Liburan Padet

Part 4

Subuh-subuh mamaku bangunin buat sholat. Selesai sholat tidur lagi. Padahal mama bilang ”mau ke jogja ga? Buruan mandi ntar jam 7 mobilnya dateng ngejemput.”. Tapi karena masih ngantuk, aku lanjut tidur lagi. Lagian pas aku bangun, kamar mandi lagi di pake. Ya, lanjut tidur lagi sampe kamar mandi kosong. Selesai mandi, langsung siap-siap. Mobilnya sempet nyasar, jadi telat ½ jam. Sekitar jam ½ 8 berangkatlah ke jogja. Nek mobil Xenia + sopir sewa-an. Isi mobilnya antara lain, sang sopir, kakak sepupu ku, wak azza, mama, aku, kakakku, sama adek sepupuku. Mobilnya ngebut banget. Mana ac nya juga dingin.

Sekitar 2 ½ jam perjalanan, tibalah di Candi Borobudur. Sempet kelewatan juga tadi jalannya. Untungnya sang sopir nyadar klo kelewatan, jadi ga begitu jauh muternya. Sampe di borobudur, ke wc dulu. kemudian melanjutkan perjalanan ke candi borobudur dengan jalan kaki. Pas nyampe di depan candi, wak azza ga ikut naek. Jadi dia nunggu di bawah aja. Aku, kakakku, adek sepupuku, kakak sepupuku, dan mamaku melanjutkan perjalanan naek ke atas candi. Cuacanya puaaannnaaaassss banget. Kirain dingin, kan di deket bukit-bukit, ternyata panas. Di atas candi, foto-foto. View pemandangannya bagus banget. Ga dilewatin buat foto-foto pastinya. Oh ya, kan ada mitos nih, kalo kita masukin tangan ke dalem stupanya, keinginan kita bakal terwujud. Pas kakakku nanya sama sepupuku ”apanya Mil yang di pegang?”, sepupuku bilang ”alat vitalnya”. Pas kita intip patung yang ada di salah satu stupanya, ternyata yang dibilang alat vitalnya tadi udah ga ada. Ilang. Mungkin ada orang jahil yang ngambilnya. Bekas patahannya di semen. Sepupuku juga bilang ”emang udah banyak yang ilang dipalingin orang”. Bedeuw, kasian banget yak?.
Puas mendaki sampe puncak candi, kita turun. Sekalian menghemat waktu. Pas turun, makin terasa panasnya daerah borobudur. Baru tau deh knapa kebanyakan orang jawa berkulit gelap (maap, ga bermaksud ras). Ini mungkin karena pengaruh panasnya matahari yang nyengeeettt banget. Palembang juga panas. Tapi kok rasa panasnya beda ya?

 
Nyampe di kaki candi (lha? Maksudnya klo kaya’ mendaki gunung kan ada kaki gunung, ini mendaki candi, jadinya kaki candi. Hehehe...), kita mau kembali ke parkiran. Jalan menuju parkiran dipenuhi oleh orang-orang yang berjualan berbagai macam souvenir. Mulai dari baju, tas, hiasan dinding, gantungan kunci, alat tulis, patung-patung. Macem-macem deh pokoknya. Kakakku tertarik buat beli gantungan kunci dan patung stupa. Sambil nungguin kakakku milih-milih, aku istirahat. Trus aku juga beli pensil buat oleh-oleh sepupu-sepupuku yang kecil-kecil di palembang. Tapi sayang, pensilnya ketinggalan di dalem mobil. T_T.
Selesai beli oleh-oleh, kami nyampe di parkiran. Tapi kok wak azza ga ada ya? Kakak sepupuku (anaknya wak ku) nelpon-nelpon sambil nyarinyari mamanya. Sampe-sampe beli karcis lagi dan masuk ke dalem kawasan candi. Sampai akhirnya kami melihat sesorang yang berdiri di parkiran bus. Itu wak azza. Pas wak azza masuk ke mobil dia bilang ”aduh, lali aku. Di mana tadi parkirnya ?”.
Jam 12 siang lanjut perjalanan ke Jogja. Ternyata dari borobudur ke jogja ga begitu lama. Ga kaya’ dari semarang ke borobudur. Tadi di jalan deket borobudur, kita lewat candi mendut. Candinya kecil. Untuk menghemat waktu, kita memutuskan untuk tidak turun dan melanjutkan perjalanan ke Jogja. Panas siang menyengat kota jogja menyambut ketika kami turun mobil. Di jalan tadi sempet muter-muter karena nyasar. Ga tau di mana jalan menuju Keraton Jogja. jadi kami turun di sisi yang berlawanan dengan pintu masuk. Bingung tuh di mana pintu masuknya. Akhirnya ada tukang becak nawarin buat nganter ke keraton sambil keliling-keliling tempat di sekitar keraton. Tempat pemberhentian pertama adalah toko baju Dagadu. Kita ga beli (walaupun udah rame-rame masuk ke dalem toko) karena sepupuku bilang ”nanti aja belinya, di malioboro. Emang sih bukan yang asli, tapi murah”. Jadi kami hanya melihat-lihat saja. Maaf ya mas, mbak penjaga toko, kita ga beli. :P. Lagian juga menurut pendapatku, desainnya masih bagusan desain distro-distro di Bandung. Abis dari situ, kita lanjut ke toko makanan buat oleh-oleh. Di sana beli Bakpia Pathok. Kaya’nya ini bakpia terkenal ya?. Aku taunya dari liat-liat berbagai toko yang jual makanan buat oleh-oleh, mereka jualnya bakpia pathok. Karena aku suka bakpia, aku mbujuk mama buat beli bakpia. Sepuluh kotak di bungkus dan kemudian dibayar di kasir. Lanjut ke perjalanan berikutnya, ke tempat foto-foto raja-raja jogja (ini kata mamang tukang becaknya). Sampe lah kami di galeri lukisan batik. Setelah dijelasin mengenai raja-rajanya, eh kamil malah di tawarin buat beli lukisan. Karena tujuan kami ga beli lukisan, lagi-lagi kami cuma liat-liat doang. Tempat tujan terakhir adalah keraton Jogja. ga ada perasaaan yang wah gimana gitu pas masuk ke dalam keraton. mungkin karena alun-alun di depan keraton dipenuhi tenda-tenda pasar hiburan. Jadinya daerah sekitar keraton kurang rapi. Dan juga nih, jalan-jalannya keliatan sempit. Jadi keliatan ga kerawat. Nyampe di dalam keraton lumayan enak, teduh dari matahari. Puas muterin keraton dan foto-foto, kita menuju parkiran mobil. dan ternyata pintu keluar yang kami lewati letaknya ga jauh dari parkiran mobil kami. Kalo tau dari tadi kita lewat sini aja, ga diajak muter-muter sama tukang becak, ga bayar masuk keratonnya. Ya udahlah. Udah terlanjur.


Di dalem mobil wak azza bilang ke sopirnya ”kita ke malioboro ya pak...”. pergilah ke Malioboro. Seperti ke keraton tadi, kita muter-muter dulu karena ga tau jalan. Nanya-nanya sama orang-orang. Akhirnya sampe juga lah di Malioboro. Sempet bingung di mana tempat parkir mobil. akhirnya dapet juga di ujung jalan malioboro (lko ga salah di simpang antara jalan Malioboro dan jalan Jend. A. Yani bukannya? Lupa nama jalannya. Trus kita nyari makan. Kenyang makan, aku ikut mama dan wak ke pasar (lupa nama pasarnya), sementara kakakku dan seupuku-sepupuku ke pinggiran Malioboro. di pasar aku beli celana batik buat di rumah, tas laptop, sama tas punggung. Puas dengan belanjaan, kami pulang menuju parkiran mobil. ternyata di parkiran mobil, seupuku lagi asyik beli minuman. Selesai beli minuman, kami naik ke mobil.
 
Karena belum terlalu sore, wak azza memutuskan utnuk ke candi prambanan. Lagi-lagi kami dan sopir yang ga tau jalan, mesti rajin nanya-nanya sama orang-orang. Jam 5 kurang, sampe lah di Candi Prambanan. Untuk menghemat waktu, kami buru-buru jalan ke arah Candi. Klo menurut saya, komplek Candi Prambanan lebih bagus dari pada komlek Candi Borobudur. Landscapenya lebih di atur. Dan mungkin karena ga begitu banyak pohon di sekitar candi. Jadi dari jarak yang cukup jauh kit abisa melihat dengan jelas, tanpa terhalangi oleh pohon-pohon, Candi Prambanan yang megah. Terasa lebih besar dari candi borobudur. Memang candi prambanan terpisah-pisah. Ada beberapa candi yang besar. Dan candi-candi yang kecil hanya berupa reruntuhannya saja. Kata sepupuku candi nya hancur pas gempa. Pas di liat di candinya, eamnag udah ada semenan untuk merekatkan tiap batu di candi. Detail-detail candinya lebih njelimet dari pada borobudur. Mungkin beda agama, jadi beda juga ya bentuk dan detail-detailnya. Kami naik ke atas candi dan masuk ke dalemnya. Aku sih ga ikutan masuk, Cuma sampe pintunya aja. Serem. Gelap. Takut. Ngeri. Jadi Cuma foto sama patungnya dari luarnya aja. Patung yang kami kunjungi adalah patung wisnu. Puas foto-foto, kami memutuskan untuk pulang ke parkiran mobil. jauuuhhh berjalan kaki, kami ga tau kami keluar lewat mana. Tiba-tiba aja udah keliat jalan raya. Nah lho? Di mana tempat parkirnya? Untungnya kami rame-rame dan bisa mengingat di mana parkir mobilnya.

 
Jam 6 masuk ke dalem mobil. awan mulai gelap, dan hujan mulai turun. Perjalanan pulang ke semarang di temani dengan hujan yang kadang deras, kadang enggak. Kedinginan di dalem mobil, aku pake cardigan yang dibawa mama. Jam 9 malem, nyampe di ruamh. Selesai makan maelm, aku tidur. Kecape’an.

(waw, panjang ya ceritanya...)
^^v

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord