Recalling memory: Kenalan aku dengan makanan Korea melalui K-Drama BOF

Hampir 10 tahun lalu, aku sedang suka-sukanya nonton K-Drama. Salah satunya yang menemani liburan semesterku adalah drama Boys Over Flower yang diperankan oleh Lee Min Ho dan Goo Hye Sun. Drama ini menjadi salah satu drama yang hits pada jamannya, yang kemudian juga membuat Drama Korea semakin dikenal terutama di Asia. Ga cuma itu, pecinta drama korea seperti akupun jadi lebih tertarik dengan segala hal mengenai Korea, salah satunya makanan Korea yang suka muncul di beberapa scene antara Gu Jun Pyo dan Geum Jan Di.
Sumber : Asianwiki
Berikut beberapa makanan korea yang aku kenal melalui drama 꽃보다 남자 (Kkotboda Namja) ini:
1. Kimchi. Scene saat Junpyo main ke rumah Jandi dan diajak bikin kimchi sama keluarganya Jandi. Vibe kekeluargaan benar-benar terasa di scene ini. Apalagi saat ibu Jandi nyuapin Junpyo kimchi yang sedang mereka buat. Jadi pengen ikutan nganga mulut di depan layar. Haha. Saking penasarannya sama rasa kimchi, gue sempet coba buat sendiri dengan bahan seadanya di rumah. Krn waktu itu, 10 tahun lalu, masih susah cari makanan korea di Kota tempat tinggalku yang masih belum mengalamai perkembangan pesat seperti sekarang.
Sumber : Daebakcafe
2. Eomuk. Bisa dibilang ini salah satu makanan kesukaan Junpyo. Iya, saat ia pertama kali nyicip jajanan pinggir jalan ini, bisa habis belasan/puluhan tusuk. Buset. Guepun jadi penasaran rasa fishcake ini tuh sebenernya gimana. Dan emang seenak itu loh waktu pertama aku makan di Korea. Ini jadi jajanan wajib kalo aku ke Korea, harus makan ini.
Sumber : Koreakoreans
3. Ramyeon. Awalnya sih mikir cuma mie instant biasa. Tapi kok Junpyo malah ketagihan dan minta dimasakin  di rumahnya. Eh tapi, pas udah dimasakin, Junpyo bilang kalo ini masih beda sama yang pernah dia makan sebelumnya. Oalah, ternyata dia minta mienya dimasak dan disajikan bersama panci warna emas khas Korea itu. Scene makan ramyeon langsung dari panci emas beserta tutupnya pun secara otomatis mengundang rasa penasaran para K-Drama lovers, salah satunya aku. And guess what, I've tried it, even until now. Kkkk...
Sumber : Daebakcafe

Well, sebenernya masih banyak makanan korea yang keluar di drama ini. Tapi cuma 3 itu aja yang aku highlit karena scene-nya memang benar-benar berkesan dan melekat diingetanku bahkan sampe sekarang.  Selain makanan korea yang muncul di drama BOF ini, ada juga drama lain dengan scene makannya yang ga terlupakan, seperti Bibimbap di drama Full House, Jajangmyeon di drama Coffee Prince, Tteokpoki, Miyeokguk, dan Bungeopang yang gue lupa dramanya, tapi scenenya masih terbayang diingatan. Pokoknya, bagi gue, drama korea telah berhasil mengantarkan gue mengenal makanan Korea. Selain itu, banyak juga hal-hal yang bisa dipelajari mengenai Korea dari sebuah dramanya.

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord