Katro Ngelancong

Part 4

Jam 05.30 waktu setempat, hp ku bunyi. ternyata sms dari papa yang isi nya "bi, kami sudah sahur. di sini sudah imsak". pas aku bangun, ngidupin lampu kamar, ngeliat jam, ternyata udah jam 1/2 6. mampus, bentar lagi subuh. buruan bangunin mama buat sahur. kami makan cepet-cepet, trus wak raham bangun, dia liat kami lagi makan, trus dia liat jam, eh dia bilang "nah, kamu ni, la jam berapo ini oi, la subuh..." cepet-cepet minum dan beresin makanan. Ke kamar mandi, sikat gigi dan ambil wudhu. tapi, beuh, nih kaki ku pegel banget. apa lagi tumitnya, sakit, susah dipake buat berdiri. ini pasti akbiat keladasan jalan kemaren. Selesai sholat, lanjut tidur karena masih ngantuk, dan capek.

Sekitar jam 9 kmai mulai bangun satu persatu, diawali oleh wak rahma yang kebangun karena berisiknya suara anak-anak yang nangis. Terus lanjut Bi arfah, mama, dan terakhir aku. Kita beres-beres belanjaan kemaren karena batas check out jam 12 siang. Rencananya hari ini kita mu balik ke jakarta. Awalnya kami berencana untuk menginap 3 malem di Singapore, tapi karena kamar appartment yang kami tempati sekarang udah dibooking oleh orang lain untuk malem berikutnya, jadi mama nyari tiket untuk pulang ke Jakarta bareng wak rahma yang emang udah punya tiket Garuda. setelah dapet tiket dan selesai beresin barang-barang bawaan kami, kami keluar kamar. Numpang naroh barang-barang kami di luar kamar, kami lanjut jalan-jalan. Rencananya pagi ini, kami mau ke Marina. Kemaren, waktu mau refund tiket MRT, kami bantuin turis dari cina, yang ga bisa beli tiket pake mesin, ternyata mereka mau ke Marina. Jadi, wak rahma terinspirasi untuk ke Marina juga. Dari stasiun orchard, bisa langsung ke Marina tanpa ganti MRT seharga S$2.20.

Sampe di Marina kami langsung jalan menuju Sky Park. sebenernya ga tau dan ga pernah ke sana. tapi yah ikutin jalan aja. kebetulan juga ada orang yang mau ke sana. jadi di jalan kita bareng dia. akhirnya tiba jugalah kami di Marina sand, dan berpisah dengan orang yang barengan tadi. Sebernya sih mau foto-foto dulu, tapi karena kaki ku sakit pake sepatu baru dan juga wak rahma yang jalannya cngebut banget, jadi kami memutuskan untuk tetap jalan tanpa foto (T____T padahal pemandangannya bagus). setelah bertanya-tanya gimana caranya klo mau ke skypark, akhirnya tiba jugalah kami di depan loket untuk membeli pass buat naik ke atas tower, lantai 57. Tapi setibanya di depan loket, wak rahma nanya sama petugas berapa harganya, ternyata harganya S$20. alamak, mahal... jadi diputuskanlah aku dan mama saja yang naek ke atas.

Setelah membeli tiket, aku dan mama menunggu di depan lift. karena ga begitu ngerti, kami cuma berdiri di depan lift, menunggu pintunya terbuka. satu persatu turis lain mulai berdatangan sampe rame, sampe-sampe petugasnya dateng. ternyata kami belom mencet tombol lifnya, makanya liftnya ga kebuka-buka terus dari tadi. ahahaha... katrooo... abis tombol liftnya udah keliatan lampunya walaupun ga dipencet. begitu dipencet petugasnya, lampunya baru nyala terang, dan ga berapa lama, pintu liftnya kebuka. masuklah kami dan beberapa turis lainnya ke dalam lift untuk naek ke lantai 57. liftnya kerasa kenceng banget naik ke atas. hanay butuh waktu beberapa detik, ga smape 1 menit, tibalah kami di lantai 57. Di atas sana kami bisa melihat pemandangan kota singapore. Patung Merlion pun hampir ga keliatan. puas-puasin deh foto-foto di atas sana. dari berbagai sudut kami foto-foto. Tapi kami ga mau berlama-lama di atas sana, soalnya kasihan wak rahma dan bi arfah yang nunggu di bawah. Turun dari lift, kami bertemu di depan area pemberhentian taksi. Naek taksi balik ke Appartment. di dalem taksi sopirnya hoby ngobrol dan cerita-cerita, soalnya dia bisa bahasa melayu dikit-dikit.

Beberapa menit kemudian, kami nyampe di Lucky Plaza. tapi ga langsung naek ke appartment, soalnya mau beli oleh-oleh. beli baju dan gantungan kunci yang harganya bervariasi. mulai dari 5 biji S$10, 4 biji S$10, 3 biji S$10, 1 biji S$10, dan yang termahal yang kami beli, 2 buah kaos S$25, satu untuk papa, dan satunya lagi untuk aku. karena duit udah abis, jadi mama narik ATM. ternyata kalo ATM kita ada Visa nya kita bisa ngambil di My Bank ATM (atau mungkin atm lain yang bisa pake visa). O ya informasi lain, kita ga perlu bawa banyak uang singapore dari indonesia, soalnya di Lucky Plaza sini banyak banget Money Changer, jadi ga perlu khawatir klo kehabisan duit Singapore (*tapi jangan sampe kehabisan semua duit ya. hihihi). Satu lagi, buat nelpn, mending beli kartu singapore aja. katanya sih lebih murah untuk nelpon dan sms. malah bisa dapet sms gratis kalo kita sms ke indonesia terus. klo cuma bentar, ga perlu beli kartu yang banyak kok, apalagi klo kita cuma buat sms doang.

Balik ke cerita, setelah ngambil duit, aku dan mama ke area foodcourt. dari semalem aku bilang sama mama mau beli makanan korea, Jajangmyun. tapi sayang jajangmyun nya not available (padahal pengen banget nyicip makanan korea satu ini. huaaa.... T____T). ya udah, daripada ga beli apa-apa jadi kita beli nasi+beef sama nasi+squid. untungnya pas aku liat tulisan yang ditempel di dindingnya ternyata mereka ga jual babi. jadi bisa makan dengan tenang. tapi karena puasa, jadi saya minta makanannya dibungkus buat dimakan pas buka di jakarta nanti.

Selesai beli makan, kami buru-buru balik ke appartemnt, masukin belanjaan ke dalem koper (yang baru dibeli karena barang bawaan kami banyak banget). terus buruan cabut ke luar appartement. sempet susah bawa' koper dan travel bag nya berat. terseok-seok aku ngebawanya. mana kaki ku sakit lagi. kopernya sampe jatoh-jaoth, miring sana-miring sini (hahaha... untung orangnya ga jatuh :P). udah dapet taksi, kita langsung sebutin Changi airport, dan sopirnya nanya "Garuda?", wak rahama jawab "ya".