Ke Korea Terus

Eunpyeong Hanok Village
|  Jejak hujan kemarin masih membekas di hari ini. Langit kelabu. Matahari nambah ga kelihatan. Bikin mager. Mana kemaren malem abis ngider myeongdong, masih bersisa capeknya. Gue putuskan untuk nyantai aja jalan-jalan hari ke-4 di Korea.
Hari ini jadwalnya ke Eunpeyeong Hanok Village. Pertama kali tau tempat ini dari postingan di IG. Katanya perumahan tradisional korea di kaki bukit. Gue sampe DM yang punya akun nanyain lokasi persisnya. Bener-bener ngebet pengen ke sini karena fotonya baguuuuss… nuansanya beda dengan yang di Bukchon. Ditambah lokasinya masih di Seoul, ga perlu jalan jauh makan banyak waktu. Daannn… tempat ini memang belum banyak orang tau, cucok buat foto-foto, dijamin ga bocor. Wkwk..

Seperti hari-hari sebelumnya, kita naik bus ke arah utara kota Seoul selama kurang lebih 45 menitLong journey though. Member perjalanan ada yang sampe tidur. Gue sih, biasa, update ig demi eksistensi dunia maya. Haha.. sambil ngecek Naver Map, jangan sampe kelewatan. Begitu pengumuman bus sudah nyebut-nyebut ‘eunpyeong’, siap-siaplah gue memberi aba-aba ke member perjalanan. Tenang gaes, sepertinya Eunpyeong sudah masuk list objek wisata, jadi pengumuman di dalem bus sudah ada yg pake bahasa inggris. Ternyata, bukan rombongan kita aja yg turun di bus stop Eunpyeong Hanok Village. Ada jg beberapa penumpang. Dan Bus Stop ini persis di pinggir komplek Hanok Village dengan pagar khasnya. Ga jauh dar bus stop, ada jalan kecil (bukan jalan utama. Kayanya emang khusus dibuat untuk orang lewat) buat masuk komplek.

Begitu nyampe di dalem komplek, uuwwaaahhhh…. Rumah-rumah hanok semua. Gede lagi. Gue sebagai penikmat arsitektur happy banget lihat beragam jenis dan bentuk rumah hanoknya. Lo bebas tunjuk sesuka hati mau foto di depan rumah mana, anggep aja rumah sendiri, wkwk.. tapi tetap jaga kedamaian dan ketenangan yak, karena ini komplek rumah orang beneran. Cctv jg dimana-mana.
Sambil foto sana-sini, sambil jalan ke arah selatan. Yap, gue denger di sana ada museumnya. Harga tiketnya murah. Trus ada sewa hanboknya juga, gratis. Setelah nyampe di halaman museum, kok sepi ya. Apa mungkin tutup. Tapi emang ga terlihat tanda kehidupan di dalamnya. Pintu ga bisa dibuka. Jadi terpaksa gue simpulkan museumnya tutup karena Corona. How sad T_T..
Tapi bokap gue kebelet pipis. Muter sana-sini, ga ada toilet umum gaeess.. ohemji… derita orang yg sudah tua jalan-jalan dimusim dingin. Jadilah gue masuk ke salah satu café. Nanya hwajangsil ke sajangnimnya. Orangnya baek, langsung kasih tunjuk toiletnya yang ada di lantai dasar. Yah, karena ga enakan, gue pesen satu latte aja, takeaway, sambil nunggu bokap. Cafenya rame. Ada lantai atasnya. Tp karena gue cuma pesen utk takeaway, gue malu kalo harus ngider-ngider café ini. Hehe.. padahal info yg gue dapet, ada salah satu café yg punya view cantik ke komplek hanok (tp kayanya bukan café ini sih yak).

Selesai urusan toilet dan beli kopi yang lumayan bisa dipake untuk property foto, gue putuskan untuk tetep lanjut ke bangunan museum yang tutup tadi. Info lain yg gue dapet, kita bisa ke bagian atas museum untuk lihat pemandangan, tanpa bayar apa-apa. Ga mungkin dong yang gratisan gue lewatkan.  Puluhan anak tangga didaki, sampailah di rooftop museum. Honestly, pemandangan dari sini tuh bagus sebenernya, tapi sayang cuaca kurang mendukung. Garis bukit bukhaksan hanya terlihat tipis mengintip dibalik awan mendung kelabu. Imagine if it’s clear sky in autumn, the view must be so marvelous. Meskipun demikian, kita tetep amazed kok ngelihat pemandangan komplek Eunpyeong Hanok Village dari atas ketinggian, dan antusias foto sana-sini. Bagus-bagus spot fotonya. Dijamin, foto lo bakal kelihatan beda dari orang kebanyakan, anti-mainstream, karena tempat ini masih belum banyak diketahui turis.

Tak terasa sudah satu jam aja berlalu, kita putuskan untuk turun dan jalan di komplek ngelihat rumahnya lagi (ceileh berasa anak komplek rumah sendiri aja. Haha..). tapi kali ini, kami emang beneran niat buat pemotretan. Asheek.. ga ding, amatiran aja untuk koleksi di ig. Kami memutuskan dan memilih rumah yang ga jauh dari museum tadi sebagai latar foto. Puluhan jepretan dihasilikan. Untung ga diusir yang punya rumah. Hehe.. kalo gue lihat, komplek ini masih belum 100% selesai. Mungkin karena kita foto di rumah yang berada di pinggir jalan utama, banyak juga (lumayan satu-dua) mobil yg seliweran, salah satunya mobil box, yang kayanya bawa barang. Tapi ga sampe diklakson pake diteriakin kok, yg penting jangan terlalu heboh foto-fotonya. Gue suka deh hasil foto-foto di sini, apalagi yang candid mode  gitu. Hihhii…

Satu jam pun sudah kami habiskan untuk pemotretan, dan jam sudah hampir menunjukkan pukul satu siang. Saatnya balik ke pusat kota buat makan dan sholet. Jadi sekian aja cerita pengalaman gue di Eunpyeong Hanok Village. Worth to visit. Ga nyesel gue memutuskan untuk ke tempat ini. Puas sama foto-foto yang bejibun, tanpa bocor rebutan sama turis lain. But somehow, kalo lo tipe orang yang memang mau apreasiasi nilai warisan budaya, gue sih ngerasa feel kampong korea jaman dulu tetep lebih dapet di bukchon. Jadi, ini lebih tepat kalo kalian cuma mau foto-foto aja, yang foto endorsan atau mau pemotretan serius, recommend banget tempat ini.