Ke Korea Terus

Deoksugung 

|  Sesuai dengan prakiraan cuaca kemarin, serta obrolan orang korea di subway, hari ini hujan seharian di Seoul, pun begitu di beberapa daerah lain di Korea. Kalo ngelihat awan dari jendela apartemen, ga kelihatan sih hujannya, cuma awan kelabu aja. Tapi pas ngelihat ke bawah, orang-orang pada pake payung, jalanan jg basah. tbh, buat orang tropis yang biasa hujannya gahar badai, yg begini mah kecil. cuma ya di Korea kayanya cuaca tuh jarang berubah ekstrim kaya' di Indonesia, jam sekarang panas terik, jam berikutnya hujan petir.  Klo di Korea, tepatnya hari ke-3 liburan kemaren, hujan rintik gerimisnya konsisten banget. walau hujannya kecil, tapi awet dari pagi sampe malem. jadi bikin mager. Tapi kan sayang yak udah bayar mahal buat liburan,  cuma gegoleran di atas kasur aja. jadi, walaupun udah agak siangan, kita tetep lanjut jalan menerobos hujan. dengan harapan hujannya nanti juga berenti (*ternyata enggak).

Kalo dari kamar, hujannya sih ga begitu kelihatan, pas keluar gedung apartemen, ternyata lumayan rapet walo rintiknya kecil. tp keburu males naik lagi ke atas ambil payung. basah dikit gini udah biasa, kan ga cemen (padahal akhirnya beli juga payung murah di underground karena hujannya awet, trus di jalan suka dilihatin orang, aneh mungkin mereka sama mahluk tropis ini yg dari kecil biasa mandi hujan. wkwkk..). Padahal destinasi pertama hari ini lokasinya ga jauh dari apartemen. Kalo hari cerah mau banget gue jalan kaki aja, 1 km pun ga masalah. tp krn hujan, ga mau ada yg kecapean, ga mau ada yg sampe sakit, kita naik bus dari halte langganan. ga lama, cuma duduk bentar di dalem bus, eh sudah sampe deh di Deoksugung.

Sebelum masuk, ngincer ke jalan di sebelah istana dulu. Ini tuh salah satu spot utama kalo kamu ke Korea pas musim gugur. Ke sini pas musim dingin, ternyata ga kalah cantik, vistanya beneran indah. sayang aja hari mendung, jadi warna yg ditangkep kamera kurang optimal. mana fotografer gue suka ga sesuai ekspetasi. haha..

Puas foto-foto di samping, kita lanjut jalan masuk ke dalam. admission fee-nya murah gilak, cum1,000 won, gue sampe heran sendiri, ga pernah-pernah ngeluarin uang kecil gini selain buat jajan di conbini. Pilih istana ini dari istana lain, krn memang istana ini tuh kaya' salah satu istana top 3 di Seoul. Changdeokgung sudah, Gyeongbokgung cukup dari luar sampe gwanghwamun aja. walau memang ga sebeken dua istana itu, Deoksugung juga punya cerita dan nilai sejarah sendiri. Kompleks istana berisikan beberapa gaya bangunan, adalah alasan utama aku untuk penasaran pengen lihat isinya.

 

 

Konon, saat penjajahan jepang, istana ini kena invasi, makanya ada bangunan bergaya barat/eropa gitu. makanya bikin aku penasaran dengan harapan mengangkat kembali memori aku tentang drama Princess hour, kdrama favorit jaman SMA yang suka jadi bahan obrolan pas jam istirahat bareng temen satu genk. Selain itu, ternyata di sini ada juga bangunan gaya Thailand gitu. emang hadiah dari raja Thailand klo ga salah. Saat itu juga ada beberapa instalasi modern di pelataran halaman istananya. bikin jalan-jalan keliling istana ini lebih terasa kaya' going through the time machine.

 

Enaknya, Deoksugung ini ga serame dua istana lain (apalagi gyeongbokgung). Foto-foto no bocor-bocor, tapi otentik bangunan kerajaan Koreanya tetap ada. Entah apa karena hujan, atau emang sudah musim korona, kita puas banget foto-foto di istana ini tanpa malu-malu atau keganggu orang lain. Foto nemplok di dinding, atau taman yang banyak pohon. dengan detail desain dan arsitektur yang khas, gue ngerasa beberapa foto yg gue ambil, kelihatan banget vibe jadulnya. asik, seru. 

  

  

Kira-kira 2,5 jam kita habiskan waktu buat keliling sambil hujan-hujanan. Istananya juga ga gede, jadi ga kecapean. Cuma sayang, waktu itu, ruangan di dalem istana yang bergaya Eropa, ga bisa masuk. pintunya ketutup. Entah mungkin karena corona (ga asiknya corona gini, tempat wisatanya jadi zonk). Padahal klo lihat di google street view, interiornya bagus lho. Mana gue udah sengaja pake ootd yg cucok, batal deh foto ala bangsawan. hehe.

  

 

Sebagai penutup, kesimpulannya, gue seneng ke Deoksugung ini. ga penasaran lagi. udah komplit pengalaman tiga istana terkenal di Seoul. :)

List lengkap seri cerita Ke Korea Terus, bisa dibaca di sini

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord