Hattrick Korea

Day-2
Mungkin karena kecapekan kemaren, jadinya pagi hari ini kita agak leyeh-leyeh dulu. Lagian juga breakfastnya baru mulai jam 8 (menurut gue, ini nih kekurangannya Shinchon Hostel, sarapannya kesiangan). Selesai sarapan roti panggang dengan selai stroberi, kita memulai perjalanan ke luar kota Seoul.

Gapyeong
Tujuan hari ini adalah destinasi wisata yang mainstream banget, Gapyeong. Untungnya 2 tahun lalu gue udah pengalaman ke Gapyeong, jadi ga begitu susah nentuin transportasi, tinggal agak bingung aja buat cari petunjuk arah di dalem stasiun. Setibanya di Stasiun Sangbong (baca di sini untuk cari tahu cara ke stasiun Sangbong), kita nunggu keretanya lamaaaaaa banget. Dan berdasarkan pengalaman 2 tahun lalu juga, gue bisikin ke bokap-nyokap gue, “nanti pas pintu keretanya dibuka, buruan ya masuk cari tempat duduk, ga usah pikirin yang lain duduk di mana, karena jalannya jauh dan kita bakalan lama di dalem kereta”. Bener aja, begitu kereta nyampe platform, berhenti, dan pintu terbuka, ahjumma-ahjumma pada buruan naek dan rebutan kursi. Etdah, ada juga ya ginian di korea. Hehe… untungnya kita bertiga kebagian kursi. Dan di depan gue berdiri 2 orang yang masih muda berparas melayu. Awalnya gue malu nyapa. Denger mereka bicara pake Bahasa Indonesia, ga lama kemudian gue nyapa. Jadilah kita ngobrol-ngobrol. Ternyata mereka dari Lampung, dan ini hari terakhir mereka di Korea. Mereka nginep di Kimchi guesthouse Jongno yang katanya murah dan deket banget sama stasiun subway. Mungkin nextime kalo gue backpackeran yang sesungguhnya sama temen, bisa dicobain nih guesthouse. Dari obrolan itu juga, mereka bilang mau ke Nami dan Garden of morning calm, tapi masih bingung sama transportasinya di sana nanti. Gue ceritain lah 2 tahun lalu gimana gue ke Nami saat itu (baca ceritanya di sini).

Gapyeong City Tour Bus
Setibanya di Stasiun Gapyeong gue menuju booth di luar stasiun, semacam tourist information center gitu, dan banyak orang yang duduk-duduk di halte ga jauh dari booth itu. Awalnya gue juga rencanain buat naek Gapyeong city tour bus, dimana lo bisa sepuasan naik itu bus dalam sehari, setelah bayar cuma sekali aja, seharga 6.000 won per-orang. Gue emang sengaja mau pake City tour bus ini karena mau mengungjungi 3 atraksi utama di Gapyeong, yaitu Petit France dan Garden of Morning Calm, selain Nami Island yang fenomenal. Mayan kan hemat ongkos, karena kedua wisata yang belakangan nge-hits itu lokasinya cukup jauh dari stasiun kereta, dan bakalan MAHAL kalo harus naik taksi.
di dalam Gapyeong City Tour Bus
Jadi, ga berapa lama gue ngelihat-lihat brosur yang ada di sana, datanglah sebuah bus. Orang-orang pun pada heboh, ‘jangan-jangan ini gapyeong city tour bus itu?’ pikir gue. Setelah gue mendekat dan memperhatikan kondektur, ternyata BENAR! Mereka bialng “Nami Island…”. Langsung deh gue ikut segerombolan orang buat masuk ke bus. Nah iniii… di sini kesalahan gue. karena kecerobohan dan kekurang pahaman gue, tanpa gue sadari ternyata gue nyerobot antrian. Biasa di Indonesia orangnya pada nyerobot, akhirnya gue masih terbawa mental seperti ini. Gue ga tau kalo orang-orang tuh pada antri di belakang. Orang yang di belakang juga gapake marah atau pasang wajah bete lagi. Maafin yak, ini kelakuan gue yang ga pantas ditiru. Jadi pembelajaran gue ke depannya. Di korea sini, buat naik bus gratisan aja musti antri panjaaaaannnnggggg banget, karena Gapyeong City Tour Bus ini kedatangannya cuma setiap 30 menit sekali (atau kalian bisa cek jadwalnya di brosur). Inget ya HARUS ANTRI! Biar ga malu-maluin turis Indonesia kaya’ gue.
Setelah naik bus dan bilang ke sopirnya tiket untuk 3 orang, kita langsung bayar ke sopirnya tadi, dan dapet tiket yang bisa kita pake seharian. Karena nyerobot antrian tadi, jadinya kita dapet kursi sih, bisa duduk sih, tapi klo gue inget itu nyerbot antrian, ya ga enakan juga jadinya. Setelah bus nya penuh, hampir kaya’ metromini, mulailah perjalanan yang ga lama itu. Tapi entah kenapa gue ngerasa jalur bus ini agak beda sama jalur taksi yang gue naikin 2 tahun lalu. Jalur bus ini terasa lebih lama dari jalur taksi. Mungkin karena mereka harus melalui beberapa titik pemberhentian kali ya. Sekitar 15 menit, tibalah di halte Nami Island yang letaknya sekitar 100m dari pintu masuk area parkir nami island. Oh ya, kalian harus hapalin ya di mana halte nya, biar nanti ga susah nyari buat ke destinasi berikutnya. Dan juga hapalin arah atau di halte sebelah mana kalian turun, biar ga bingung arah dan salah antri.

Nami Island
Selfie di atas fery menuju Nami Island
Setelah jalan sekitar 250m dari halte, melewati area buat bungee jumping dan zip wire (flyingfox), kita tiba di depan loket di area dermaga. Siang itu, loketnya hampir ga ada antrian. Sambil nyiapin uang dan paspor (ternyata belinya ga pake paspor), ada namja tampan *eeehhh datang menghampiri. Dengan bahasa Inggrisnya yang mengingatkan gue akan Max, dia bilang kalo dia adalah tourguide, dan dia kelebihan beli tiket. Dia nawarin 2 tiket seharga 14.000 won aja, katanya kalo beli di loket harga satunya 8.000 won, jadi dia kasih diskon murah gitu. Karena melihat ketampanan wajahnya, eh salah, melihat dia yang berharap dan memohon supaya gue beli, akhirnya hati gue luluh karena kasihan. Gue kasih uang 15.000 won, dia bilang ga ada kembalian. Jadilah gue liat-liat dompet gue, nyari-nyari uang kecil, ternyata cuma ada 13000 won. Mungkin dia juga kasihan sama gue, turis kere ini, akhirnya dia bilang ‘yaudah, gapapa deh’, jadilah kita dapet tiket Nami Island MURAH! dan cuma nambah beli 1 tiket lagi aja di loket. Dan kemudian antri di dermaga buat naik ke kapal.
Pemandangan dari fery menuju Nami Island
Sama seperti antrian loket tadi, antrian naik kapal ini juga ga begitu rame, jadi punya kesempatan besar buat berdiri di sisi kapal agar leluasa melihat pemandangan. Mungkin karena ini untuk kedua kalinya gue ke sini, jadinya gue ga begitu impress banget sama suasananya. Lagian juga gue ngerasa 2 tahun lalu pemandangan yang gue lihat lebih indah karena pohon sudah mulai warna-warni musim gugur. Oh ya, ada satu pemandangan yang gue ngerasa harus gue perhatiin, bangunan yang 2 tahun lalu masih di bangun, dan dulu temen gue bilang ‘buat apa fotoin bangunan belum jadi?’, ‘ya siapa tau nanti ini bakal jadi bangunan hits’, nah, bangunannya sekarang udah hampir jadi. Lama juga ya 2 tahun masa konstruksinya.
area barat pulau yang masih terlihat alami dan tidak banyak orang
Setibanya di Nami Island, gue ga berharap banyak sih. Pohonnya juga ijo semua. Ke sini niatnya cuma buat ngaterin nyokap gue aja, biar kalo ada orang nanya, ‘ke nami island ga?’ bisa jawab deh. Kali ini gue memilih untuk menyusuri pulau di area barat ke arah selatan dengan tujuan untuk menyusuri tepi pulau. Suasananya, ya kaya’ hutan wisata gitu sih. Jalur ini ga rame turis, jadi agak sepi, dan banyakan haraboji dan ahjuma di sini. Kita juga sempet makan bekal, roti dari hostel tadi pagi (ini untungnya nginep di hostel/guesthouse yang agak sepi dan ga rame, ga malu bungkus sarapan buat bekal. Wkwkk.). Selesai leyeh-leyeh kita lanjut jalan, dan kali ini gue putusin buat masuk ke tengah pulau, dan kemudian tibalah kita di taman pohon Maple yang masih berwarna kemerahan dan terlihat cantik. Dari taman Maple ini, gue putusin ga masuk ke dalam lagi, karena gue pikir pohon ginko pasti udah ijo, dan sakura juga udah rontok. Jadinya jalan balik menuju dermaga melewati jalan utama di tengah pulau yang ada lampu-lampu putih gantungnya itu. Eh pas jalan, teryata ada semacam patung nunsaram (snowman) mengenakan baju khas berbagai negara, dan salah satunya Indonesia dengan ucapan ‘selamat datang’ dan ‘terima kasih’.
area taman pohon maple yang berwarna merah
kuburan jendral (atau petinggi korea jaman dulu) yang merupakan asal-muasal nami island - Jembatan artistik dengan botol soju
Ga banyak sih ya yang bisa gue ceritain di Nami Island ini, karena ini udah untuk yang kedua kalinya kesini dan juga emang sengaja ga lama-lama, masih ada tempat wisata lainnya yang mau dikunjungi. (kalian bisa baca cerita gue saat pertama kali mengunjungi nami island di postingan 2tahun lalu).

Kko kko Chuncheon Dalkgalbi
Karena udah siang, habis dari Nami tadi, kita mulai kelaperan. Kebetulan tadi pas turun dari bus, ngelihat restoran yang ada stiker Halal week dan salah satu rekomendasi HHWT. Begitu masuk, pelayannya menyambut dengan hangat. Awalnya ia nawarin menu, tapi gue ga begitu ngerti apa yang dia bilang, mungkin “kita cuma punya satu menu, apa ga papa?”. Karena ga paham gue iya-iya oke-oke aja. Tapi, sesuai nama restorannya, akhirnya kita dihidangkan satu kuali gede berisikan kol, potongan ayam dan saus merah. Agak kagok dan bingung juga sih ini harus diapain. Hehe… tapi ga lama, pelayannya balik lagi ke meja kita, trus dia ngaduk-ngadukin isi kuali gede itu. Lumayan lama sih nunggu sayuran dan ayamnya masak. Sambil nunggu kita nyemilin banchan-nya dulu. Ada kimchi, asinan timun (ramah untuk lidah indonesia), salad (pelayannya bilang salad ini special. Ga tau juga sih gue ga ngerti maksudnya. Tapi emang saladnya enak!), selada, bawang bombay, saos sambel, dll, yang mana kalian boleh nambah semua banchan ini sesukanya dengan ambil sendiri di dalam box yang sudah disediakan (kaya’ sistem ambil lalapan sendiri kalo di rumah makan Ampera). Ga berapa lama, pelayannya balik lagi ke meja, ngaduk-ngaduk lagi, hingga akhirnya dia bilang klo kita udah boleh makan. Yooohhhoooo~! Tapi karena kita orang Indonesia yang ga biasa makan tanpa nasi, dan bingung ini ayam satu kuali gede kan sayang kalo ga dimakan sama nasi, akhirnya kita bilang minta nasi. Mungkin.. mungkin nih yaa… kaya’nya mereka nawarin nasi untuk terakhir dibuat semacam nasi goreng bersama sisa ayam di kuali gede ini, tapi karena ga ngerti, kita tetep ngotot minta tambah 2 mangkok nasi lagi. Ternyata sodara-sodara, makan ayam satu kuali ini aja udah puollll banget rasanya perut. Karena, selain kol, daun bawang, dan ayam, ternyata di dalemnya ada juga kentang dan rice cake (ddeok yang agak gosong dimasak sama saos ini enak banget loh. Bokap gue malah doyan sama ddeok nya. Haha..). Saking kenyangnya, bahkan kita sempet bungkus satu mangkok nasi dan beberapa potong sisa ayamnya hehe….
korean style wrap (ssam) - Salad enak
Jadi, dalkgalbi ini adalah makanan khas yang terkenal di daerah setempat, Chuncheon. Makannya juga ga pake nasi, setiap ayam dkk dari dalam kuali itu dimakan dengan dibungkus menggunakan daun selada dan aneka banchan yang kalian suka (atau dalam bahasa korea disebut dengan ssam / en:wrap). Untuk harganya, agak ga ngerti juga sih. Katanya dihitung per-orang 11.000 won. Dan nasi satu mangkok 1.500 won. Tapi mungkin karena pas gue masuk dia nanya dan gue agak ga ngerti, gue iya-iya-in aja, jadinya dia ngasih buat 2 porsi kali yak, dan total kita makan adalah 25.000 won. Oh ya, dan juga, kata website HHWT kita tetep direkomendasikan untuk pesen daging halal sebelumnya kalo mau makan di sini. Lah, jadi yang gue makan kemaren gimana yak…?
Setelah perut kenyang, kita tinggal jalan dikit menuju halte bus. Tapi, gue lupa tadi kita turun di sebelah mana, kiri ato kanan. Karena bingung, jadinya nunggu di halte yang agak sepi. Sekitar 15 menit menunggu, datanglah bus. Tapi ternyata…. Kita salah antri, itu bus buat balik menuju stasiun Gapyeong. Sedangkan kita masih mau jalan ke arah Petit france dan Garden of morning calm. Jadilah ganti antrian ke halte seberang yang antirannya udah mengulur puuaaaannnnjjjaaaaannnnnggggg banget. Sebenernya sih ada papan petunjuk di haltenya, tapi menurutku visualisasinya masih kurang informatif, makanya agak bingung. Setelah salah, barulah memahami informasi visual di papan halte itu. Dan total waktu tunggu bus jadinya sekitar 1 jam, karena dapet bus di kloter ke-2. Tapi untung juga sih nunggu lama gini, jadinya ngantri di barisan paling depan, yang artinya bakalan dapet kursi buat duduk. Yeeaaiiyyy! Bener banget, karena dari Nami ke Petit france, apalagi ke Garden of morning calm itu luaammmaaaaaaa banget. Tapi karena tadi kelamaan ngantri dan hari udah semakin sore, gue putusin buat skip Petit france (lupa juga bawa print-an diskon tiket), dan langsung menuju Garden of  Morning calm.
pemandangan selama perjalanan ke Garden of Morning Calm
Garden of Morning Calm
Sekitar 1-2 jam perjalanan dari Nami island tadi, dengan pemandangan bukit dan danau, sambil gue tidur di bus, tibalah di pemberhentian terakhir Gapyeong City Tour bus ini, yaitu atraksi wisata Garden of Morning Calm. Seperti biasa tempat wisata ini terkenal karena digunakan sebagai salah satu lokasi drama korea (lupa sih gue tapi drama apa). Harga tiket per-orangnya adalah 9.000 won. Hmmm lumayan mahal. Bokap gue yang pelit sampe bilang do’i nunggu di luar aja. Aelah.. tapi akhirnya kita masuk bertiga.
Begitu masuk, kita sudah disambut dengan bunga warna-warni dengan suasana agak hutan-hutan gitu. Baru berapa meter aja udah banyak banget fotonya. Tapi karena gue pernah baca di blog, bahwa kita harus jalan masuk lebih dalam buat dapetin taman yang lebih cantik nan indah, akhirnya kita lanjutkan perjalanan.
Di taman ini sebenernya banyak banget jalur bercabang yang bisa kalian pilih untuk dilalui. Tapi inces lelah, jadi pilih jalur yang terlihat nyaman aja, ga usah pake banyak naik tangga. Dan kita ke arah yang ada kaya’ sungai atau kolamnya. Uniknya air yang mengalir melalui jalanan buat manusia, tapi supaya ga becek pas jalan, ada semacam stepping stone naturalnya gitu.

Lanjut lagi jalan lebih dalam, ada taman dengan padang rumput yang luas dan pohon yang daunnya dibentuk, seperti pohon bonsai gitu. Hingga akhirnya tiba di jalan kecil yang kiri-kanannya terdapat taman warna-warni yang ditata caaannnntttiiiikkkkk banget. Ini nih area yang sering didapetin kalo googling tentang Garden of Morning Calm. Entah kenapa emang waktu nemuin taman ini, kerasa banget indahnya ciptaan tuhan. Dan manusia seperti gue pun ambil foto bejibun banyaknya. Rasa mau difoto dengan background setiap jenis bunga yang ada, seperti bunga tulip yang udah mekar, dan satu bunga yang memiliki 3 warna berbeda setiap kelopaknya. Sebenernya sih hampir setiap bunga itu dikasih nama. Tapi karena gue bukan pemerhati tanaman, jadinya ga terlalu gue hapalin nama-nama tanamannya. Oh iya, karena taman di sini tuh luaaasss banget, siap-siap aja kaki kalian. Kalo ga mungkin menjelajahi setiap taman, gue saranin kalian cari tahu dulu, bagian taman mana yang harus kalian kunjungi untuk mendapatkan spot tercantik menurut kalian sendiri. Sayangkan kalo udah jauh-jauh ke sini, tapi yang di dapet ya spot yang gitu-gitu aja. Kalo gue kemaren, spot yang paling bagus adalah di area Sunken Garden. Sayang aja karena kemaren masih kurang research, jadinya ga sempet ke heaven garden yang kalo lihat di google bagus juga~.

Tadinya sih memilih taman ini sebagai destinasi akhir di Gapyeong, bukan cuma untuk menyesuaikan jadwal bus tur aja, tapi juga karena taman ini memiliki lampu-lampu indah di malam hari. Niatnya sih gitu, buat foto-foto cantik. Tapi karena sore hari itu semakin gelap oleh awan kelabu, membuat kita memutuskan buat udahan dan balik. Tapi karena tamannya luas jadinya kita jalan jauuuhhh… rencananya mau jalan ke arah yang ga kita lewati tadi, maunya ngelihat bagian lain taman yang belum dilihat. Semakin lama jalan, entah kenapa kaya’ hutan. Tapi gue pikir ga mungkin nyasar ke hutan karena ini taman tempat wisata yang udah didesain sedemikian rupa. Ternyata sodara-sodara, saat kita mendekati ujung jalan yang ada pagarnya, tiba-tiba pagar itu menutup sendiri. Entah kenapa juga kita lewat jalan situ, petunjuknya sih ga jelas. Kaya’nya itu jalur khusus untuk dilalui kendaraan servis. Jadilah balik lagi. Padahal kaki inces udah pegel. Tapi mau gimana, masa’ mau nginep di situ? Sambil nyeret-nyeret kaki, tibalah di bagian depan taman, dan kali ini kita naik jembatan gantung yang kita lihat pas masuk tadi, namun belum sempat kita lewati.
Setelah keluar, kita masih harus jalan lagi ke tempat pemberhentian bus. Oh ya, ada banyak jualan makanan di luar, tapi karena takut telat (jam bus terakhir adalah jam 19.00), dan udah  mulai hujan rintik, kita langsung aja naik ke dalam bus yang sedari tadi sudah ada menuggu di pemberhentian bus. Untung masih dapet tempat duduk. Sekitar 1 menit kemudian, Melajulahh bus ke Stasiun Cheongpyeong
Saat masuk stasiun, gue sempet bingung sih harus ke platform yang sebelah mana. Setelah gue inget-inget, oh iya, tadi pas pergi kita kan bukan di stasiun yang ini. Pantesan bingung. Karena kebingungan itu, kitapun tertinggal kereta, dan harus menunggu hingga 30 menit untuk kereta berikutnya. Tadinya sambil nunggu, buat mastiin, gue mau nanya sama petugas di stasiun. Tapi karena petugasnya bapak-bapak yang sudah tua dan ga bisa bahasa inggris, rasa kaya’ ga ada guna berkomunikasi dengan si bapak. Bukan gue aja sih, ada juga rombongan turis cina yang ikutan nanya ke bapak itu, dan mereka juga ikutan bingung karena ga ngerti bahasa korea. Jadilah kita cuma bisa cengar-cengir aja. Tapi si bapak tua penjaga stasiun ini baek sih. Keliatan kalo dia ada niat banget buat ngebantu kita. Dia nanya, di Seoul-nya mau ke stasiun apa, maksudnya biar dia bantu untuk jalur keretanya. Padahal kan kita juga udah tau pak, lah ngomong sama si bapak malah jadi bingung. Hehe…
Setelah lama menunggu akhirnya datang juga kereta. Tapi masih ada orang yang duduk-duduk di platform. Udah ah, karena gue dah capek, ya naik aja keretanya, entah ini mau dibawa kemana sama si kereta, nanti bisa ngelihatin stasiun berikutnya pas udah didalam kereta. Untungnyaaa…. Kereta yang dinaiki ini benar, menghantarkan ke stasiun Sangbong. Buat pulang ke Ewha, kita transit di Konkuk. Dan pas ngelewatin area konkuk, kellihatan kalo di luarnya rame toko-toko. Mungkin lain kali kalo ngelewatin/transit di stasiun ini lagi, bakalan mampir keluar buat lihat-lihat tokonya. Gue juga inget pernah baca, katanya pertokoan didaerah stasiun kkonkuk sampe universitas konkuk itu salah satu tempat hips anak mudah yang menarik untuk dikunjungi.

Day1
Day3