Ke Korea Terus

Itaewon itinerary  

|  Sehabis gagal main ice skating outdoor di Nodeul Island, gue buru-buru ngajak rombongan untuk pindah ke destinasi berikutnya. Karena hari ini adalah hari jumat, harus ngejer waktu jangan sampe ketinggalan sholat jumat. Krn gue jg ga paham jam pastinya sholat jumat di sini, makanya gue putuskan untuk tiba lebih awal di Itaewon. Naik bus, lalu nyambung metro. Lumayan sepi. Lalu tibalah di tempat tujuan. Gue udah ga terlalu asing lagi dengan itaewon krn sebelumnya udah pernah ke sini. Bonyok pun juga demikian, masih hapal. Suasana jalanan menuju masjid itaewon juga khas, ‘kaya sedang jalan di mekah aja’ kata kakakku, karena di sini memang banyak toko-toko yang menjual kebutuhan-kebutuhan umat muslim, mulai dari restoran  halal, supermarket halal, sampe toko baju dan buku islami.

Manis Kitchen
Sebenernya ada hal lain yang gue incer, yang bikin gue memutuskan untuk tiba di itaewon lebih awal, mau jajan dulu. Hahah… Gue baca di internet, katanya di depan masjid ada yg jualan jajanan halal. Ga boleh dilewatkan dong pastinya. Gue dan kakak gue dengan semangat diskusi mau beli jajanan apa di Manis Kitchen ini. Hhihii.. dengan beberapa pertimbangan, gue putuskan untuk beli topoki dan gorengan (harganya kalo ga salah dikisaran 3000 won). Pernah baca juga di internet, kalo gorengan korea tuh enak buat dicocolin pake saus topoki. Eh iya, pas pesen ke Ahjuma, gue sempet di bete-in si do’i krn gue tadinya mau makan di tempat, tapi ga jadi, gue bilang dibungkus aja. Ngomel dah si ahjuma. Kkkk… mana do’i lupa masukin tusukan, eh pas gue minta, dia masih ngomel lagi. Wkwkwk…
 
Gorengan korea  yang gue beli ini terdiri dari macam-macam, ada yang kaya’ bakwan, pistel, ubi goreng, apa lagi ya, lupa. Jadi walopun agak pricey kalo dirupiahin apalagi dibandingin sama gorengan mamang gerobak pinggir jalan di Indonesia, gorengan korea ini lumayan banyak juga. Trus kalo makannya dicocolin ke saus topoki, emang makin enak jadinya. Harus loh cobain ini.
Itaewon Mosque
Gue memutuskan makan gorengan sambil duduk-duduk di halaman masjid aja, sambil nunggu  waktu sholat. Soalnya pengalaman 3 tahun lalu, kita ternyata kelamaan nunggu waktu sholat. Di masjid siang itu sudah rame, para ikhwan mulai masuk memenuhi area masjid. Waktunya tepat, Alhamdulillah, ga lama nunggu. Selesai makan jajanan sampe abis, kita kemudian lanjut ambil wudhu. Airnya sejuk pun. Tapi klosetnya bisa puas cebok. Wkwk.. selesai wudhu, ternyata halaman masjid sudah penuh sama ikhwan yang lesehan siap sholat. Agak telat deh ternyata ngatur waktunya. Jadi ga bisa masuk ke masjid, naik ke atas. Kita ngekor akhwat yg abis ambil wudhu jg, ke satu ruangan. Eh, di sini juga ternyata sudah banyak akhwat yang duduk siap sholat. Jadi ga kebagian tempat, mukenah, dan sajadah deh. Terpaksa nunggu sampe jama’ahannya selesai. E tapi sebenernya ini bukan ruang sholat. Kayanya cuma ruang tunggu, atau macam childcare gitu, ruang tempat sosialisasi para ibu-ibu. Jadi, yang mau sholat di sini, perlu lihat-lihat cek arah kiblat, karena orientasi ruangnya memang ga pas menghadap ke kiblat.

Karena kita sholatnya telat, selesai sholatnya pun jg molor dikit, halaman masjid sudah ga crowded. Abang dan papa juga bilangnya sudah foto-foto. Trus kita lihat ada kaya’ bazar buku di depan tangga masjid.  Eh, buku ini gratis lho, sedekah, baik untuk orang yang mau tahu lebih banyak tentang islam, maupun untuk turis muslim yang sedang di korea. Gue ambil buku yang berisikan info tentang Restoran Muslim Friendly di Korea, yang  dicetak oleh KTO. Boleh banget nih buat referensi, apalagi kalo kalian baru nyampe ke Korea hari jumat. Sayangnya gue waktu itu udah hari terakhir. Tp gpp, nothing wasted. Bisa disimpen buat next visit in Korea (hopefully).

Makan Restaurant
Selesai sholat, kalo lagi di itaewon, haruslah makan di salah satu restoran halal. Karena cuma di Itaewon sinilah kita bisa pilih-pilih mau makan di restoran muslim friendly yang mana. Gue juga sudah punya inceran restoran yang telah bersertifikasi Halal dari KMF. Jalan sonoan dikit dari masjid, ada Makan Restaurant. Pas lagi lihat-lihat menu, turis melayu yg lagi berdiri di depan restoran menyarankan untuk coba makan di Eid Restaurant aja. Makanannya lebih Korea ceunah. Jadilah kami jalan sonoan dikit lagi. Di depan Eid Restaurant, terlihat bahwa pengunjungnya penuh.  Ngintip dari jendela kaca, ga ada meja/kursi kosong. Memang waktu itu adalah jam makan siang dan kondisinya pas habis sholat jumat juga (hampir dipastikan semua turis muslim yang ikhwan akan ke itaewon). Mungkin ini sedikit catatan dan challenge buat temen-temen yang ngatur itinerary kunjungan ke Itaewon hari jumat kaya’ gue.
Karena sepertinya tidak ada harapan makan di Eid Restaurant, jadi balik lagi ke Makan Restaurant, yang siang itu belum ramai diisi pengunjung.  Sebenernya emang restoran ini yang gue incer, krn gue mau nyobain Tteokgalbi. Hehe… e tapi, rencananya kan kita mau hemat, mau share menu aja, akak pelayan bilang setiap orang harus pesan satu menu, ga bisa share di resto ini (catet nih guys). Baiklah…. Jadi selain Tteok galbi, pesen samgyetang juga, cukumi, bibimbab, dan bokeumbab (padahal udah nyiapin bekal nasi di tas. Wkwk…).
  
Semakin siang, sambil nunggu menu kami di taruh di meja, pengunjung resto jg semakin ramai. Gue langsung review aja ya menunya… Tteokgalbi (krw 12.000), ternyata adalah semacam patty burger gitu (bukan sliced beef kaya steak, karena memang menu ini terbuat dari daging ribs yang dicincang). Samgyetang (krw 12.000) seperti biasa porsinya gede. Ojingeo Bulgogi (krw 10.000) / grilled squid (kalo di Indo semacam cumi asam-manis-pedas tapi ada topokinya), bibimbab (krw 8.000), dan bokeumbab (krw 8.000), standar, biasa aja. Tapi alhamdulillahnya adalah semua makanan ini halalan toyiban. Dimana lagi coba bisa makan tteokgalbi yang terbuat dari daging sapi yang halal di Korea ini? Oh ya, selain menu utama, seperti restoran korea pada umumnya, side dish yang disediakan lumayan beragam macemnya. So pasti , kami berlima dengan susah payah ngabisin semua makanan yang ada di atas meja.



Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord