Ke Korea Lagi

Belanja di Myeongdong

Sebenernya waktu itu pilih area Myeongdong sebagai tempat penginapan kita karena ada alasannya. Temen travel gue mau nge-jastip. Karena gue ngerasa ada prospek (otak mulai mikirin duit), gue ga nolak. Hihihi… Jadilah beberapa hari yang singkat di Korea itu, bikin gue hampir hapal toko-toko yang ada di sana. Wkwkwkk..
 
Berikut sedikit tips belanja dari gue saat belanja di Myeongdong (ini barang-barang mainstream yang biasanya dibeli kalo di korea):
  • Belanja Kosmetik.
Kalian harus sudah siapin daftar barang-barang (kosmetik) apa aja yang harus dibeli berdasarkan merknya. Kenapa? Karena untuk memaksimalkan tax refund!  Tax refund adalah pajak yang tidak perlu kalian bayarkan karena kalian pake barang tersebut bukan di korea (*konon sih katanya begitu). Jadi, sebelum beli, lo hitung dulu jumlah belanjaan, harus lebih dari 30,000 won biar bisa dapet tax refund. Malah sekarang sudah ada tax refund yang bisa langsung didapat saat kalian membayar di kasir sambil menunjukkan paspor. Tenang, Mba kasir biasanya akan langsung minta passport kita waktu kita mau bayar (doi tau banget kalo macam gue ini adalah tampang turis). Jadi,  paspor jangan sampe ketinggalan ya…. Contoh potongan harga yang gue dapet waktu belanja di laneige, totalnya 76,000 won, tapi gue cuma bayar 71,000 won aja. Lumayan loh ga usah repot-repot ngurus di bandara lagi. Praktis!
Tapi, kalo produk yang kalian beli ga sampe batas minimal tax refund, kalian bisa beli di toko yang jualin beberapa produk. Jadi di toko ini, bukan cuma jual etude aja, tapi ada laniege, nature republic, dsb. Di jenis toko ini lo juga bisa nemuin produk yang belum ada toko officialnya, semacam mediheal yang gue temui di bavivat, somebymi di all maskstory, dan april skin di olive young. Jangan lupa tanya untuk ketersediaan tax refund-nya atau lihat bannernya.
  • Belanja Kaos Kaki.
Dengan desainnya yang ucul, konon kaos kaki adalah salah satu barang yang unik untk dibeli di Korea. (tapi jujurnya gue sih ga pernah punya, Cuma beli’in buat orang aja. Hehe..). Hampir sama dengan belanja kosmetik, baiknya kalian siapin dulu list kaos kaki yang mau kalian beli, karena biasnya di toko ada promo beli 10 gratis 1!
  • Belanja Baju.
Yang nyari baju, bisa banget dapet harga murah di myeongdong. Kalo di mall-mall semacam doota di dongdaemun, harganya bikin muka meringis. Percaya ga sih, baju tebel bisa dapet 50 ribu rupiah aja! Sayang, waktu itu duit gue udah keburu abis, jadi ga sempet beli. Pas besonya balik ke toko yang sama, barangnya udah ga ada. Mau nangis. Cuma memang beberapa toko baju ini harus turun ke basement dulu, dan lo harus liatin setiap rak, yang mana kelompok rak yang harganya murah meriah. ;)
  • Belanja snack
Korean snack juga biasanya jadi oleh-oleh yang harus kita beli. Penginapan gue deket banget sama Korean mart. Tapi pas gue jalan-jalan, ga jauh dari atm deket tempat penginapan ada toko yang namanya Myeongdong Mart. Hampir sama dengan toko baju, kalian harus turun ke basement buat masuk toko. Setelah gue bandingin harga dengan Korean mart, harga di sini sedikit lebih murah berapa ratus won gitu. Lumayan lagi lah, kalo beli 10 produk kan bisa beda 1,000 won. Trus juga di sini ada jual banana milk yang dipacking pake plastic. 5 botol 5,500 won aja. Hemat 500 won dari beli satuan. Tapi rasanya ga bisa pilih, cuma dapet 2 pisang, 2 light, sama 1 strawberry. Di Myeongdong mart ini juga ada Green tea spread seharga 7,800 won satu botolnya, yang ga gue temuin di Korean Mart. Gochujang juga ada, 3,750 won yang 200gr. Ada juga coffee maxim yang biasa nongol di drama-darama korea di kisaran 3,800 won satu box-nya. Beli kopi ini karena pas di bus dari tempat ski, gue dapet dari travel. Mungkin karena memang gue jarang dan sudah lama ga minum kopi instant, jadinya gue ngerasa kopi ini enak aja. Temen gue pun sempet rebutan waktu gue kasih ini. Hahaha…. Minuman lainnya buat oleh-oleh adalah the bubuk rempah-rempah seharga 4,700 won satu kotaknya. Sebenernya gue pengen beli omija yang kaya’ gue pernah mimun dulu. Tapi ga tau seri yang mana. Asal ambil aja, ternyata rempahnya kuat banget, kaya’ minum jamu. Wkwkkk.. Selain snack, di Myeongdong mart ini juga ada magnet kulkas dan kartu-kartu kpop juga ada buat oleh-oleh. So pasti, gue bukan cuma satu kali aja mampir ke Myeongdong mart ini. Hehe…
  • Belanja K-POP
Kayanya jenis belanjaan ini cukup banyak dibeli oleh turis Indonesia yak. Biasanya gue beli di toko yang ada di dalem myeongdong station. Sebelum naik ke exit 5-6, ada banyak deretan toko, beberapa toko jual perlengkapan K-pop, seperti album, poster, map, dan seabrek pernak-pernik lain bertuliskan nama atau grup K-pop hingga yang bergambar wajah idol K-POP. Selain di sini ada juga toko-toko lain di Myeongdong underground, dekat jalan besar yang ada banyak mall nya itu. Toko yang di Myeongdong juga ada 1 yang pernah gue mampiri, di deretan Line Store. Ada jual album yang ada tanda-tangannya lo, tapi siap-siap rogoh kocek yang dalam.
  • Belanja barang-barang dan pernak-pernik lain
Untuk beli barang-barang pernak-pernik gitu, gue lebih ngandalin Daiso. Tujuan utama gue adalah beli sendok korea. Titipan kaka ipar gue. Sebenernya gue mau beli yang ada tulisan ‘korea’nya yang kaya’ gue pernah beli di toko arirang Doota. Tapi sayang, setelah gue keliling-keliling Doota nyari tokonya, yang ternyata tempatnya udah pindah lantai dan posisi, harga sendok-sumpit di sana naik 2 kali lipat jadi 3,000 won. Gilak. Guepun bilang ke mba-nya, “mba, kok naik sih harga sendoknya, padahal bela-belain ke sini karena tau di sini murah.” Mungkin karena toko ini sudah terkenal, jadinya mereka naikin harganya. Padahal di namdaemun kemaren gue liat harganya 2,000 won. Mbanya bilang sih harga gantungan kunci dan magnet kulkas sekarang yang turun. Tapi guenya ga mau. Heheh… jadilah gue beli sendok sumpitnya di Daiso aja. 3,000 won dapet 2 pasang. Di daiso juga ada mangkok tembikar untuk masak sup telor itu. Tapi gue pikir-pikir, takut belah dan juga koper gue udah berat. Selain sendok stainless steel, gue juga beli sendok kayu, 2,000 won satu pasang sama sumpit. Eh tapi setelah gue lihat lagi ternyata itu adalah sendok bambu dan made in china.
  • Kehabisan uang?
Kalo kalian sedang kehabisan uang cash saat belanja, ada dua cara lain. Pertama, dengan kartu kredit. Untungnya beberapa toko bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit (biasanya yang ada logo visa atau master card). Tapi jangan tanya gue bunganya gimana, guepun ga tau karena gue ga punya kartu kredit. Kedua, orang kere kaya’ gue yang ga punya kartu kredit, bisa ambil ATM di korea. Hampir sama dengan cc, biasanya harus yang berlogo visa atau master card. Gue waktu itu pake debit BNI gold (karena kebijakan bank sekarang, mulai dari tipe gold baru bisa dipake ke luar negeri). Jangan takut juga ngadepin mesin ATM, karena sekarang ada yang bahasa Indonesia! Biasanya di dalam satu ruang atm, ada beberapa mesin. Jadi atm-nya tuh kaya’ di deretan ruko-ruko gitu, bukan di box-box kaya’ di Indonesia. Di myeongdong kemaren gue pake ATM Kookmin Bank. Ini saran gue, mending tuker uang won dari Indo ga usah banyak-banyak. Walaupun ada biaya adm 3,500 won sekali tarik, tapi rate-nya masih enak. Sebagai perbandingan, gue tuker won di La Tunrung Palembang dengan rate Rp 14,5 per-won-nya. Klo gue cek mutasi penarikan di korea kemaren, untuk penarikan  100,000 won, transaksi debet gue Cuma Rp  1.304.000,- (ga ada biaya apa-apa lagi). Coba deh dihitung sendiri, lebih murah kan?! 
  • Free WIFI
Bagi yang buka jastip atau kepisah sama temen waktu belanja heboh di Myeongdong, ga usah khawatir krn di beberapa intersection besar, ada wifi gratisnya. Gue juga waktu itu iseng ngidupin wifi buat info ke temen yang mau jastip, eh ternyata internetnya bisa nyambung. Asik banget kan. Jadi ga perlu cemas deh kalo ada apa-apa.  


Eh iya, buat yang punya banyak waktu di myeongdong, bisa mampir ke tourist information center-nya.  Pastinya di sini bisa lihat-lihat brosur-brosur sambil duduk-duduk. Ada juga petugasnya, jadi bisa sambil tanya ke mereka. Tapi gue ga lama sih di sini karena cuma buat ambil hadiah menang event aja.

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord