(impianku) Kuliah di Korea

Mungkin kalian yang baca postingan ini mempunyai impian yang sama seperti aku. Yah, seperti judulnya, tulisan ini membahas hanya sebatas impian saja, karena memang belum terwujud sampai sekarang. But, it's okay. Di postingan ini aku mau berbagi sedikit yang aku tahu mengenai peluang menempuh pendidikan di Korea bagi orang Indonesia. Tbh, gue buka peluang mimpi ini karena menurut gue, arah perkembangan dunia sudah mulai tidak berkiblat ke barat (amerika dan eropa). Korea sebagai salah satu negara berpengaruh di dunia karena inovasi-inovasi yang terus dihasilkan. Tentunya semua ini berawal dari berhasilnya Korea melepas diri dari jeratan krisis moneter tahun '98 yang juga mengguncang Indonesia. Balik lagi alasan ke-2 gue untuk pilih Korea sebagai impian calon kampus adalah karena untuk negara yang tidak menuturkan bahasa inggris, biasanya syarat nilai sertifikat inggrisnya ga butuh yang terlalu tinggi, plus, gue udah bisa sedikit-sedikit baca hangeul. So I think it's not that hard for me to improve my Korean language skill.
Next, salah satu kendala kuliah di luar negeri spt Korea, yang aku tahu biaya semesterannya cukup mahal. Sekitar 20 - 70 juta. Alamak. Gue selama ini kuliah di kampus negeri, terakhirnya paling mahal 8,5 juta per-semester, pake beasiswa pulak. Makanya, salah satu pintu untuk kuliah di Korea adalah dengan Beasiswa. Salah satu beasiwa yang aku tahu adalah Korean Government Scholarsip Program (KGSP). Beasiswa ini bisa di apply melalui jalur embassy (Kedutaan Korea di Indonesia)  atau langsung melalui universitas yang akan dituju. Untuk graduate study, setingkat magister dan doktor, Biasanya akan dibuka di awal tahun. Setiap negara juga dijatah sekian orang, klo ga salah Indonesia sekitar belasan orang. Beasiswa lain yang disediakan oleh pemerintah kita adalah LPDP, tapi terbatas di beberapa perguruan tinggi top korea tertentu saja. Konon katanya salah satu kunci LPDP adalah LoA, yang tentunya juga beriringan dengan research plan yang baik.
Buat kalian yang masih kuliah, kesempatan nyicip kuliah di Korea pun masih terbuka, seperti pertukaran mahasiswa, atau sekedar summer/winter school. Infonya bisa dilihat di web tiap universitas, atau nanya ke bagian kerjasama luar negeri di kampus kamu. Ini yang penting, tawaran-tawaran beasiswa ga akan dengan sendirinya dan sukarela datang menghampiri kalian dengan cuma-cuma, kalian juga harus usaha untuk cari tahu detail pendaftaran dan hal-hal yang harus dipersiapkan. (*sok banget nasehatin, sendirinya aja belum pengalaman dan males. hhahahak.)
Menurut data Kemenlu Indonesia, per 28 Februari 2019 terdapat 1.685 orang Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Korea. Sejak tahun 2009 hingga 2019, Indonesia telah memberikan 240 beasiswa Darmasiswa dan 19 beasiswa BSBI kepada para mahasiswa Republik Korea. So far, gue sendiri baru ketemu kenalan 2 orang Indonesia yang kuliah di Korea. dua-duanya bilang sih pake beasiswa, karena gila aja kalo pake duit sendiri.


In the end, yuk semangat buat temen-temen yang juga punya impian yang sama untuk kuliah ke Korea. Info tentang studi di korea bisa cek di web http://www.niied.go.kr/eng/main.do atau http://studyinkorea.go.kr/en/main.do. btw,  awal november ini ada event Study in Korea Fair di Jakarta. Info lengkapnya di sini https://www.instagram.com/p/B3CJ6ltnQyP/. Trus ada juga study fir khusus untuk wilayah gyeonggi di pertengahan november nanti. Info lengkapnya di sini. https://www.instagram.com/p/B4UrmpaHbHq/. yuk, mulai langkah pertama untuk mewujudkan impian kuliah di Korea dengan mengunjungi Study Fair ini. Ungkapkan semua tanda-tanya yang ada di benak kalian mengenai kuliah dan kampus-kampus di Korea. (*beruntungnya orang yang tinggal di ibukota. hikss..)
Oh ya, berhubung gue dari jurusan Arsitektur, dan maunya ambil doctoral degree, sebenernya gue ngincer kampus yang juga jadi inceran jutaan umat, Seoul National University. karena sebagai public university, biaya kuliahnya cenderung ga terlalu tinggi dibandingkan kampus top lainnya. Ada sih kampus yang biayanya hampir sama dgn SNU, tapi gue carinya yang paling ga secara world rangking di atas kampus top Indonesia atau almamater gue. Tapi sayang, gue masih belum dapet banyak info mengenai kampus yang buka pendidikan S3 bidang Arsitektur. Kalo temen-temen yang baca postingan ini ada info atau mau berbagi info, dengan senang hati aku akan membacanya di kolom komentar bawah ya. ;)

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord