KTT ASEAN-KOREA 2019


Korea memiliki hubungan yang baik dengan negara-negara ASEAN. Hubungan tersebut berupa kepercayaan dan dukungan Korea kepada 10 negara ASEAN yang memiliki keberagaman politik, ekonomi, dan sosial. Hubungan baik yang telah berlangsung sejak 1989 menunjukan bahwa ASEAN merupakan negara ke-2 untuk rekanan bisnis, serta memiliki pertukaran wisata dan budaya yang berkembang pesat dalam lima tahun terakhir. Contoh lain yang menandakan bahwa Korea dan ASEAN memiliki hubungan yang baik adalah adanya program sister city antar kota-kota di Korea dengan kota-kota di negara ASEAN, seperti Surabaya (Indonesia), Ho Chi Minh (Vietnam),  Cebu (Phillipines), Yangon (Myanmar), Phnom Penh (Cambodia) dengan Busan, Kota Kinabalu (Malaysia) dengan Yeosu, Bangkok (Thailand) dengan Seoul, dan lain-lain.

Pada tahun 2019 hubungan kerja sama Korea dengan sepuluh negara ASEAN memasuki usia yang ke-30 tahun. Untuk memperingatinya, akan diadakan pertemuan 2019 ASEAN-KOREA Commemorative Summit di Busan-Korea Selatan, pada 25-26 November ini. KTT ASEAN-KOREA 2019 yang ke-3 ini memiliki tema Partnership for Peace, Prosperity for People, akan membahas evaluasi kerjasama selama 30 tahun terakhir, dan rencana berlanjutnya kerjasama untuk 30 tahun ke depan. Berlanjutnya hubungan dan kerjasama terjadi karena Korea percaya bahwa ASEAN akan terus tumbuh, terutama negara-negara ASEAN memiliki banyak pemuda yang potensial.

Untuk mendukung suksesnya acara 2019 ASEAN-KOREA terdapat beberapa kegiatan lain, seperti:
  • Café Asean, pengenalan negara-negara ASEAN ke berbagai kota di Korea melalui Kopi dari negara ASEAN yang diracik oleh barista Korea, pada bulan Oktober hingga November 2019.
  • ASEAN Cinema Week, pertunjukan 10 film dari 10 negara ASEAN, pada bulan November hingga Desember 2019 di beberapa kota di Korea.
  • Pembebasan biaya Visa kunjungan wisata ke Korea bagi pemegang passport negara ASEAN dengan masa pengajuan Oktober hingga Desember 2019.
Info lebih lanjut mengenai 2019 ASEAN-KOREA Commemorative Summit bisa dilihat di link berikut : https://2019asean-roksummit.kr/

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord