postingan kali ini berupa curhatan saya sebagai pejalan kaki.

Sebagai pengguna transportasi umum, maka secara tidak langsung saya adalah pejalan kaki yang aktif menyusuri pinggiran jalan yang ramai oleh kendaraan.
Sebenernya emang dari dulu, menjadi warga yang menggunakan transportasi umum adalah pilihan saya. Saya sempet mikir, semakin hari jumlah kendaraan yang lalu lalang di jalan semakin ramai. Tandanya semakin banyak orang yang beralih ke kendaraan pribadi. Dan pengguna kendaraan umum semakin sedikit. Kalo saya juga ikut-ikutan pake kendaraan pribadi? siapa yang bakal pake kendaraan umum? kan kasian mamang angkotnya. Lagian juga, makin lama, saya tahu bahwa salah satu poin penilaian negara atau kota yang baik adalah sistem transportasi publiknya. Nah kalo warganya banyak yang beralih ke kendaraan pribadi, pemerintah akan fokus untuk penyediaan infrastruktur kendaraan pribadi. Makanya saya tetap bertahan di kendaraan umum supaya pemerintah juga memberikan perhatian kepada sistem transportasi publiknya.
Tapi postingan kali ini bukan ke sistem tranportasi publik yang akan saya bahas. kita tinggalkan sejenak tentang sistem trasportasi publik.

Balik ke awal, pejalan kaki. Saat muda dan tinggal di kampung halaman dulu, sebagai pejalan kaki, jujur saya suka tidak patuh aturan. Salah satunya suka nyebrang sembarangan. Tapi setelah saya sempat tinggal beberapa bulan di jakarta dan akhirnya pindah ke bandung, saya terbiasa untuk mematuhi peraturan lalu lintas. Yang saya tahu di jakarta emang ketat aturan lalulintasnya, walaupun emang masih banyak kendaraan yang ngelonyor saat lampu merah. Tapi saya ga pedulilah sama orang lain mau melanggar atau patuh, yang penting sayanya patuh, seperti turun angkot ga di tempat yang ada lambang S coret nya (walaupun kadang terpaksa stopin angkot di tanda S coret karena sepanjangan jalan itu S coret semua, contohnya depan gedung sate.). Peraturan lainnya adalah saat menyeberang. nnaaahhhh ini yang mau saya bahas. Dulu (sampe sekarang) waktu di Jakarta, nyebrang jalan itu susahnya na'ujubileh. Mobil-motornya ngebut ga ketulungan. Jadi, supaya berasa aman, saya selalu berusaha untuk nyebrang di zebracross. Tapi anehnya, mobil-motor tetap ngotot memacu gasnya seolah ga mau ngasih gue jalan untuk nyebrang. Suka sebel ih.. suatu saat saya mempertanyakan hak pejalan kaki. karena nanyanya cuma dalam hati, cari jawabannya pun sendiri, di mbah google. Ternyata emang benar, zebracross adalah salah satu hak pejalan kaki. Karena semakin yakin bahwa zebracross adalah hak pejalan kaki, setiap kali nyebrang di zebracross, saya dengan pedenya menyebrang sambil sedikit mengangkat tangan ke mobil yang sedang melaju. Pada beberapa tempat (sekitaran monas), terdapat tombol lampu lalu lintas untuk pejalan kaki yang mau nyebrang di zebracross. Haaahhh.. ini bagaikan es teh manis di siang bolong bagi pejalan kaki yang  mau nyebrang di jalanan jakarta. Tapi ada beberapa tombol+lampu yang ga berfungsi (sekitar pasar baru bandung). tolong jadi perhatian bagi pihak yang berwajib ya.
Beberapa hari lalu (*ini mulai masuk ke cerita curhatannya), saat setelah turun angkot di depan kampus, saya bersiap untuk menyebrang di zebracross. Ga aneh sih ya bagi angkot yang stop persis di garis-garis zebracross. Jadi walau mau  nyebrang, saya fine fine aja tuh angkot menghalangi jalan saya buat nyebrang. Saya pun mengalah untuk jalan sedikit mundur dari zebracross ke belakang angkot yang sedang berhenti tersebut. jadi saya berdiri di antara garis lurus horisontal dan garis-garis zebracross yang ada angkotnya. Karena mau nyebrang, perhatian saya lebih ke arah kanan untuk melihat kendaraan yang lalu-lalang apakah memungkinkan untuk menyebrang. Entah saya terlalu fokus ngelihat ke kanan, saat saya bersiap mau nyebrang, tiba-tiba dari arah kiri saya ada yang nyenggol. Ternyata itu adalah angkot yang ngetem tepat di garis-garis zebracross tadi, dan sekarang sedang jalan mundur , makanya nyenggol saya. Karena kaget, spontan saya gedorin bagian belakang angkot pake sikut saya untuk ngasih tau sopirnya kalo ada orang di belakang mobilnya. Eh, saat saya nyebrang malah si mamang angkotnya bilang "minggir atuh..". LHO?! KENAPA SAYA HARUS MINGGIR??! HELLLOOOO INI ZEBRACROSS KELEEUUSSS. SAYA BERDIRI DI TEMPAT YANG TEPAT UNTUK ORANG NYEBRANG. SITU AJA YANG NGETEM DI TEMPAT YANG SALAH. Sebenernya, tadinya saya ga terlalu emosi sama nih angkot beserta mamangnya. Udah biasa lah pejalan kaki di senggol angkot begini. Males juga cari ribut sama orang ga berpendidikan ga tau apa-apa. Tapi karena si MAMANGNYA YANG SOK BENER, pake nyruh minggir segala, saya sebagai orang yang merasa ga salah tapi disalah-salahin, emosi dong meeenn.. Sambil nyebrang saya bilangin ke mamangnya, "Ini zebracross.! (*dengan muka sedikit emosi)". Semoga kata saya yang singkat itu bisa dicerna dan dimengerti sama si mamangnya, bahwa yang seharusnya minggir itu dia, bukan saya.

Jadi, tolong ya kepada pengendara kendaraan di jalan raya, sebelum garis-garis zebracross itu kan ada garis horisontal lurus. Seharusnya saat ada orang/pejalan kaki yang mau nyebrang, hendaknya kepada pengendara kendaraan dengan rendah hati mengentikan kendaraannya tepat sebelum garis putih horisontal. Tau kan apa arti garis putih lurus dalam peraturan lalu lintas? kalian seharusnya ga boleh melewati garis itu. Saya bahkan rela turun angkot sedikit jauh dari belokan jalan menuju rumah supaya bisa nyebrang di zebracross. Padahal kalo saya nyebrang tepat di seberang belokan jalan menuju rumah, ada satpam yang baik hati nyebrangin. Tapi karena saya tau itu salah, saya tidak akan memanfaatkan satpam dan tongkat lampu merah kelap-kelipnya itu untuk menyebrang jalan tidak pada tempatnya. Saya lebih memilih untuk taat aturan nyebrang di zebracross dengan adrenalin yang memacu. (*semakin ngaco bahasanya). Ada lagi untuk pihak berwajib, kadang saya merasa ragu untuk nyebrang di zebracross. bukan karena kendaraan yang was-wus lewat, tapi karena garis-garis putih di jalan sudah semakin luntur menghitam, hilang. Jadi saya suka bingung, kira-kira zebracross ini masih berlaku ga ya? dan satu lagi, papan yang ada gambar orang lagi nyebrang itu suka ketutupan pohon. Tolong dong kepada pemerintah dan pihak yang berwajib jadi perhatiannya ya..

oh ya, ada lagi hak pejalan kaki yang lain, yaitu trotoar. paling sebel kalo lagi jalan di trotoar diklaksonin motor. ggrrrrrh....

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord