Reply 1988 K-Drama



Sebenernya gue tuh udah mulai males nonton pilem-pilem korea. Udah kebanyakan nonton kali ya jadi kaya’ udah hapal sama alur, plot, dan karakternya. Apalagi kalo yang tema romantis-romantisan, ya gitu-gitu aja ceritanya. Gue lebih pilih yang movie-movie aja, 2 jam udah selesai, tamat, ga terbuang sia-sia waktu gue yang berharga.
Tapiiiii....... ada satu drama yang membuat  gue kembali menjadi penikmat k-drama. Ceritanya, gue kan suka ngerjain tugas di lab komputer kampus. Nah di situ juga banyak mahasiswa lainnya. Ada beberapa yang suka ngobrol dengan suara gede, “coba deh lo nonton reply 1988, ceritanya bagus, lebih ke neighborhood life gitu”. Awalnya gue cuma nguping tanpa ketertarikan berlebihan. Gue juga pernah liat status temen yang update tentang noh drama. Sebelumnya juga gue pernah lihat salah satu soundtrack MV yang dinyanyikan oleh salah satu penyanyi idola gue. kesan gue saat itu, lagunya asik, ada kesan jadulnya, kalo mv nya ya gitu juga, konsepnya jadul. Dulu gue pikir entah ini emang beneran mv jadul, atau yang dibuat jadul?
Kemudian di suatu siang, gue asistensi ke dosen. Jujurnya gue udah bingung, malek, dan kesel ngebahas asistensi yang itu-itu aja. Saat balik ke lab kom, gue mau menghibur hati dongkol dan perasaan males gue. Biasanya sih gue nonton apa aja, di youtube, mengalihkan perhatian dari tugas. Trus, tetiba gue inget sama drama Reply 1988 ini. Iseng, gue cari, trus donlot sekitar 4 episode langsung (besok-besoknya gue langsung donlot nyicil sisa episodenya). Sampe rumah, mulailah gue nonton sambil tiduran.
keluarga yang rame - ibu-ibu rumpi yang sohiban
tetangga yang akrab banget - musyawarah warga sekampung
Gue cukup takjub sama settingannya! JADUL BANGET. Bisa aja gitu. Semakin dalam nonton, gue ngerasa kaya’ balik ke jaman gue kecil dulu. TVnya, kulkasnya, meja belajarnya, lemari-lemari isi barang-barang pajangannya, kursinya, kompornya (kompor minyak sih kalo di rumah), bahkan yang sekarang lazim digunakan di Indonesia, kompor gas dan tabung nya. Kalo orang kaya (yang kebanyakan di k-drama sekarang) kan biasanya pake kompor listrik yang tanpa api, tinggal di pencet aja. Pokoknya setting pemandangan yang gue tonton saat itu asik karena beda dari kebanyakan pada umumnya. Ibu-ibu ngerumpi sambil petik sayur di atas tampah di depan rumah juga ngingetin gue yang suka ikut ngerecokin tetangga depan yang suka nyari kotoran di berasnya. Karakter orangtua nya juga beneran kaya’ karakter bawel jadulnya nenek gue. Pizza, burger, dan steak masih menjadi makanan waw mewah dan gaul. Satu lagi adalah style rambut dan pakaiannya. Biasanya gue suka noton pilem korea karena fashionnya keren-keren. Nah ini, ya ampun, itu kostum kerasa banget jadulnya. Dan yang ga kalah adalah soundtracknya yang jadul semua. Beberapa ada yang udah di re-make. Setelah itu, kemudian gue jadi penikmat musik-musik jadul.
tiga sekawan yang bikin jalan ceritanya jadi ngaco
Drama ini sih tema nya ga cuma romance aja, ada family, comedy, dan friendship. dan semuanya tuh sebenernya hadir secara sederhana,  konfliknya ga macem-macem dan berlebihan. Tapi ngerasa kena di hati. Di eposide awal, gue seneng liat friendship nya. Lucu dan ketawa liat comedy nya. Mewek liat family nya. Dan makin ke dalem, makin deg-deg ser liat romance nya yang sederhana tapi so true bangeeeett... apalagi pada karakter dan jamannya itu.

Jadi ceritanya adalah pertemanan 5 sahabat (4 cowok, 1 cewek) yang akrab sedari kecil. Rumah mereka saling bersebelahan. Bukan cuma nih 5 sahabat aja, tapi orang tua mereka juga kekeluargaan antar tetangganya kuat. Nah, konfliknya adalah nanti diantara mereka ada yang suka satu-sama lainnya. Maksudnya adaaaa yang suka sama tokoh cewek, tapi tokoh cewek juga adaaaaa suka sama tokoh cowoknya. Adaaaaa cowok yang ga suka sama cewek tersebut, tapi adaaaaa juga tokoh cowok yang ga disukai cewek tersebut. Tradisi drama Reply ini adalah, kita diajak untuk menebak, siapakah yang nantinya akan menikah dengan tokoh cewek tersebut?
si lima sekawan
Belum selesai nonton, gue udah gatel ngeliat review orang. Tapi karena gue kepo nya pas masih di awal-awal episode, dimana gue masih kurang hapal dengan tokohnya, gue masih belum bisa menebak secara pasti akhir cerita drama ini dari beberapa review spoiler tsb. Ada reviewer yang sedih dan kecewa, ada juga yang senang bahagia. Ada yang menyarankan, “sebaiknya fokus aja menikmati cerita, jangan terlalu fokus untuk menebak akhirnya kalo ga mau ambil resiko kecewa. Toh, fokus drama ini bukan Cuma di kisah cinta dua insan manusia aja, tapi ada pesan kekeluargaan dan hidup bertetangga.” Tapi masalahnya semakin dalam gue nonton, eh malah makin penasaran. Emang bener ga ketebak. “kok kaya’nya ada kode-kode cowok A suka sama si cewek, eh, tapi kemudain cowok B terlihat cemburu, nah kemudian dateng lagi cowok C yang bikin ragu-ragu, ato jangan-jangan nanti jadi sama cowok D? mana si cewek seneng-seneng aja lagi sama keempat cowok tersebut.” itu yang ada di benak gue waktu nonton nih drama. Biasanya sih gue nebaknya, “siapa yang dapet kissing scene pertama, itulah jodoh pada akhirnya(entah gue pernah baca teori ini dari mana). Tapi eh tapi, kissing scene tokoh utama cewek itu lamaaaaa banget entah udah lewat 10 episode.

Sorry ya, di tulisan ini gue ga mau spoiler karena gue termasuk orang yang tersayat-sayat hatinya saat menonton akhir eposide. Susah meeennnn move-on nya. ? 이렇게?! 왠열~~ Gue ngerasa kasihan dan kesel sendiri sama tokoh yang gue dukung tsb. Gue sampe hapal dengan episode saat dia confess karena gue puter-puter terus berkali-kali karena gue ngerasa itu keren banget! tapi entah kenapa endingnya gitu. Rasa pengen gue peluk-peluk laptop gue *gila.



So far, this is my recent favorite K-drama. Finally, if anyone ask me, "whats your favourite k-drama?", I'll definetly answered "Repply 1988".
As a conclusion, you can watch this drama because it’s worth to watch. I specially recommend this for you who bored with typically k-drama. 빨리 ~!

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord