Ke Korea Lagi

Pengantar (setdah, macam bab karangan ilmiah aja)

Kalo kalian pantau sosmed gue, kabanyakan isinya korea aja, korea mulu, korea lagi. Sebenernya ini semua “ada udang di balik bakwan”, karena selama satu tahun belakangan gue masuk sebagai anggota Wow KoreaSupporters yang membantu menyebarluaskan pariwisata korea melalui media sosial. Awalnya gue sempet greedy banget. Tapi ngeliat saingannya pada selebgram, postingan sempet kendor di pertengahan tahun. Walo tetep lanjut sampe akhir. Dan ternyata gue kalah dong. Mau gimana lagi. Bonyok gue bilang “kalo memang rejeki nanti bakal dapet lagi”. Sepulang gue dari trip bisnis (cieee biar keren), dapet sms dari manager wks, kalo gue ngeganti’in pemenang yang ga bisa berangkat. Excited, tapi bingung at the same time karena duit gue udah banya kepake di bussiness trip kemaren. Untungnya bokap gue kaya (*maunya sih gitu… HAHAHA!), dia bilang ambil aja. Gue juga pikir tiket pesawat itu udah setengah dari total pengeluaran buat liburan. Oke deh, AMBIL! Dan temen-temen gue pun pada bilang, “ya ampun Bi? Ke korea lagi? Gratis lagi?”.
Setelah urus visa, urus surat izin, 26 januari 2019 sore hari gue berangkat ke Jakarta. Tiket domestik lagi naik gila-gilaan harganya. Jadi jangan tanya gue abis berapa liburan ke Korea ini. Btw urus visa harganya juga naik, jadi 700rb utk single entry (tau gitu, gue apply yang multiple deh ciynt). Trus juga bayarnya harus ke bank di deket kedutaan. Ga tau detailnya juga sih, bokap gue yang ngurusin. Pake drama pula, karena dateng kesiangan. Untungnya do’i jago nego. Berkas juga lengkap, jadi orang kedutaan mau terima aplikasinya. Fyuuuh~.


Terminal 3 Bandara Soetta Internasional

Di Seotta gue nunggu temen trip di terminal 3. Iya, kita dikasih tiket Garuda. Yeee yeee la laaa la laaa~. Awalnya temen trip gue asal Jakarta. E tapi ternyata dia ga jadi, trus ganti temen yang dari semarang. Kita chat dulu ngerencanain perjalanan bareng. Karena kita sesama solo travelling. Akan lebih hemat kalo ada temen bareng buat share kamar, share wifi, dan share makan.

Karena gue dari Palembang naik citylink, landing di terminal 1c, maka gue harus ke 1b buat naik kalayang ke terminal 3. Ngasih tau temen-temen aja sih, mungkin ada yang belum tau kalo mau pindah terminal gimana. GRATIS! Bahkan di platform kalayang ada porter yang  bisa bantu kita kalo kita bawa barang banyak. Dan di belakang kaosnya ditulis “No Tipping”. Uhuy!

Terminal 3 ini program ruangnya disusun layer secara vertikal. (cerita lagi, siapa tau masih ada yang belum akrab sama terminal 3 soetta). Stasiun kalayang di layer lantai tengah, kedatangan di bawah, keberangkatan di atas. Karena waktu check-in masih beberapa lama, gue sempetin sholat dulu di lantai dasar dekat pintu kedatangan. Bagian dalam departure hall tempat check-in cantik, ada tempat untuk background foto-foto. Suasananya mirip lah dengan departure hall Incheon. Gue juga sempet keliling lihat-lihat. Ada atm, money changer, restoran, toilet (tapi ga nemu musholla ya), ada juga tap water buat minum.  Sekitar jam 10, gue dan temen travel masuklah ke dalam ruang tunggu (gate 10) buat boarding. Btw, nyari tap water buat minum di ruang tunggu ini di sebelah mana ya? Ga ketemu. Ya udahlah ya gapapa. Toh di pesawat bisa minta minum, kan buka penerbangan LCC. Hehe...

Garuda Indonesia Jakarta – Seoul

Sebelum masuk pesawat, gue sempet bertanya-tanya dalam hati, kira-kira susunan tempat duduknya gimana ya? Males banget kalo yang 3-3-3 maunya yang 2-4-2 kaya gue naik Asiana kemaren, ga susah buat keluar kalo duduk deket jendela. Dan ternyata airbus 330-300 garuda ini sesuai sama yang gue inginkan asyik! Kursi gue juga untungnya ga jauh dari pintu masuk ekonomi. Ada selimut, bantal, dan penutup mata + kaos kaki (kayanya asiana kemaren ga dapet kaos kaki sama penutup mata deh. Oke, unggul 1 poin garuda. Yes). Entah karena ini pesawatnya bagus atau apa, suhu pesawat penerbangan malam ini dingin. Apa mungkin karena berusaha menyesuaikan suhu di tempat tujuan. Entahlah. 

Garuda GA878 punya entertainment on board, just like another long haul flight in general. Monitor di depan (klo pesawat LCC, ga ada ini). Trus juga ada film Crazy Rich Asian. Kebetulan banget, kemaren gue sempet donlot, trus filmnya macet pas lagu “falling in love” itu. Hahaha… jadi bisa nonton sampe selesai deehh sambil ngabisin waktu di penerbangan selama 7 jam ini. Eh iya, walopun penerbangan malem, setelah take-off dan tanda sabuk dimatikan, jangan terlalu nyenyak tidurnya, karena cabin crew biasanya bakal bagi'in snack. Hihihi… jadi, supaya mba pramugarinya ga nyangka kita tidur, pura-pura sibuk sama monitor, nanti dese nawarin, mau snack ga. Penerbangan malam itu, snacknya berupa Sandwich isi kaya’ ada bumbu karenya gitu. Lumayan loh buat ganjel perut, karena meals on board berikutnya dibagi’in pas sarapan, kaya’ 2 jam sebelum mendarat gitu. Pilihan menu sarapannya atara nasi uduk atau omelet. Karena nasi uduk itu banyak jualannya deket rumah, aku pilih omelet. Sudah diduga sih kalo isinya kentang, sayur, sama sosis. Enaakk… eh iya, di pesawat garuda ini ada wifinya loh! Waaahhhh… seumur-umur, gue kalo di pesawat pasti, selalu, mati'in hape karena takut gara-gara sinyal hape gue pesawat yang sedang gue naikin malah jatuh. Mungkin klo gue ga merhatiin pengumuman-pengumuman oleh captain pesawat, gue bakal kelewatan informasi ini. Dan ternyata, setelah gue cek, free wifi on board ada batas waktu. Lupa deh berapa lama, 15 menit apa ya? Tapi lumayanlah buat update sosmed kalo sedang di pesawat. Hehe…
Ternyata, garuda Indonesia sekarang mendaratnya di terminal 2 incheon airport. Terminal baru. Tapi bagi gue sih, feel-nya sama aja sama terminal lamanya. Arrival hallnya ga terlalu besar. Apa mungkin karena masih pagi, jadi belum terlalu rame banget. Tapi, stasiun airport railroadnya, ga semegah wah dari yang di terminal 1. Kalo udah biasa ke seoul kaya' gue (*sombong), ga sulit kok menuju ke platformnya.

*Cerita lanjutan pengalaman gue tentang liburan ke korea januari 2019, nanti akan di-update dalam beberapa part. Ditunggu yaah. ๐Ÿ˜Š

.
.

Update artikel:

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord