Liburan padet

Part 6

Jam 5 subuh, kereta berhenti di stasiun di kota bandung. Keretanya nyaman. Dingin. Aku malah sempet mesen mi rebus karena kelaperan. Emang sih harganya lumayan mahal klo dipikir-pikir. Tapi karena perut udah laper, ga pake pikir-pikir lagi deh. Turun dari kereta, kami ke arah pintu utara. Udah keluar dari stasiun, pas nanya ke tukang bubur ”bang, angkot sadang serang lewat sini ga”, si abangnya jawab ”klo mau naek angkot keluarnya dari pintu selatan, bkn di sini”. Ampun dah, salah arah. Masuk lagi ke dalem stasiun. Berjalan ke arah yang berlawanan tadi, ke pintu selatan. Keluar dari stasiun, bener banget, udah keliatan beberapa angkot yang lagi nge-tem (benerga gini ya tulisannya?) tapi masih kosong, belom diisi penumpang. Pas nanya-nanya angkot sadang serang ada ga, akhirnya kita dapet juga. Setelah lumayan lama duduk di dalem angkot, kami bosen karena angkotnya ga jalan juga. Pas nanya ke sopirnya, katanya dia lagi nunggu penumpang yang naek kereta dari surabaya yang nyampenya sekitar jam 6. beuw lama banget, jadi kami memutuskan untuk turun dari angkot tersebut, walaupun sang sopir sempet nawarin naksi pke angkotnya dengan harga 40 rb, kami nolak. Turun dari angkot, kami berjalan ke arah jalan raya. Lumayan banyak angkot yang lalu lalang. Tapi ga ada juga angkot jurusan sadang serang. Akhirnya naek angkot yang aku ga tau ke arah mana nih angkot, tapi karena mamaku lumayan apal dengan kota bandung aku duduk tenang aja di dalem angkot. karena angkot yang di naekin bukan jurusan sadang serang, lagi-lagi sang sopir menawarkan untuk naksi. Tapi harganya lebih parah, 50 rb. Setelah sang sopir mau di tawar 40 rb, diantarnyalah kami ke rumah kakekku.

Sekitar jam ½ 6 kakek mempersilahkan kami masuk ke dalem. Cuaca di bandung dingin. Apalagi kata nenekku sekarang lagi musim hujan. Di rumah ngobrol-ngobrol sama kakek tentang kuliah, komputer dan laptop sambil minum teh. Cape’ ngobrol, kami naek ke atas, kamar yang udah biasa kami tempati kalo kami ke bandung, kamar tamu. Di dalem kamar kami tidur dulu, ngumpulin tenaga buat jalan nanti. Jam 9 bangun. Sarapan. Aku juga sempet ketemu sama sepupuku yang masih kecil, 6 tahun. Sekarang dia udah lumayan akrab sama aku. Dia paling suka dibujuk sama foto dan kamera. Dia asyik jeprat-jepret sana-sini pake kamera. Tapi karena malem ini kami udah mau pulang lagi ke Jakarta, untuk mempersingkat waktu, aku ga bisa lama-lama maen sama dia. Aku, mamaku, kakakku, dan adek sepupuku mau jalan-jalan nyari baju.

Tempat persinggahan pertama adalah BIP. Rencananya di situ mau nyari baterai hape mama. Yah namanya juga ibu-ibu, suka susah klo liat baju-baju di mall. Jadi mamaku mampir-mampir dulu ke toko baju. Kakakku sempet kesel, karena takut waktunya ntar kebuang percuma buat ngeliat baju-baju mamaku doang. Setelah membeli beberapa cardigan, kami ke luar mall. Ga ketemu sama baterai hape nya. Tadi pas di mall kita juga sempet bingung nyari eskalator turun. Bisa naik ga bisa turun, nah lho... eskalator naek sama turunnya beda tempat sih, ga deketan. Jadi mesti ngubek-ngubek mall dulu baru ketemu eskalatornya.

Keluar dari mall, lagi-lagi mamaku ke toko yang jual bahan dasar kain. Setiap kain diliat-liatin mamaku. Setelah melalui proses seleksi yang lumayan lama, sampe aku bosen dan ngantuk nungguinnya, terpilihlah beberapa kain yang kemudian masuk ke dalam kantong belanjaan.

Lanjut perjalanan berikutnya, yang bener-bener berjalan kaki, ke toko/mall yang khusus jualin hp. Tapi udah ngubek-ngubek tokonya dan nanya-nanya orang, ga ketemu juga sama baterai hapenya. Disarankan oleh salah seorang pegawai toko untuk ke toko pusat yang terletak di daerah dago. Setelah jalan cukup jauh, kami naek angkot ke arah dago. Pas sampe di toko tersebut, masih tetep ga ada juga baterai hape yang dicari mama. Penjaga tokonya bilang, klo pusat mereka di roxy. Jadi kelarlah kamidengan wajah kecewa dan kecape’an. Di pinggir jalan nungguin bus damri, lamaaaaa bener. Sampe capek, bosen, ngantuk. Kemudian lewatlah bis damri. Kami naik-naik aja. Tapi ternyata bes tersebut ga lewat tempat yang kami tuju. Tapi untungnya lah punya mama yang tau jalan di bandung, kita tetep duduk manis di dalem bus. Luamayan lama duduk di dalem bus, akhirnya kami turun juga. Turun dari bus, jalan dikit, sampe juga di KING. Karena laper, kami makan dulu. kenyang makan, kami berpisah. Aku sama mamku tetep ngubek-ngubek King, sementara kakakku dan adek sepupuku ke distro. Setelah beberapa jam muter-muterin King dan tangan udah berisi kantong belanjaan, kami kehabisan duit, dan mau ngambil duti di atm dulu. eh di atm malah ketemu dengan kakak dan adek sepupuku yang bernasib sama, kehabisan duit. Selesai mengisi dompet, kami ke distro. Lagi milh-milih baju, tiba-tiba ada kilatan cahaya putih (beuw!). tapi tenang, itu adalah blitz kamera yang lagi di pegang mamamu. Ih mama, malu-malu’in. Hehehe.... udah dapet kaos, kami pulang ke rumah. Di luar lagi hujan, emang bener apa kata nenekku klo di bandung lagi musim hujan.

Nyampe di rumah, kami masukin belanjaan tadi ke dalem tas. Oh ya, di bandung aku ketemu sama calon tanteku. Umurnya ga beda jauh sama aku. Tante sama omku bakalan nikah akhir februari nanti. Balik ke cerita jalan-jalannya, jam 5 dari rumah, naek taksi yang udah dicariin sama om andi tadi. Sampe di lewing panjang (ini bukan ya nama terminalnya?) kami langsung naek bus jurusan lebak bulus. Setelah beli oleh-oleh makanan di terminal, jam 6 bis nya mulai berangkat ke jakarta.