Ke Korea Terus


Spot Muslim Friendly di Myeongdong  


|  Siapa yang ga tau Myeongdong? Hampir setiap turis Indonesia yang ke Korea pasti belanja di Myeongdong. Tapi baru di liburan kemaren gue menemukan area yang ramah muslim di Myeongdong. Area ini berada di Togye-ro20-gil, 200m dari exit 2 Myeongdong station. Yang kalo kalian lihat ada patung karakter kartun larva. Ini beberapa tempat yang sempet gue kunjungi dan menurut gue sangat membantu muslim saat belanja di Myeongdong. 

Chinese Restaurant   ( Maehwa Yangkochi / 매화 양꼬치 )
Chinese restoran tuh udah kaya’ comfort resto di Korea karena biasanya menunya enak-enak dengan harga terjangkau. Tapi tau sendiri, it’s a big no-no buat muslim. Nah, yang mau nyobain chinese food, bisa ke sini karena mereka self-certfied halal. Sebenernya gue mau makan di kampungku resto, tapi gue ga tau yang mana, kirain yang ini, karena resto ini yang kelihatan duluan (dan ada tulisan halalnya) ternyata bukan (kampungku resto di sebelah sana lagi kampungku mart). Tapi di malam sebelumnya, gue lihat banyak juga turis melayu yang berjilbab makan di sini. Makanya kirain bener. Tapi agak aneh waktu aku perhati'in bagian dalem resto kok suasananya ga sesuai namanya… dan  semakin sadar kalo salah tempat waktu nanya “musholla di mana?” sama pelayannya yang chinese-melayu, dia jawab “kongsi kat kampungku”. Yaudah, terlanjur pesen menu.  Padahal siang  menjelang sore itu, cuma kita tamu mereka (tapi ga lama, ada tamu turis melayu yang jilbaban juga. Sedikit lega dari keraguan).
 
 
Karena kelaperan, kita pesen lumayan banyak menu. Tadinya mau pesen bbq, tapi ternyata harus pesen minimal 2. Alamak, kemahalan. Dan akak pelayanpun seperti bisa membaca wajah missqueen kami, doski menawarkan daging yang udah dimasak aja, sambil menambahkan info kalo porsi di menu mereka tuh besar, jadi cocok dan pas untuk sharing dimakan rame-rame (ini enaknya kalo traveling rame-rame, bisa icip banyak menu). Jadilah kita pilih daging tumis (macam yakiniku. krw 19,000), sayuran entah apa namanya (krw 13,000), dan jamur enoki. Gue juga nambah menu, jajangmyeon (krw 6,000). Reviewnya, daging tumisnya paling enak. Ramah di lidah Indonesia. Jamur enokinya enak. Sayurnya, campur-campur kuah merah, rasanya standar, mana di sayur ada enokinya juga, jadi kerasa kebanyakan makan jamur. Jajangmyeon-nya yang paling bikin gue bingung karena saosnya ga item, rasanya juga belum ketemu gue otentiknya gimana. Dan dalam satu porsi lauk itu banyaaakk banget, sampe kita susah ngabisin, dan akhirnya minta bungkus bawa pulang.
  
Btw, di seberang resto ini ada toko eskrim yang juga self-certfied halal. Sayang kemaren belum sempet nyoba karena kenyang dan berasa aneh aja makan eskrim pas musim dingin. Maybe next time, masukin ke wishlist dulu.

Kampungku Mart
Sumber : IG@KampungkuMart
Pernah lihat info di internet, katanya ada toko yang jual snack makanan halal di daerah Myeongdong. Milik muslim Malaysia. Dan memang toko ini tuh bagai surga snack korea dalam kemasan untuk muslim. Kebanyakan snacknya berlogo halal dari Korea Muslim Federation. Atau biasanya, bahannya aman dikonsumsi muslim. Tokonya juga lengkap, praktis buat belanja oleh-oleh. Selain snack, semacam honey butter almond (krw 5,900), rumput laut (krw 1,600 - 7,500), topoki (krw 2,300), banana milk (krw 1,300),  saus topoki (krw 6,500), gochujang (krw 8,000), chunjang (krw 8,500), kopi maxim (krw 5,000 isi 30), ada juga sendok (krw 2,000 - 3,500), tempelan kulkas, gantungan kunci, dll. Ada juga makanan dari Indonesia dan Malaysia kaya’ Indomie atau bumbu dapur lainnya. Pembayaran bisa cash dan kredit. Tapi sayang ga bisa tax-refund. Gue sampe 3 kali pun bolak-balik belanja di sini. Wkwkk..
   
Musholla Kampungku
Nah, ini yang paling menguntungkan dan bikin enaknya ngider di area ini kalo lagi di Myeongdong, ada musholla! Sungguh bagai oasis di Myeongdong~. Info tempat sholat ini sudah banyak banget di google. Tapi gue sempet bingung lokasi persisnya di mana. Trus nanya pelayan Kampungku mart, katanya di lantai atas resto. Oalaaahh… ternyata restoran kampungku letaknya setelah kampungku mart kalo dari exit subway. Kok ya ga kelihtan kemaren, pandangan malah terus fokus di kampungku mart-nya. Jadi, resto kampungku ini jual banyak menu, restonya juga 2 lantai. ada jual pizza, ayam goreng, sampe bakso. Di dekat pintu masuk, ada tulisan bahwa lo boleh sholat di musholla sini walaupun lo ga makan di resto ini. Sungguh ya Kampungku ini, bisnis dunia akhirat. Barakallah. Tangga naik ke lantai 2 ada dekat pintu masuk. Nyampe lantai 2, sempet bingung nyari ruang sholat. Ternyata, tangga naik ke lantai 3 tempat sholat, ditutup sama pintu, makanya ga kelihatan. Sebenernya di depan pintu ada tertempel tulisan tempat sholat sih. Cuma dasar gue kurang perhatian, malah nanya sama pelayan resto mushollanya di mana. Hhaha..
Musholla Kampungku.
Sumber : IG@KampungkuSeoul
Tempat sholat laki-laki dan perempuan terpisah. Yang cewe ruangannya gede. Ada mukenah dan sajadah juga. Tempat wudhu perempuan ada di dalem. Musim dingin, airnya kaya’ air dingin. Ruangannya juga ga sebegitu hangat. Ga bisa leyeh-leyeh deh. Hihi… btw, kampungku ini punya orang Malaysia. Aduh, kapan ya gue bisa mewakili orang Indonesia buat ginian. :D

 
Area di Myeongdong yang muslim friendly
Sumber foto : IG@optimusputs & Navermap
Nah, sekian review tempat rekomen untuk temen pelancong muslim saat sedang berada di area Myeongdong. Jangan sampai ibadah dan syariat agama terganggu selama kita liburan di Korea yaa..







Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord