Ke Korea Terus


Halal Meals on Board QZ

| Sempet berapa kali gonta-ganti tanggal perjalanan, akhirnya diputuskan bahwa jadwal perjalanan ‘Ke Korea Terus’  gue adalah 8-15 feb. Dikasih KTOid tiket Asiana Airlines. Aiiiihhh jodoh banget kayanya gue sama pesawat Korea ini. Gue inget pernah lihatin ig Asiana yang suka ngadain event. Dari mantau ig Asiana, ternyata gue bisa dapet promo free 1 pc checked-baggage 9kg. Pas scroll ig Asiana makin ke bawah, gue lihat tentang special request on board, salah satunya strict diet menu yang ada pilihan ‘moslem’. Sebenernya udah dari dulu kepikiran sama menu halal pada long haul flight maskapai luar negeri. Tapi karena gue jarang naik pesawat apalagi ke luar negeri, ga paham sama caranya. Ternyata untuk pesan menu makanan halal di Asiana Airlines bisa dilakukan paling lambat 24 jam sebelum keberangkatan. Kalo di maskapai lain yang pernah gue lihat, menu halal bisa langsung dipesan saat booking. Tapi karena tiket gue di-booking-in orang, jadinya gue telpon ke kantor Asiana Airlines cabang Jakarta. Pemesanan meals on board halal dan pemanfatan promo bagasi tambahan gratis berjalan lancar, mudah, tanpa kendala apapun. Alhamdulillah. Mas costumer service di balik telpon membantu dengan cepat setelah kita memberikan informasi ticket number kita.

Saat setelah duduk manis di pesawat sebelum take off, flight attendants akan mengkonfirmasi ulang bahwa kita adalah one of their special guest with special meals. Ketika sudah tiba saatnya makan, flight attendants akan membagikan makanan special terlebih dahulu. Yeaiy~ gue jadinya orang yang makan duluan, padahal gue dapet duduk paling belakang. Hihihi.. Untuk menu muslim friendly, ada sticker bertuliskan ‘moml’ di makanannya.

Di penerbangan pergi (CGK-ICN), snack dibagikan lebih dulu. Malam itu gue dapet sandwich isi ayam. Mayan buat nahan laper sampe besok pagi. (tapi gue beneran berharap kalo ada  saos sambel, saos tomat, dan mayonnaise yang bisa gigit lidah gue yang Indonesia sekali ini). Sementara makanan berat dibagikan 2 jam sebelum mendarat dengan menu sarapan. Ternyata pagi itu gue dikasih Nasi uduk. Ada ayam gorengnya juga, bihun dan tempe sambel. Mayan rasanya, apalagi tempe sambel yang Indonesia banget. Makanan pendampingnya dapet buah potong, roti coklat, dan youghurt. Kalo makan duluan tapi duduk belakangan gini, minum belum kebagian padahal nasi gue udah abis duluan. Hehehe… untung gue ada siapin botol minum sendiri yang udah diisi tap water di waiting room sebelum berangkat tadi (*tips tambahan buat pelancong kere). Jadinya gue minta susu deh untuk minuman malam itu. Wkwkk…
 
Menu QZ762
Beda dengan pergi, saat penerbangan pulang (ICN-CGK), makanan berat dibagikan terlebih dahulu. Saking duluannya gue dapet makan, sampe dibangunin pramugari yang ngasih nampan berisi makanan, karena gue udah ketiduran kaya’ orang ga sadar (biasa, kalo penerbangan pulang gue capek banget dan maunya tidur aja). Dapetnya nasi daging sama sayur rebus. Ga tau gue nama makanannya apa. Rendang mungkin ya. Rasanya? Yang pasti gue makan abis ga bersisa. Tapi yang paling gue suka adalah udang di saladnya. Ohemji rasanya lembut kenyal fresh. Tapi sayuran di saladnya, mengingatkanku pada menu makan hotel di Mekkah. Ada kaya’ kacang rebus gitu sama olive oil mungkin ya dressingnya. Ada juga roti seret dan mentega sebagai menu pelengkap lain. Oke fix, ini kayanya menu mediteranian. Yang paling favorit gue adalah buah potongnya, seger, enak, manis. Habis makan, lanjut tidur lagi. Bosen tidur, akhirnya dikasih snack lagi 2 jam sebelum mendarat. Lagi-lagi gue dapet duluan. Sandwich tuna. Cukup tau lah ya rasanya (not bad). Tapi namja korea sebelah gue dapet pizza. Wow, kok jadi pengen. Duh.
 
Menu QZ 761
Sekian cerita gue tentang menu halal di Asiana Airline rute CGK-ICN-CGK. Gue bagi pengalaman ini untuk bantu temen-temen muslim lain yang ragu makan di airlines asing. Ke depan semoga kita bisa lebih dekat ke Allah dengan menjaga makanan yang masuk ke dalam badan. :)
Sumber gambar : Asiana Airlines Indonesia





A post shared by Debby Seftyarizki (@bydebbydeb) on



Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord