Hattrick Korea

Mungkin gue emang jodoh banget ya sama Korea… atau ini adalah buah kesetiaan terhadap korea (seetttdaaahhh)… entahlah. Tapi ya ga kebayang juga bahwa gue akan dapet kesempaatan untuk berkunjung ke korea untuk yang KETIGA kalinya. Dan yang paling wow adalah kali ini gue dapet tiket gratis, LAGI! *alhamdulillah. Dan tiketnya dapet buat 2 ORANG!! *alhamdulillaaahh~. Gue putuskan buat ngajak nyokap, karena belakangan do’i selalu nanya-nanya atau cerita-cerita kalo temen kantornya pada liburan ke korea, hampir tiap minggu. Dan bokap pun ga mau ketinggalan, akhirnya beli nambah 1 tiket lagi, dan kita berangkat ke korea tanggal 13 Mei 2017 dengan maskapai Asiana Airlines.

DAY 1

asiana airline
Asiana airlines
Food on board (porridge & omelete)
Tanggal 14 mei, pagi hari, kita tiba di Incheon. (ga usah cerita banyak-banyak ya tentang bandara Incheon, bisa baca di postingan gue sebelumnya…). Kita sarapan kimbab (950 won) sama banana milk~ (1.300 won). Saat itu, bandara sudah dihiasi dengan suasana menyambut Pyeongchang Winter Olympic yang akan diselenggarakan pada februari 2018. Lanjut kita naik Airport Railroad ke Seoul.
incheon airport peyongchang
with winter olympic decoration - breakfast wih kimbab and banana milk

Shinchon Hostel
shinchon hostelKarena penginapan kita di daerah Ewha, kita ga sampe pemberhentian akhir, tapi transit di stasiun Hongik University, ganti line 2(hijau) ke arah stasiun Ewha Womans University (2 pemberhentian dari Hongdae). Kemaren sengaja milih penginapan Shinchon Hostel ini, karena harganya ga terlalu tinggi (3 malam = 1,8 jt) buat orang bertiga dan kamar pribadi dengan kamar mandi di dalamnya (walopun desain kamarnya ga sebagus desain hotel, tapi justru terasa merakyat koreanya. Hehe…) plus dapet sarapan (kan bingung klo ga dapet sarapan pagi-pagi mau nyari makan apa). Yah, walopun sarpannya cuma roti dan selai stroberi plus kopi dan teh (ada mie instan sih, tapi ga dijamin halal). Dan yang spesial dari Sinchon hostel ini adalah mereka punya peralatan masak khusus untuk muslim di dapurnya. Senengnya nginep di tipe hostel / guethouse gini karena bisa bebas pake dapur dan minta air minum. Hehe… Trus juga yang jadi pertimbangan milih hostel ini adalah jaraknya ga begitu jauh dari exit subway Ewha (sekitar 200m dari pintu no.1 atau 2. dengan jalan berkontur turun dari stasiun ke hostel). 2 tahun lalu gue juga cari penginapan yang ga jauh dari exit subway Seoul Station, tapi ternyata gue salah, Seoul Station itu guuueeedddeeeee banget. Jadi walopun penginapannya dekat dengan exit subway, tapi jalan ke platformnya jauh banget, rasa ga sanggup mau geret-geret kaki. Naahhhh… stasiun subway Ewha ini sendiri ga begitu gede, jadi ga terlalu capek buat bolak-balik ke penginapan, dan  ada eskalatornya~~.
sinchon ewha
Near Ewha area, a lot of shops
sinchon
somewhere in Sinchon dalam rangka jalan-jalan nyasar
Walaupun saat tiba di penginapan belum jamnya check-in, tapi untungnya mereka bisa langsung kasih kita kamarnya. Jadinya kita bisa sholat dulu. Selesai sholat, kita jalan-jalan di sekitaran penginapan. Di sini banyak banget toko-toko pakaian maupun kosmetik (ini juga salah satu alasan milih area ewha karena dulu pernah ke sini dan mata gue bener-bener dimanjakan oleh deretan toko). Harga pakaian yang di jual sekitar belasan ribu won. Tapi ya modelnya kebanyakan kaos-kaos gitu sih, mungkin karena udah mau masuk musim panas. Jadinya gue bingung mau beli yang mana, yang bagusan mahal soalnya. Hehe.. Selain toko, di deket penginapan juga ada restoran, café, minimarket, dan ATM plus bank kecil gitu. Jadi nih ya, kalo ambil atm di stasiun subway, kita bakal kena charge sekitar 3.600 won, tapi kalo ambil ATM di bank gitu (apalagi ada atm yang bisa Bahasa Indonesia) ga akan kena charge. Hemat beb…

Sebenernya tujuan jalan-jalan siang ini adalah buat cari restoran untuk makan siang. Gue udah pegang referensi restoran halal, Halal Kitchen. Lokasinya lumayan ga deket, tapi klo naek taksi nanggung, toh kalo baru nyampe gini pasti semangat jalannya. Eh setibanya di sana, ternyata restorannya tutup kalo hari minggu. Bego. Kenapa ga inget kalo hari ini hari minggu. Jadilah kita nyari restoran lain, yang kali ini jalannya jaaauuuuhhhhhh karena map yang gue pegang ga lengkap. Trus juga pake tebak-tebak jalan.
sinchon
 Eh iya, kita sempet ngelewati taman yang desainnya asik, Gyeongui Line Forest Park. Belakangan gue baru tau kalo ini adalah salah satu produk urban transformation. Dulu, area ini adalah jalur kereta (kelihatan kalo di maps google). Kemudian, jalur kereta dibenamkan ke tanah (cmiiw), dan atasnya dibikin taman kece ini. Siang itu, lumayan banyak orang yang berkegiatan ria di taman ini.

Restoran Boa Travelhouse
Setelah Beratus-ratus meter jalan kaki sampe pegel, akhirnya sampe di Restoran Boa Travelhouse. Restoran ini sebenernya adalah penginapan juga. Tapi ga pilih penginapan ini karena jaraknya ke pintu subway ga sedeket Shinchon hostel, dan harganya sedikit lebih tinggi. Menu Restoran Boa Travelhouse ini sebagian besar ya tipe-tipe kotak makan gitu (dosirak). Pilihannya juga ga begitu banyak, tapi cukup mewakili kalo kalian pengen coba beberapa menu makanan korea. Saat itu kita mesen set kotak makan cumi dan daging yang masing-masing seharga 8.000 won. Untuk orang yang makannya hemat seperti keluarga gue, isi kotak makan yang disajiin tergolong banyak, puas dan sisanya bisa dibawa pulang buat makan malem, tinggal nambah nasi aja. Hehe… Dan saat itu untuk gue sendiri, gue pesen Jjajangmyeon seharga 7.000 won. Inget kejadian 2 tahun lalu saat temen gue pesen jjajangmyeon dan dia bialng enak banget, jadinya gue penasaran buat pesen yang versi halalnya. Ternyata rasanya…. masih tetep indomie goreng nomor 1! Entah menu jjajangmyeon di sini kurang rekomen atau mungkin karena ini dimasaknya ga pake daging babi kali ya jadi rasanya kurang. Oh iya, kalo ga salah di restoran Boa Travelhouse ini ada mushollanya. Tapi perlu dicek dan tanya dulu ya kepastiannya, sama tempat wudhunya ada ato gak.
korea halal food
Boa Travelhouse Restaurant - Squid and Bulgogi dosirak, and Jjajangmyeon.
Selesai makan, kita lanjut jalan ke destinasi berikutnya, tapi ga jalan kaki, melainkan naek subway dari stasiun hongik university, transit di stasiun Gongdeok, ganti subway line 5(ungu) menuju Stasiun Yeouinaru (1.250 won).

Yeoudio Han-gang Park
Belakangan Yeoudio Han-gang park jadi salah satu lokasi wajib dikunjungi buat turis karena monumen ‘I SEOUL U-nya yang hits banget buat update status kalo lo liburan di korea. Jadi, hari minggu sore itu, begitu keluar dari pintu 02 di stasiun subway Yeouinaru, wuiiihhh… buuaaannyyyaaaaakkkkk banget muda-mudi yang sedang hangout di sini. Ngerasa ruang terbuka di sini tuh beneran hidup! Mulai dari orang jualan tikar buat duduk piknik, pedagang makanan, sampe kertas-kertas brosur makanan dan delivery yang berserakan menutupi bunga-bunga warna-warni di taman. Monumen ‘I SEOUL U’ itu sendiri ga jauh kok dari pintu keluar subway no 02 ini. Tinggal kalian liat aja orang pada rame ke arah mana, di situ berarti atraksi utama, seperti istilah ‘ada gula ada semut’. Dan ga jauh dari monumen itu, ada pertunjukan musik sederhana kaya’ street performance gitu, akustikan gitar sama orgen. Asik banget. Penontonnya juga rame dan duduk tertib di semacam apmitheater yang udah disediain. Ada juga kursi dan meja plastik buat sambil minum-minum beer dan soju di area lain, yang ada pertunjukkan musiknya juga.
yeouido hangang park
Yeouido Hangang Park 'ISEOULU' - cityscape and riverfront
pempek korea
wong pembang nian, dak nyalahkenyo
Ga jauh dari situ ada semacam dermaga. Nah, awalnya tujuan ke sini, selain buat foto ya maunya river cruise gitu sih. Tapi tiketnya mahal beuts… 19.000 won per-orang buat cruise malam hari menuju rainbow fountain-nya Banpo bridge. Oke, BATAL!. Akhirnya kita ngider-ngider dan duduk-duduk sambil makan pempek. Dirasa bosan duduk, dan angin dingin semakin kencang, akhirnya gue putusin buat ke tempat lain.

Gangnam
gangnam station
Gangnam station exit no.9
Awalnya Gangnam adalah destinasi cadangan, tapi karena kelamaan bengong di Yeouido tadi, jadinya ke sini aja. Dari Yeouinaru naik subway line 5(ungu), transit di Yongdeunppo-gu office, pindah ke line 2(hijau) menuju ke stasiun Gangnam. Agak muter sih rutenya (dan juga agak mahal, 1.550 won), tapi yah demi menghindari naik-turun jalan jauh bingung-bingung ganti platform. Di Gangnam sini, niat gue adalah buat beli baju~. Katanya sih underground shopping yang dekat dengan Gangnam station ini adalah salah satu tempat favorit buat belanja baju murah. Tapi harganya sih ya sama aja kaya’ di Ewha. Memang pilihan jenis bajunya lebih beragam dari ewha yang sebagian besar menjual jenis pakaian muda-mudi kaum hawa. Dan akhirnya gue pun beli satu kaos lengan panjang berwarna pink muda seharga 10.000 won. Emang diniatin beli baju karena gue sengaja ga bawa baju banyak.
Selesai belanja, kita lanjut jalan naik ke atas, ngelihat pemandangan Gangnam. Yah buat cukup tau aja kalo Gangnam tuh ya seperti itu tampilannya. Ga jauh dari pintu keluar nomor 09, banyak kok spot foto yang bisa kalian dapet, seperti deretan bangunan tinggi yang unik. Jadi ga butuh waktu lama buat ngider di area Gangnam ini, kecuali kalo lo emang mau explore lebih beberapa fungsi tiap bangunan tinggi tsb.
gangnam area
angnam building
Around Gangnam Station
Karena hari semakin malam, akhirnya gue putusin buat segera pulang balik ke penginapan dengan subway line 2(hijau) langsung menuju stasiun Ewha. Perjalanannya lumayan jauh, karena muter ngikutin jalur, males nge-short-cut rute subway karena udah capek kalo harus pindah-pindah platform. Nyampe di penginapan, makan makanan sisa tadi siang aja, sambil ngabisin pempek tadi, lumayan bisa diangetin di dapur hostel. Hihi..

Day2