Caramel Custard Pudding

Mungin beberapa dari kalian udah ga asing lagi denger puding bernama custard ini. Apalagi kalo kalian penggemar film kartun jepang, puding putih dengan saus karamel ini sungguh terlihat menggoda saat dimakan oleh sang tokoh utama dalam film kartun tersebut.
Ternyata, buat pudding ini ga ribet kok. Dan yang lebih menantang saya adalah, bikinnya tuh ga pake bubuk agar-agar, jelly, atau bahkan gelatin, tapi murni puding yang dibuat dari susu dan telur. Emang si, saya akui saya baru berhasil saat percobaan yang ketiga kalinya. Percobaan pertama gagal karena di rumah ga ada susu cair, alhasil saya pake susu  kental manis. Sayangnya susu kental manis yang sayaa pake terlalu kental dan nyaris beku karena kelamaan disimpen di kulkas, jadinya males nungguin cair, cuma pake sedikit. Ga jadi alias gagal total puddingnya! Percobaan kedua (beneran pake susu cair diamond) sebenernya sudah berhasil. Tapi kelamaan masaknya, teksturnya ga dapet.

 
Akhirnya saya kembali mencoba untuk yang ketiga kalinya.
Bikin saus karamelnya dulu dari gula pasir yang dikasih sedikit air. Saat gula sudah berwarna kecoklatan menjadi karamel, beri air lagi sedikit. Sebelum saus karamelnya di masukkin ke cetakan, terlebih dahulu cetakannya dikasih mentega. Ini supaya nanti mudah ngeluarin puddingnya. Ketika menuang saus karamel ke dalam cetakan, kalo karamelnya ga rata/menumpuk di satu sisi, gapapa, biarin aja.
Biarin saus karamelnya mengeras di cetakan, lanjut bikin puddingnya.
Larutkan sedikit gula ke susu cair yang dihangatkan. Kemudian, tuang susu tersebut perlahan ke telur yang sudah di kocok dengan whisk. Inget ya, pelan-pelan nuangin susunya supaya tekstur krimnya ga pecah. Perbandingan takaran susu dan telur harus pas supaya pudingnya jadi. Setelah semua susu tercampur dengan telur, tuang adonan pudding ini ke dalam cetakan diatas karamel tadi.
Kalo di video tutorial, puding ini di masak di dalam panci yang udah diisi air. Tapi karena saya bingung waktu nyobain metode ini, akhirnya saya putuskan untuk di kukus konvensional aja. oh ya, sebelum di kukus, boleh ditutupi dulu bagian atas puding/cetakan dengan aluminium foil. Walaupun beberapa pudding yang saya masak ada juga yang ga di tutup, tapi hasilnya it's okay. Setelah semua puding masuk ke kukusan yang udah lumayan panas, tinggal dimasak dengan api kecil aja supaya teksturnya sehalus tahu sutera. Masaknya ga lama kok. Tapi emang perlu di cek sesekali apakah pudingnya udah masak/mengeras atau belum. Jangan sampe kelamaan masaknya. Kalo kematengan, nanti puddingnya bakalan bolong-bolong karena lubang udara letupan panas (pudingnya mendidih/meletup).
Kalo udah jadi puddingnya di simpen dulu di lemari es. Sebelum di santap, salin dulu pudingnya ke wadah/piring kecil. Saat membalikkan puding ke piring, begitu cetakannya di angkat, saus karamelnya akan turun meleleh, beneran jadi saus buat puddingnya. Enak lho! cobain deh.

.

Komentar

Fenty Fazira mengatakan…
Ohh jangan terlalu lama yaa di kukusnya.. pantes kemarin bikin puding nya bolong2:')
Unknown mengatakan…
Ko rasanya masih telor bgt ya mba. Pdhl udah dikasih vanili essense. Apa ada yg salah saya bkin nya?
Unknown mengatakan…
masak kue memang harus sabar dan telaten. beneran kerjaan cewe yak. hihi..
Unknown mengatakan…
apa mungkin kurang gula kali ya mba..?
kalo saya ga salah inget sih memang creamy gitu rasanya...

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord