Liburan Kulur-Kilir

Hari ketiga


yak... datanglah hari yang merupakan alasan kami pergi ke malaysia. Hari kondangan.

Bangun pagi, nyuci baju dulu. Trus siap2. nah, bedanya orang sini sama di tempat kita, mereka kalo ada acara nikahan gitu, pakeannya sederhana. klo kita kan, setidaknya menghormati yang ngundang, kita pake pakean yang bisa dibilang pakaian terbaik kita.
untuk pria nya, disini biasa pke kaos/kemeja + celana jeans doang. pke sendal pun tak apa.
sedangkan yang wanita, pke baju kurung biasa. yah, mirip lah dengan baju yang biasa nenek saya pake. dan motif baju kurung untuk perempuan ini, rata-rata sama. dan juga, mereka ga pke make-up yang tebel dan ribet. santai aja gitu kesannya...

nah, giliran kita, orang palembang yang ke acara kondangan, kita riweuh. apalagi sekarang baju kalong sdh menjadi salah satu baju yang biasa dipake klo kondangan. termasuk kamilah si pengguna baju lebar tersebut. untuk bawahannya, saya menggunakan kain.


Setelah sekitar 1 jam kami sibuk dandan, berkumpullah kami di ruang keluarga. dan kami cukup terkejut karena ternyata, sebelum pergi ke tempat acara nikahan, kita mau diajak ngelancong sebentar, ke Pantai Morib.
What?! ke pantal? pke baju ginian???
Jarak pantai dan rumah nenek tini sekitar 5km. Tak lama mobil berjalan, kami pun sampai. Sempet malu dan ga pede juga sih pake baju ginian. Tapi yah, cuek ajalah. kita kan tourist. mana pke foto-foto lagi, jadi kaya' model yg mau pemotretan aja. hihihi...


Setelah menahan rasa malu untuk jalan dan foto-foto dipantai, akhirnya kita memutuskan untuk segera cabut dari sini.
 

Kita lanjut ke rumah saudaranya yang mau nikahan. kita ngumpul di sana. rombongan, karena kita mau ngiringin pengantennya. Setelah 2 jam menunggu sambil mengantung dan mau tidur, akhirnya kita beserta rombongan dari pihak mempelai pengantin laki-laki, berangkat ke lokasi acara nikahan. Tempatnya ga jauh sih. Dan saya jelaskan sedikit, tempat berlangsungnya acara pernikahan tersebut adalah tempat sang mempelai wanita.
Setelah sempat menunggu, entah menunggu apa, akhirnnya dimulai lah mengiring pengantin pria ke rumahnya pengantin wanita. Pengantin di sini pakaian nya juga sederhana. Klo di palembang, penganten kan pke pakean adat palembang, yang warna merah, terus banyak gantungan-gantungan emas nya itu. Di sini, sederhana sekali. Sementara kami yang rombongan dari palembang ikut memeriahkan acara dengan pakaian kami yang heboh. Sempet agak ga pede juga sih. Kaya' salah kostum gitu. Tapi, yah apa boleh buat.

Ok, saya lanjut cerita tentang tata cara kondangan di sini, setelah penganting pria datang, pengantin wanita menjemput pengantin pria. Setelah mereka ketemu, kedua pengantin melempar permen. banyak anak-anak yang berebutan mungut tuh permen. Ibu-ibu dan para remaja pun juga ikut mungut permennya. Jadi, kami dapat banyak permen hari ini.. :D.
 
Setelah kedua pengantin lanjut menuju pelaminan, kami para tamu yang ikut mengiringi, langusng mengambil santapan. Ini nih bedanya lagi dengan di Palembang, biasanya kan kalo kita datang, yang pertama menyambut adalah meja tamu. isi buku tamu, terus masukin amplop ato ngasih kado. Kalo di sini, kita langsung ketemu meja makan, ambil piring, nasi, lauk, dan minum. Duduk manis lah di meja makan. Jadi, bukan kursi berjejer dan berbaris menghadap pelamian yang biasa kita jumpai di kampung kita, melainkan kursi yang menghadap ke meja lengkap dengan hidangan sampingan seperti roti, bolu, lemper, kerupuk, peyek, dodol, coklat, dan makanan kecil lainnya yang saya ga tau apa namanya. malah mama juga sempet ngasih sate buah-buahan yang dilumuri dengan cokelat. hhmmm yummy!... Enak ya, ga usah repot ngantri desek-desekan buat makan. Jadi nih, di sini acaranya adalah makan. ya, cuma makan doang. Pantesan tadi waktu nunggu pengantin nya mau diarak, saya bingung, kok tamunya udah ada yang pulang sih?. ternyata di sini acara jamuan makannya sepanjang masa alias sehairan.
Setelah kenyang makan, saatnya berpamitan dengan pengantin. Di sini kaya'nya si tamu ga salaman lagi sama penganten kaya' kita. Tapi, karena kita sudah terbiasa, sekaligus mau ngasih lihat ke penganten nya kalo keluarga mereka dari Indonesia datang ke acara pernikahan mereka. Sambil salaman, ngucapin selamat, pamit pulang, kita pun ngasih hadiah/kado yang udah kita siapin dari palembang buat pengantinnya. Dan mereka pun memberi bingkisan. Kalo kita di Indonesia, ada tuh ya cinderamata tanda tirmakasih, seperti gelas, tempat tisu, magnet lemari es, wadah lilin, gantungan kunci, ato setidaknya permen lah ya. Nah, kalo di sini bingkisannya mengingatkan saya saat masih kecil dulu. Kalo ke acara ulang tahun gitu, kita kan suka dapet bingkisan (sangkek kalo di palembang nyebutnya) yang berisi snack/makanan ringan kesukaan anak-anak. Di sini pun begitu. Plastik bingkisannya pun bergambar. gambr bunga sih, bukan anak-anak. Pantesan, waktu di Toko pernikahan di Nilai 3 kemaren, saya liat banyak jual plastik bergambar bunga yang bertuliskan terimakasih. Awalnya saya bingung buat apa, kaya' buat anak ulang tahun aja. Ternyata buat ini toh.. Isi bingkisan plastik yang kami dapat adalah air mineral, cokelat, dan dodol. Selain bingkisan, kami juga mengambil beberapa makanan kecil yang ada di meja makan tadi. hehe...

Selesai pamitan, kita pun pulang ke rumah. Ga tahan euy, di sini panas juga yak. apa mungkin krn deket pantai?
Di rumah pun, kita istirahat....

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord