Gyoza

Sering kalo liat-liat menu makanan jepang, ada penganan ini.
mungkin bisa jadi takjil buat buka puasa.
Campur daging cincang (karena ga ada daging giling, jadi daging yang udah dibeli di pasar di cincang aja) dengan bawang putih, jahe, cuka, kecap asin (karena ga ada soy sauce), saus tiram, minyak wijen, sagu/maizena, garam, lada, gula. Aduk-aduk, trus masukin kol dan daun bawang yang sudah di cincang. Bahan isian selesai..
Untuk kulit gyoza nya, pake kulit pangsit aja, di potong bentuk lingkaran.
Letakkan bahan isian di tengah kulit pangsit, tutup dengan melipat 2 kulit pangit tersebut. Bentuk bagian ujungnya seperti video tutrial di sini. Untuk merekatkan kulitnya, bisa di bantu pake putih telur.
Setelah jadi semua, siapkan wajan datar yang diberi sedikit minyak (kira-kira sebanyak untuk menumis biasa). Ratakan minyak agar menyebar di setiap sisi wajan. Taruh gyoza dengan posisi berdiri (lipatan pitanya di bagian atas) di atas wajan. masak dengan api kecil saja. Setelah bagian bawah gyoza kecoklatan, masukkan air (jangan terlalu banyak). Karena aku pengen kulit pangsitnya lembut, pas masukin air, sekalian siram (terutama bagian ujung atas) gyoza/kulit pangsit. Tutup wajan. kalo airnya kurang, boleh ditambah. Kalo kira-kira udah lembut, udah mateng, airnya udah abis/kering, baru angkat.
Untuk saus temennya gyoza, berdasarkan video tutorial, campuran soysauce (kecap asin aja ah), cuka, dan minyak cabe. Tapi karena aku ga ada minya cabe, ya aku bikin asal-asal aja saosnya. haha..

Ittadakimasu~

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord