World cup 2002, momen kebangkitan Korea

Source : Fifa 2002
Masih ingat, saat itu aku masih berseragam putih-merah, ikut orang-orang di rumah  menonton pertandingan bola melalui TV. Bahkan di sekolahpun, suka ngobrol bareng temen yang cowo tentang hebohnya pertandingan yang berlangsung kemarin, hingga main tebak-tebakan siapa  yang akan menang di pertandingan berikutnya. Ya, memori pertandingan bola kelas dunia antar negara tersebut adalah salah satu hal yang masih lekat dalam ingatanku, walau telah bertahun-tahun berlalu. Dulu, cuma ikutan euforianya. Tapi kayanya sekarang gue tau kenapa Fifa World Cup 2002 ini menjadi sangat terkenal dan fenomenal.
 
antusiasme warga Korea mendukung Timnasnya
Source : Fifa2002 & Koreatimes 
Pertama, tahun 2002 ini adalah pertama kalinya piala dunia sepak bola itu diselenggarakan di Asia. Ini menunjukkan bahwa bidang olahraga khusus sepak bola di Asia mendapatkan perhatian khusus sekaligus pengakuan warga dunia. Kita tahu bahwa jenis olahraga ini biasanya berkiblat ke Eropa. Korea menunjukkan bahwa dunia melek dengan kemampuan Asia. Terlebih saat itu, 4 tahun setelah krisis yang memukul dunia. Korea yang juga  ikut terdampak justru berhasil lepas dari krisis moneter '98 hingga bisa membangun infrastruktur pendukung acara sambil melunasi hutangnya kepada IMF. Salut. Boleh dibilang kalo ini salah satu titik awal bangkitnya ekonomi Asia Timur sebagai pusat ekonomi dunia saat ini.
Kemudian, antusiasme mendukung Korea juga sangat besar saat itu. Pun kita sebagai orang asia juga ikutan heboh dukung Jepang dan Korea. Para warga Korea sendiri memberikan support yang sangat besar. Sorak sorai di jalanan menggunakan kaos berwarna merah menjadi tanda nasionalisme bagi orang Korea. Ga nyangka juga kalo timnas Korea berhasi meraih capaian yang tinggi di ajang bergengsi tersebut. Korea sebagai negeri gingseng menjadi semakin terkenal. Pun dengan para atlet pemain sepak bolanya. Name it, Park Ji Sung yang berhasil bergabung dengan klub kelas dunia, Manchaster United, membuat ia menjadi perhatian dunia. Lagi-lagi Korea berhasil mem-branding image dirinya sebagai negara yang siap bersaing di tingkat global melalui Fifa World Cup 2002 ini
Terakhir, Piala Dunia 2002 adalah satu-satunya pertandingan Fifa World Cup yang diselenggarakan oleh dua negara. Kita tahu bahwa Korea dan Jepang juga punya sejarah yang tidak selamanya baik, mulai dari masa penjajahan Jepang, hingga rebutan wilayah antar tetangga. Tapi, terpilihnya kedua negara ini secara bersama-sama menjadi tuan rumah Fifa World Cup 2002 menunjukkan terbukanya pintu hubungan yang lebih baik antar dua negara yang bersebelahan letaknya secara geografis ini.
Source : KBS 
Itu aja cerita peristiwa sejarah Korea yang mengandung hikmah kali ini. Keep spread love and positve. ^^v

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord