Liburan Kulur-Kilir

Hari Keempat


Karena status liburan kita adalah ikut tante atma, jadi hari ini, Atuk mengajak kita mengunjungi rumah salah satu keluarganya tante atma yang ada di daerah ????? (saya tidak tau apa namanya. yang pasti daerahnya di sekitaran Shah Alam).

Perjalanan dari rumah Nenek Tini di daerah Banting ke Shah Alam memakan waktu sekitar 1,5 jam. Di mobil saya sempat tertidur. Hingga akhirnya terbangun saat masuk tol.
Tiba di rumah bibinya tante atma ini udah siang. Cuacanya panas. Di sana kami dijamu dengan makan siang. Kenyang makan siang dan istirahat sebentar, kita lanjut perjalanan ke kota Shah Alam.


Masuk ke dalam kota, disuguhi pemandangan bangunan bertingkat. Kami pun singgah dan mampir di salah satu masjid yang terkenal di Shah Alam. tapi sayang, saya lupa namanya. pokoknya masjid kubah biru shah alam deh... Di sana kita mau sholat ashar. Sebelum masuk ke dalam masjid, kita ambil wudhu dulu. tempat wudhu nya gede. keramik dinding nya bagus lagi. Abis ngambil wudhu kita lanjut naik ke atas, ke tempat sholat. Nah, perlu diketahui buat temen-temen pembaca sekalian, klo kalian ke masjid yang besar di malaysia sini, biasanya akan ada petugas di pintu masjid yang akan meminta bagi kalian yang tidak mengenakan kerudung untuk menutup/mengenakan kerudung terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam masjid. (panjang dan membingungkan kah kalimkatnya???). Di dalam masjid, sejuk. banyak kipas angin. masjid nya juga gede. Tapi sayang, masjid segede gitu, jamaah nya ga penuh.
Selesai sholat ashar, kita menyempatkan diri untuk foto-foto dulu. ga lupa dong klo yg ini. hihi...

Dari masjid, kita diajak atuk lanjut ke taman tasik. klo di palembang sih yah mungkin sama lah kaya' Kambang Iwak. Tapi di sini versi yang lebih gede nya. Di sini juga ada children playground nya.  Klo saya perhatiin ya, di Malaysia sini banyak burung gagak. Jalan-jalan dikit, trus kita istirahat, makan es campur. "ABC" nama es nya, yang merupakan singkatan dari "Air Batu Campur".

 
Karena udah sore, kita memutuskan untuk pulang. Tapi tidak langsung pulang ke Banting. kita mampir dulu ke rumahnya om amin dan tante izza. Sekitar 1/2 jam perjalan, kita sampe di komplek perumahannya om amin & tante izza. Ini ya, kalo saya perhatiin, komplek perumahan di malaysia ini, seperti yang pernah dijelaskan dosen mata kuliah perencanaan pemukiman dulu. katanya tipe2 perumahan di inggris/barat sono tuh, bagian belakang rumah itu bukan tembok yang langsung halaman tetangga, tapi setelah sedikit halaman belakang rumah kita, tembok/pagar, terus ada lorong/jalan kecil, baru tembok/pagar dan halaman rumah tetangga. Jadi maksudnya bagian belakang rumah bisa dijadiin side enterance. Ato kalo ada kondisi darurat, kita bisa lewat belakang. Tapi di Indonesia, kita juga mempertimbangkan masalah keamanan. kalo ada 2 akses masuk ke rumah, akan lebih memudahkan pencuri untuk masuk. hehe... sekian penjelasannya, lebih dan kurang begitulah..
Rumah om amin ini sedikit berbeda dengan rumah nenek tini ato rumah bibinya tante atma yang kita kunjungi tadi. krn memang lokasinya berbeda. di tempat nenek tini dan bibinya tante atma tadi adalah daerah pinggir kota (dusun lah kasarnya ya..). Klo rumah om amin dan tante izza ini di kota. bisa dibilang kota yang besar juga sih. Rumah nya landed. Kaya' perumahan pada umumnya yang kita jumpai di Indonesia.
Pas saya masuk ke dalam rumah, liat TV, ternyata acara Star King. ooh~ korea.. orenamnhae~ pas saya asik nonton, eh ternyata om amin ini suka juga nonton runningman. Ditanya nya, "di runningman suka siapa? gwangsoo?". eeh.... :|. hahaha... Gwangsoo emang popule
Habis makan dan sholat maghrib, datanglah saudara tante atma yang lainnya. Kita duduk sambil nonton tv. Ternyata hari ini adalah pengumuman Upah Minimum Pekerja, yang berbarengan dengan hari buruh. Ternyata mereka antusias berapa kenaikan yang akan diumumkan oleh perdana menteri. Dan saat diumumkan, mereka langsung bilang, "yaaa... besok semua harga bakalan naek.". Tuh kan, bagi saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air, setiap negara itu pasti akan mengalami kenaikan harga-harga barang di pasar. Jadi hadapilah dunia yang kejam ini.. (--,--)

Hari sudah semakin malam, kitapun memutuskan untuk pulang ke Banting.

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord