ini disesuaikan dengan ukuran kaki dan badan orangnya biar imbang ga gampang oleng pas main nanti. Selain itu, tingkat keahlian bermain ski juga mempengaruhi ukuran plate, katanya lagi nih, buat pemula pakenya yang besar biar mudah menjaga keseimbangan karena bagian bawahnya lebar dan berat.
 

Setelah tuker sepatu dan pegang plate masing-masing, kita ambil tongkat yang bergelantungan dengan bebas di rak. Lalu masuk ke dalam hamparan es. Ooooohhhh….. the feeling…… when I step the snow land. E tapi, katanya sih, salju di ski resort ini bukan yang murni turun dari langit. Tapi mereka buat semacam hujan buatan, trus karena suhu udara dingin, begitu airnya jatuh, berubah menjadi es. Makanya tumpukan salju cuma ada di area bermain ski aja. Ga ada gue ngelihat pepohonan yang diselimuti salju, semua cokelat gersang kekeringan. Di tengah hamparan salju, kami mulai berbaris karena Eddie akan kasih pengarahan mengenai basic bermain Ski. Pertama, diajarin cara bawa plate. Biar ga ribet, ga jatuh-jatuh, mereka harus ditumpuk, ada semacam kailnya gitu (ga tau apa namanya. Hahha). Yang basic begini bisa kalian lihat di tutorial youtube loh, jadi ga beribet amat pas belajar praktiknya. Trus belajar cara pasang plate. Bagian ujung jari kaki dimasukin (tendang dikit) ke tempat sepatu di plate, trus diijak pake tumit, sampe nye-klek. Lepasinnya, ceklek-an di belakang tumit bisa dinjak pake kaki satunya (kalo kaki yang satunya masih pake plate, ya injek ceklek-an pake kaki yang masih ada platenya). Atau cara lain, ceklek-an di belakang tumit ditekan pake tongkat. Agak kuat dikit sih nekennya, jangan terlalu gemulai. Setelah pasang plate, berikutnya belajar jatuh. Bagi gue sih, ini perlu karena kalo belum pernah jatuh, pasti pas main nanti bakalan gugup dan takut jatuh. Tapi, ngejatuhin badan sendiri dengan sengaja pun ternyata juga masih takut. Apalagi untuk ibu-ibu Malaysia itu, jadi heboh deh rombongan. Hahhaha… Nah, sebenernya dari pelajaran jatuh ini, kesulitannya adalah untuk bangun dari jatuh. Gue kagak bisa bangun, karena plate gue selalu meluncur. Boro-boro, ngangkat pantat sendiri aja gue suka kesulitan. Jadinya gue nyerah untuk pelajaran ini. Dan Eddie pun bilang, there’s always anoter easy way. Platenya dilepasin aja dari kaki. Itu lah cara yang selalu gue pake selama seharian main ski. Begitu jatuh, lepasin plate, berdiri, trus pasang lagi. Keliatan begonya. Hhaha.. Setelah kembali berdiri, diajarin cara ngerem. jadi memang harus bisa memposisikan badan agar bertumpu diujung jari kaki (lutut sedikit ditekuk), kemudian plate bagian belakang dibuka lebar secara cepat dan agak dikejutkan, sampe es di deket plate ikut bertebaran. Jelasin teorinya belibet. Tapi kalo udah bisa dipraktekin, mudah kok sebenernya. Biar lebih gampang, entah kenapa kalo tangan dibuat kaya' posisi bebek gitu, lebih mudah buka kakinya. hehe... Berikutnya, diajarin untuk bergerak menggunakan plate. Untuk bergerak, kita dituntut untuk tau kontur lahan. Jadi, kalo mau naik ke atas, baiknya jalan ke samping kaya’ penguin, kakinya diangkat satu-satu. Kalo mau jalan ke depan yang datar, satu kaki diangkat, ayun ke depan, kaki yang dibelakang diangkat pindah ke depan, ayunkan lagi, dst. Posisi kaki harus membentuk huruf V (yah, standar main ice skating/roller blade gitu lah). Tapi ribetnya karena platenya panjang, jangan sampai keinjek. Eddie sih muji gue, katanya “you’re really good”, ah masa’? kan jadi bangga. Hehe.. Kalo saat meluncur, dua kaki dan plate posisinya sejajar kaya' angka 11, jangan terlalu deket biar ga keselimpet, jangan terlalu jauh juga biar ga kejengkang.
Setelah semua diajarkan, Eddie mempersilahkan kami untuk bebas menjelajah area ski dengan kemampuan yang kami miliki. Awalnya sih, Eddie nawarin kalo ada yang mau latihan lagi bareng dia, silahkan. Tapi gue malu. Hehe… belakangan baru nyadar, kenapa ga minta bantuan doi untuk rekamin video gue lagi main ski. aduh…

Karena gue ga ada tiket ski lift / travellator, jadilah gue gotong plate naik tanjakan ke area yang agak tinggi. Awalnya karena masih ragu, gue ga sampe atas, setengah jalan, langsung pake plate dan meluncur ke bawah. Alhamdulillah lancar aja. Setelah sampe bawah, gue jalan naik lagi. Makin lama, gue makin ke atas start meluncurnya. Dan kemudian, gue putuskan untuk turun dari paling atas. Capek juga jalan bolak-balik gini. Pas di atas, pasang plate, gue mulai meluncur. ASIK. SERU. Ternyata memang tantangan tersendiri di lintasan panjang, padahal kemiringannya masih landai. Gue sempet agak kesulitan ngatur kecepatan. Tau sih, klo untuk memperlambat kecepatan, posisi kaki jadi v kebalik (^). Tapi tetep aja agak gugup. Lumayan sulit ngarahin platenya karena belum biasa. Belum lagi buat belok menghindar orang di depan. Untung sempet nonton tutorial youtube. Gue udah mulai bisa miringin badan ke kanan untuk belok kiri, dan miring ke kiri untuk belok ke kanan. Tapi, gue masih kesulitan gerak kalo di dataran yang landai. Susah maju meluncur. Mau cepet, ya lepas aja platenya dan jalan biasa.  Eh iya, gue sih lebih milih menjatuhkan diri kalo takut nabrak orang.  Udah hati-hati, malah gue yang ditabrak orang lain. Ya nasib.
Menjelang siang, gue rencananya mau simpen tenaga aja. Karena bakalan sampe sore, jangan kecapekan. Jadilah gue duduk-duduk di kursi pinggir area ski dekat foodcourt. Awalnya gue nyamperin salah satu temen gue yang emang kita ga trip bareng, tp kebetulan di hari yang sama kita ambil paket tour main ski. Ga lama ngobrol, temen gue makan sama suaminya. Trus gue tinggal sama orang lain yang tadi juga duduk ngobrol sama temen gue. Orang Indonesia.  Iseng gue tanyain, sedang liburan atau emang stay di Korea, dia jawab kebetulan sedang ada kerjaan, seminar ceunah. Pass ditanya-tanyain lagi, ternyata sama-sama dari AR ITB. Oalaahhh… dia kerja riset bareng dosen calon penguji yang ga jadi nguji tesis aku. Jadilah obrolan kami semakin akrab. Ga berapa lama, dua temennya dateng. Mereka mau makan siang. Trus gue ditawarin buat makan bareng. Krn mereka bawa beberapa lauk, gue dibilangin untuk pesen nasi aja. “gonggi bap”, diajarin salah satu temennya yang ternyata sedang lanjut kuliah di Korea sini. Mereka semua lulusan S1 ITB. Seneng deh kalo nemu kenalan gini. Gue sih, tebelin muka aja pas Cuma pesen semangkok nasi di foodcourt. Mereka bilang sih gapapa, biasa aja. Gue juga tebelin muka minta lauk mereka. Hahha.. sebenernya sih, gue juga ga enakan, tapi ga bisa nolak tawaran mereka, dan gue juga mau lebih akrab bareng mereka. Kita ngobrol lumayan banyak, lumayan lama. Anak AR ITB ini fans Kpop. Yang tinggal di Korea, malah ga paham Kpop, taunya malah Via Valen. Waduh.
Selesai makan, mereka lanjut main. Gue juga. Badan udah mulai terasa panas begitu sudah makan. Saat gue balik menginjakkan kaki di hamparan es, mulailah kaki terasa pegal. Ini deh kayanya salah gue. kalo kita ga biasa pake otot untuk kerja keras, begitu istirahat, otot bakalan terasa pegal dan susah untuk langsung dipake lagi buat kerja keras. Jadilah gue ga enjoy main ski di siang itu. Mulai males naik sampai atas. Mana saljunya udah mulai jelek krn udah banyak orang yang pake. Sama kaya’ area ice rink yang geregesan kalo udah banyak yang pake. Gitu juga dengan area ski ini. Mana matahari siang bikin es mulai membongkah, udah ga halus lagi. Gue coba ke area yang teduh dari sinar matahari dan ga banyak orang, tetep ga enjoy mainnya. Jadi, buat temen-temen yang mau main ski, sangat disarankan untuk main di pagi hingga siang hari. Nunggu sampe sore lama juga ternyata. Gue putuskan untuk udahan main ski, ganti sepatu, balikin ski gear, setelah sebelumnya dibersihin dari es-es yang nempel dengan alat selang tekanan udara yang kaya’ di bengkel itu. Selanjutnya, gue cuma ngider-ngider sekitaran gedung aja. Di sini tuh ada juga tempat penyewaan sarung tangan, helm, google, dll. Beli juga bisa. Kayanya sih standar harganya 10.000 won. Btw, sarung tangan yang proper juga perlu, biar tangan hangat dan ga mudah basah. Google juga lumayan perlu, karena kalo pas sudut mataharinya kena pandangan mata, bakal silau. Belum lagi tanpa disadari muka lo bakal menghitam di musim dingin ini. Muka gue juga di liburan ini terasa perih krn gue ga paham dengan skincare, jadinya kekeringan. Gue sih mikirnya di kampung kan kalo ga pake skincare apa-apa muka ga akan rusak dengan mudah ya, apalagi kalo sedang olahraga, bare face-an lebih baik. Ternyata ga untuk negara 4 musim. Pantesan skincare orang Korea beribet banget yak.
Balik ke fasilitas yang ada di Ellyisian, harga ski lift 60.000 won untuk  4 jam, dan 15.000 won untuk satu kali bolak-balik aja. Ski lift tuh yang duduk di kursi gantung itu loh. Kali aja ada yang ga tau. Trus, harga sewa papan ski 29.000 won per-4 jam. Harga sewa pakaian 18.000 won per-4 jam. Selain 4 jam, ada juga harga sewa untuk 6 dan 8 jam. Tapi kalo cuma buat coba-coba main aja, 4 jam cukup kok. Di sini ternyata ada juga kelas ski nya. Tapi klo gue lihat, kayanya sepi. Locker room juga ada (ga tau harganya berapa). Kalo Cuma mau taroh sepatu, ada tenda tempat ganti sepatu, bisa aja sih ditaroh di situ kalo ga was-was diambil orang. Kalo aku kemarin, satu rombongan dimasukin ke keranjang, trus keranjangnya disimpen di dalem tenda. 
Duduk-duduk sambil nunggu si Eddie jemput, gue sempet ngelihat ada rombongan turis cewe-cewe, mungkin orang Indonesia yang masuk ke area ski tanpa peralatan ski Cuma buat foto-foto aja. Kayanya sih bisa ya mengunjungi Elysian ini tanpa ikut paket tour. Maybe next time, gue bakalan nyoba ke sini sendiri tanpa tur. Walopun gue ga lihat dimana info shuttle busnya.
 
Sekitar jam 4, Eddie datang menghitung jumlah wisatawannya. Dia kelihatan seneng karena kita sudah ngumpul rapi plus peralatan sudah dibalikin. Dia bilang sih, yang paling dia syukuri adalah tidak ada yang kecelakaan. Trus kita lanjut jalan ke mobil untuk balik ke Seoul. Tapi kali ini Eddie ga sedirian, melainnkan bersama temennya. Cowok. Cakep sih menurut gue. hhaahaha… Cewek Malaysia aja sempet diam-diam ambil foto cowo ini dari kursi belakang. Emang hot. Cara ngomong inggrisnya juga beda dengan konglishnya Eddie yang ngingetin aku ke Max. Uwuuwww..

Di tengah perjalanan yang ngebut, tiba-tiba Eddie memperlambat laju kendaraannya sambil berbicara dengan ponselnya. Gue sih ngerasa kayanya ada yang ga beres nih. Bener aja. Ternyata ada wisatawan yang kecelakaan. Patah kaki kalo ga salah. Bilangnya sih yang gini emang suka terjadi, terutama bagi yang belum ahli tapi nyobain meluncur di jalur yang tinggi. Dan kami ga ada pilihan lain selain ikut bus rombongan grup lain, krn mereka mau pake mobil ini bawa yang cidera. Bete deh ah. Ngabisin waktu aja. Ga bisa ngecengin temen Eddie yang cakep. Duh. Rombongan Malaysia juga sempet minta opsi lain, krn ternyata si bapaknya ga bisa naik bis, suka mabok ceunah. Jadilah mereka naik subway dari stasiun Gapyeong. Gue dan turis brazil pindah ke bus. Untungnya di dalem bus dikasih kopi kalengan. Dan perjalanan pulangku ditemani dengan sekaleng maxim coffee yang hangat.
Sekian cerita pengalaman pertamaku main ski. Kalo ada kesempatan ke Korea lagi pas musim dingin, mau banget main ski lagi. Nyobain pergi sendiri aja. Klo ga salah, Elysian juga ada paket anter-jemput, sewa alat, pakaian, dan ski lift. Tapi tanpa basic ski lesson. Yuk temen-temen lihat salju dan coba main ski di Korea.

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord