Harapanku untuk Korea-Indonesia terhadap covid-19

Covid-19 sudah mengguncang dunia, dan memberikan dampak yang sangat luas ke semua sector. Everything will not be the same anymore. Segala upaya juga sudah dilakukan untuk mengatasi dan memulihkan kondisi akibat covid-19. Berikut sedikit pemikiran receh dari aku mengenai upaya yang dapat dilakukan Korea-Indonesia menanggapi isu dan dampak covid-19.
source : alenia.id
  • Bisa dibilang sektor ekonomi adalah salah satu dari yang terpukul. Dan gue termasuk salah satu yang merasakan dampaknya. Tapi, gue bukan ahli di bidang ini. Gue berharap Indonesia-Korea bisa kembali membangun kerjasama yang dapat meningkatkan daya serap tenaga kerja yang banyak kehilangan pekerjaannya.
  • Masih berkaitan dgn sector ekonomi, gue berharap kedua Negara bisa mulai saling membuka satu sama lain, but in a safe way ofcourse. Salah satunya di bidang entertainment dan pariwisata. Sekarangkan ada tuh wisata daring. Atau mulai kembali mengenalkan berbagai macam wisata melalui film, mv, atau tv-show.
  • Pendidikan dan riset memang menjadi modal investasi non-fisik yang menjanjikan. Di bidang ini, gue berharap Indonesia-Korea juga bisa menjalin kerjasama khususnya mengenai hal yang berkaitan dengan covid-19. Bukan cuma di bidang medis dan teknologi saja, tapi juga bisa berbagi mengenai everyday life, how can we live side-by-side with this virus without give a harm to ourself and others. Contoh sederhana adalah talkshow atau seminar tentang bagaimana upaya menghadapi new normal yang dilakukan kedua Negara. Bukan saling mencontoh mentah-mentah, tapi mempelajari bagaimana kebijakan dan keputusan diambil dengan dasar yang menyesuaikan masyarakat dan budaya.

Jujur, sebenernya upaya kerjasama yang sudah dilakukan dua Negara sudah berjalan baik dan optimal. Kalo temen-temen ada ide lain, boleh disuarakan di kolom komentar. :D

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord