Seminar Korea Tourism Gathering di Palembang

Sambutan dari KTO-Indonesia dan Dinas Pariwisata Sumatera Selatan
Kamis, 14 November 2019, Korea Tourism Organization wilayah Jakarta, melakukan kunjungan pertama ke Palembang dalam rangka pengenalan pariwisata Korea lebih dalam. Private Seminar yang diselenggarakan di Hotel Aston Palembang ini dihadiri oleh sekitar 30 peserta dari berbagai travel agent di Palembang. Andrew, director KTO-Indonesia dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunjungan perdana ini merupakan pertanda baik bagi hubungan wisata Korea dengan Kota Palembang, dan diharapkan bisa menjadi kegiatan tahunan ke depannya. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Aufa S Sarkomi, juga memberikan sambutan dalam acara tersebut dengan menerangkan bahwa strategi promosi pariwisata Korea dikemas dengan sangat baik, dan bisa dijadikan contoh bagi penyelenggara tour di kota Palembang yang sudah ditetapkan sebagai Sport Tourism Destination.
Penjelasan mengenai pariwisata Korea
Pada sesi pertama, pihak KTOid menjelaskan mengenai destinasi pariwisata Korea berdasarkan pembagian daerah/wilayah negara tersebut. Salah satu kota yang terkenal adalah Seoul dengan wisata KPOP seperti Gangnam dan Coex. Tempat wisata lain yang terkenal dan terletak dekat dengan Seoul adalah Gyeonggi yang memilki Korea Folk Village dengan atraksi upacara pernikahan tradisional Korea, Everland dengan berbagai wahana permainan (theme park), serta DMZ yang merupakan daerah perbatasan Korea Utara yang bisa dikunjungi hanya dengan reservasi. Daerah lain yang dikenalkan adalah Chungnam dengan festival lumpur Boryeong di musim  panas, Chungbuk dengan bermacam kegiatan outdoor seperti paragliding, Gangwon dengan festival memancing ikan di es Hwacheon, Daegu yang terkenal sebagai wilayah industri, salah satunya tekstil dan memiliki festival lampion, dan Busan dengan pasar tradisional dan jembatan Gwangan yang tidak kalah terkenal dengan jembatan Ampera.
Berikutnya, KTOid mengenalkan MICE yang dikhususkan untuk Meeting maupun Pameran bagi perusahaan (corporate). Bagi perusahaan maupun travel agent yang berkunjung ke Korea untuk gathering, KTOid menyediakan bantuan land operator selama di Korea dengan berbagai pilihan paket. MICE yang ditawarkan harus terdiri dari minimal 10 orang dan menginap di Korea selama 2 malam. Beberapa tempat unik yang bisa dijadikan tempat kegiatan Meeting maupun Pameran antara lain, Samcheonggak dan Dongdaemun Design Plaza di Seoul, Busan Cinema Center dan The Bay 101 di Busan, hingga tempat  terkenal seperti Nami Island. Pada sesi terakhir,  KTOid mengenalkan tema wisata terbaru yang sedang diusung oleh Korea, yaitu Wellness. Wisata ini meliputi Beauty seperti Spa, Hands-on seperti pembuatan teh dan make-up herbal, dan Healling Forest.
Pembagian hadiah dan foto bersama
Acara berlangsung meriah karena disertai dengan kuis dan pembagian doorprize. Acara kemudian ditutup dengan foto bersama dan makan siang. Diharapkan Setelah penyelenggaraan acara ini, terdapat pengembangan paket wisata ke Korea dengan beragam pilihan yang ditawarkan oleh travel agent di Palembang.
Thank's to KTOid for the invitation. :)

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord