Bandung Sketchwalk

Pada tanggal 1, 2, dan 3 mei lalu, saya mengikuti event yang baru pertama kali saya ikuti, walaupun udah lama denger tentang event ini, tapi baru ini ada kesempatan dan waktu luang buat ikutan. Bandung Sketchwalk adalah acara jalan-jalan sambil sketsa /atau/ sketsa sambil jalan-jalan. Lebih dan kurang begitulah pemahaman saya.Sebenernya tujuan saya mengikuti event ini adalah untuk menumbuhkan kembali kecintaan saya terhadap menggambar. Sebenernya, dulu waktu sma saya suka coret-coret kertas. Tapi, pas kuliah, ngerasa bosen, males, dan eneg banget nge-gambar. Baru setahun belakangan kembali mencoba hobby nge-gambar lagi, karena temen-temen yang sekarang sepertinya hampir hobi gambar semua. Tapi, selama ini saya cuma ngegambar objek dari foto. belum pernah gambar objek yang langsung dilihat mata. So, it will be my new experience (again). Jadinya, nekat deh ikut acaranya sendiri, ga pake bareng temen-temen lain yang makin lama makin jarang ngumpul. hiks..

Tanggal 1 mei disore hari merupakan acara pembukaan yang dihadiri oleh pak emil sebagai bintang tamu. Sebelum ke acara, sempetin beli buku sketsa (20lbr) buat besok. Tapi untuk alat gambarnya, saya cuma pake pensil mekanik aja lah ah.

Tanggal 2 mei, pagi, acara pun dimulai. Sempet bingung sih ini acara nge-gambar-nya gimana. Jadi ikut-ikutan orang aja. begitu keluar dari gedung yang jadi meeting point, beberapa orang mulai bersiap untuk beraksi. Tapi, karena semalem saya sudah merencanakan spot-spot yang jadi inceran utama syaa, langsung aja deh menuju ke jalan asia afrika. Bener aja, kayanya saya peserta pertama yang ambil spot di simpang Jl. Braga - Jl. Asia Afrika.
Udah dari lama, dulu-dulu, ngerasa gedung (?) berhasil menarik perhatian saya, karena saya merasa sungguh eksotis. begitu duduk di bola-bola beton, sempet bingung sih mau gambarnya gimana. Akhirnya nekat coret-coret aja. Hampir dua jam, menahan kesabaran mencoret-coret kertas, padahal udah bosen. Hasilnya, yah biasalah coretan tangan saya yang kasar dan buru-buru ini, ga begitu bagus. Selesai gambar, ngelihat belakang saya udah  banyak aja orang yang ngegambar. Duh, maafkeun yang gambar di belakang saya, view nya jadi kehalangan badan saya
Lanjut jalan ke arah sungai cikapudung. Pas lagi jalan, ngeliat gedung di sisi kanan (besoknya baru tau kalo ini gedung merdeka. bego.), kok kaya'nya gedung ini bagus kalo saya bisa nge-sketch berdasarkan bayangannya dan perspektif satu titik. Langsung deh pasang pose di bawah tiang lampu buat senderan. Hampir satu jam nge-gambar, sambil beberapa kali orang yang lalu-lalang ngeliat gambaran saya. ih jadi malu ih~. bahkan panitia fotografer juga sempet foto. uwouw..
 
Berikutnya, capek berdiri, duduk deh di kursi. tadinya mau gambar tanaman dan pot. tapi kok kayanya ribet. celingak-celinguk kanan-kiri, diputuskan untuk gambar menara masjid raya. Tapi ga tahan berapa lama, mulai bosen lagi.
Lanjut celingka-celinguk, baru keinget kalo punya rencana buat gambar streetscape. Terpilihlah lampu jalan yang tak jauh dari tempat duduk saya sebagai objek gambar berikutnya. Awalnya mau gambar sedikit aja, eh, tapi malah keterusan gambar hampir seluruh bagian lampunya. Nge-gambarnya berusaha menahan kesabaran, ga kaya' gambar sebelumnya karena mau hasilnya cantik secantik objek aslinya. Waktu nge-gambar juga banyak yang lihatin, apalagi anak-anak. cuma bisa membalas dengan senyuman, sambil nutup-nutupin gambar. hehe..
Saat goresan pensil hampir sampe ke tepi kertas, terdengarlah suara adzan dzuhur. Buru deh ke masjid buat sholat di masjid raya  bandung. yah, ga sempet sketsa masjid deh jadinya. Habis sholat cari makan. trus balik ke meeting point buat nge-cap gambar.

Karena ketidak-telitian saya, saya jadinya keduluan jalan ke daerah cikapundung. Kirain sesi berikutnya jam 1, eh ternyata pas besoknya saya baru nyadar kalo sesi ke dua tuh baru mulai jam 2. gubrak.. pantesan aja pas nge-gambar di cikapundung kok sepi dari anggota sketchers yang lain.
Objek inceran berikutnya, apalagi kalo bukan sungai cikapundung. Namun sayang, saya makin bingung mau gambarnya gimana. Mana panas lagi. waktu nge-gambar sempet ditemenin sama adek-adek warga setempat. Mereka malah minta gambarin diri mereka. Aku bilang aja lama, ini aja aku gambar sungai sudah 1 jam masih belum selesai. Hingga akhirnya menyerah karena ga tahan sama matahari.
Lanjut jalan, mau nyari kopi aroma. Keluar dari gang cikapundung, udah kecium aroma kopi. Tapi, ga ketemu bangunan yang ada tulisan 'kopi' nya. Akhirnya jalan terus ke arah pasar baru.
Pas lagi jalan, ngelihat bangunan di seberang jalan yang eksotis karena terlihat tua dan kurang terawat. Langsung cari spot gambar. tak sengaja, ngelihat jembatan penyebrangan. Ngerasa kalo orang Indonesia males naik jembatam penyebrangan, saya pun duduk di tangga penyebrangan buat sketsa bangunan eksotis tadi. pas lagi nge-gambar sempet ketemu rombongan skether yang bareng pak Thamrin. Bapaknya sampe bilang, "wah lagi gambar apa? wah bagus". lho, jadi ga enak, apalagi dibilang bagus (entah itu pujian atau hanya sekedar motvasi). skether yang lain yang ternyata dari luar pun ikutan menyapa, "wah you're already here". cuma bisa balas dengan..... senyum. Mungkin lebih dari satu jam nge gambar ditemani dengan bau busuk. Masker pun ga mempan menghalau bau yang tertiup angin. akhirnya nyerah deh...
Lanjut jalan ke arah belakang pasar baru. Bingung euy mau gambar apa. lebih bingung lagi mau gambarnya gimana. akhirnya diputuskan buat jalan-jalan liat-liat aja. Tapi karena hari terasa makin panas, akhirnya saya memutuskan untuk minum es dulu di depan pasar baru. sempet mikir, ini kayanya wisata sketsa beralih menjadi wisata kuliner. ckckck..
Setelah lega minum, rencananya mau balik ke jalan braga. pas di jalan, ngelihat beberapa sketcher berkumpul mengambar beberapa obek. pas saya lihat, oooohhh.... ini toh ternyata kopi aromanya. Yah sambil nunggu hujan yang mulai turun, saya kembali membuka buku sketsa buat gambar bangunan Kopi Aroma dari depan bengkel. namun sayang, waktu lagi asyik gambar, hujan deras terbawa angin menyerbu kertas kerja saya. refleks, ngelap kertas tersebut pake baju. Oh God, gue lupa, bener aja, begitu dilihat lagi, kertasnya jadi kotor karena pensilnya ke gores sana-sini di lap tadi. (-_-").
Selesai gambar dan hujan mulai reda, balik lah ke meeting point. Waktu nge-cap gambar, sempet lihat hasil karya orang yang yahut-yahut. ngeliat gambar yang saya merasa detail, nih orang sabar banget gambarnya. bahkan saya sempet ditawarin foto dengan karyanya. aduh mbak teteh, saya mah ap atuh~. gambarnya masih acak-adut.
Selesai liat-liat dan cap gambar, rasanya capek dan ga kuat lagi. Jadinya saya putuskan untuk pulang dan tutup saja hari pertama sampai di sini. inget, besok masih ada waktu kok. ;)

Tanggal 3 mei, agak telat pergi, karena masih ngerasa capek kemaren. Pas di angkot, nge-liat-liat, ternyata udah ada orang di beberapa spot. Langsung aja deh saya ke spot yang saya tuju, ga mampir ke meeting point dulu. kan ga enak nanti saya baru dateng, yang lain udah pada keluar, ngelawan arus, ketauan banget telatnya.
Untuk hari kedua ini, objek utama yang akan saya gambar adalah Gereja Katedral. Entah mengapa, saya ngerasa bangunan gereja ini bagus. seru. Tapi seperti biasa, setelah duduk dan pensil siap di tangan, bingung harus mulai dari mana. Tarik nafas... tenang.... pikir pelan-pelan bagian mana yang membuat saya tertarik. Akhirnya saya putuskan untuk menggambar menara. untuk hari kedua ini, saya juga memutuskan untuk menggambar dengan tenang dan sabar. tidak seperti hari sebelumnya yang terkesan bebas lepas. maunya gambarnya rapi, lucu, dan cantik. Lebih dari satu jam gambar, akhirnya saya nyataan cukup.
Objek berikutnya, ga jauh dari gereja katedral, menara tanda kerjasama Bandung Indonesia dengan Suwon Korea. yup, beberapa bulan lalu, pertama kali menyadari menara ini. Jadinya saya masukkan sebagai target gambar saya untuk hari kedua. Karena objeknya ga terlalu gede dan ribet, mungkin kurang dari 1 jam.
Lanjut jalan ke balai kota. apalagi kalo bukan gambar kantor walikota. Beberapa sketcher sudah ambil spot di dekat tiang bendera yang selurusan dengan gedung. Saya pun ikutan duduk deket tiang bendera. Lumayan lama gambarnya, sampe adzan zuhur memanggil.
Balai kota ini rame sama muda-mudi yang sedang menyalurkan hobi. ada yang parkeur (?), dance, tereak-tereak, baris-baris, syuting, atau cuma kumpul-kumpul sama temen dan keluarga. Karena kemaren saya bingung cari makan, tadi pagi sempet beli nasi kuning buat makan siang. Makan lah di taman balai kota deet patung ikan.
Selesai makan, lanjut jalan ke masjid buat sholat. Sampe di masjid, hujan gede. yaudah deh istirahat dulu di mesjid. eh, ternyata ketemu temen. Jadinya, setelah hujan reda, kita memutuskan unutk lanjut jalan buat nge-gambar. Tapi teteup, gambarnya  jadinya misah-misah ga bareng. Ini nih mungkin salah satu alasan saya ga nyari temen bareng di acara ini, biar bisa bebas kemana-mana milih objek. Dua temen memutuskan untuk gambar gereja. Saya dan seorang temen lagi memutuskan untuk menggambar Bank Indonesia. Tapi tetup misah lagi, temen merasa view spot awal lebih enak buat gambar objek. tapi saya merasa ribet karena harus sambil payungan. jadinya saya pindah ke halte.
Untuk Bank Indonesia, saya menantang untuk menggambar detail ukiran kolom. Tapi, beuh, susah. jadinya gambar yang sabar sekitar 2 jam, kegedain gini. hahak..

Selesai gambar, saya dan teman memutuskan untuk menunggu di mall terdekat, sambil nunggu maghrib. Waktu jalan, masih banyak juga temen-temen sketcher lain yang masih asyik gambar. Selesai maghrib, balik ke meeting point. eh ternyata ada acara tukeran sketch. Ga tau. Selesai acara, saya memasukkan salah satu gambar saya, yah sebagai tanda keikutsertaan ajah.

Serunya event ini adalah, ga begitu awkward buat ngegambar langsung di ruang terbuka/publik. serasa seniman jalanan gitu. (ciyeee~). Ini karena banyak juga orang-orang, teman-teman sesama sketcher yang juga sedang melakukan hal yang sama (walaupun gambarannya ga sama bagusnya. hehe...). kalo dilihat dari hasil gambaran saya, sepertinya tujuan utama saya tercapai. makin lama  jgua gambarannya makiin rapih. Jadi ketagihan buat gambar. :D

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord