Liburan Kulur-Kilir

Hari ketujuh

Bangun pagi-pagi sekaliiii... Mandi, terus sholat, dan siap-siap, beres-beres untuk lanjut ke destinasi liburan kita selanjutnya.

Kemaren mama dan tante atma udah beli tiket bus "Mayangsari"??? (bener ga ya? lupa nama busnya...)  seharga 33RM per-orang nya. Di tiket tersebut dituliskan akan berangkat pukul 07.00, jadi jam 06.30, kita udah harus cabut dari rumah. Tante atma cs sudah duluan pergi sama Wak ??? (haduh, lupa namanya). Sedangkan saya, mama, dan bi arfah agak telat krn mama sih lambeeeett.. jadi kita ikut anaknya Wak yang dokter, sekalian dia mau berangkat kerja sambil nitipin anaknya (Ahmad) ke pengasuhnya. Beberapa menit lagi jam 07.00, kami sudah sampai di terminal bus di Kota Muar. Saya duduk sendiri, ga papa dah, biar puas. :D.. tak lama duduk di dalam bus, bus pun berangkat menuju Larkin, Johor Baru. Yak, dari Larkin ini kami berencana lanjut perjalanan ke negeri singa melalui jalur darat dari malaysia.

Selama sekitar 2 jam perjalanan, saya lanjut tidur yang belum puas tadi pagi karena terputus harus bangun pagi. Ga banyak pemandangan yang bisa dilihat. Di Malaysia sini, hampir semua pemandangan sisi kiri-kanan jalan luar kota/Tolnya sama semua, gitu-gitu aja.
Puas tidur, saya pun bangun.

Jam 9 kita sampai di terminal Larkin. Turun dari bus, kita ke toilet bentar. Trus nuker duit. Abis itu kita nyari loket yg jual tiket bus ke singapore. Setelah tanya sana-tanya sini, akhirnya kita ke bagian ujung kiri terminal. Ke loket bus sbs 107. Tp kita bingung nih, gimana mau beli tiketnya krn loket nya tutup. Ternyata saudara-saudara sekalian, bayar nya itu di dalem bus. Pantesan aja tadi bapak-bapak yg d dalem loket bilang langsung naek bus saja. Tapi di dalam bus pun kita sempet bingung, karena penumpang-penumpang yang laen cuma nempelin dompet, tas, ato pantat mereka aja ke mesin tiketnya. Lha kami yang bukan orng setempat (malaysia/singapore) kebingungan. Padahal kami semua sudah duduk manis di dalam bus. Tapi ya, kan mama saya nanya ke orang di sebelahnya, berapa harga tiket bus ini, eh si orang sebelah tsb bilang "tanya aja sendiri ke supir nya". Ih, pelit amat sih. Gini ya kebiasaan orang kota maju, pada cuek, sombong. Ibarat kata masalah lo, derita lo.. (ㅡ,ㅡ) .
Lanjut ke cerita, akhirnya tante atma menghampiri si supir buat nanya berapa hrg nya. Ternyata nih ya, kalo di singapore, dan mungkin kota maju lainnya, ongkos/harga kendaraan umu itu beda-beda tergantung berapa jauh perjalanan kita. Nah, kalo dari larkin ke queen street (terminal tujuan akhir di sg), harganya cukup S$2.2.. 

Ok, setelah membayar sejumlah sekian untuk 6 orang, kami pun duduk tenang di dalam bus. Sekitar 1 jam perjalanan, tibalah kami di gedung ????.(lupa nama nya apa), yah sebut saja gedung tempat imigrasi lah. Kita semua turun dari bus, lalu masuk ke dalam gedung (imigrasi). Setelah cap imigrasi di counter utk foreigner, kami lanjut jalan ke luar gedung (bagian bawah gedung klo saya ga salah inget), menuju parkiran bus. Benar saja, di parkiran tersebut banyak terdapat bus. Saya pun sempat bingung. Tante atma bilang, "cari bus sbs 107". Setelah cemas melanda takut ketinggalan bus, akhirnya kami menemukan bus tsb Ternyata nih ya, ga perlu khawatir ketinggalan kehabisan bus, karena bus nya selalu ada setiap beberapa menit. Kita pun ga harus naek bus yang sama dengan bus yang kita naikin dari larkin tadi.
Di dalam bus, kita tinggal duduk tenang aja. Ga perlu bayar lagi. Tinggal nunjukin tiket yang udah kita beli dari bus yang di Larkin tadi. 

Keluar dari gedung imigrasi tsb, kita lanjut jalan melintasi jembatan ???? (Maaf, saya ga tau. Ada yg tau nama jembatan yg menghubungkan johor baru malaysia dan singapore??). Lebar selat ataupun panjang jembatan ini mungkin 2 kali dari jembatan ampera dan sungai musi. Setelah melalui jembatan yang memakan waktu hanya beberapa menit saja, kita pun tiba di gedung imigrasi singapore (lagi-lagi saya tidak tau apa nama gedung imigrasi singapore ini?). 

Seperti biasa, saat kita masuk ke negara orang, isi permit dulu. Tapi sayang, waktu kami tiba di sana, kertas permit imigrasi tsb lg abis. Jd yah terpaksa nunggu petugasnya dulu. Hingga akhirnya datanglah kertas imigrasi tsb. Isi-isi permit imigrasi, sempet bingung, krn pake bahasa inggris. Tapi yah, setelah lirik sana-sini, nyontek orang sebelah kanan-kiri. Selesailah kolom permit yang hrs di isi. Oh ya, waktu lagi ngisi sempet ada tourist jepang. Pengen diajak ngobrol, sok kenal gitu, tp ga berani, nanti malah ga ngerti dia bilang apaan. Lagian jg kan org luar negeri (negara laen) itu kan ga seramah org indonesia, mereka lebih ke individualitas. *sotoy yah saya. Wkwkwk..*
Ok, selesai ngisi permit, cek imigrasi, keluarlah dari pintu gedung imigrasi tersebut. Di luar sudah ada mama nunggu, yang tadi udah duluan cek imigrasi. Ga lama kemudian datenglah Bi Arfah. Tpi, kemana rombongan yang laen??? setelah menunggu sekitar 15 menit, keluarlah mbah. Tapi, Atma dan Om Rudi belum keluar juga. Setengah jam menunggu dan saya mulai bosan, akhirnya mama nanya lah ke petugas di pintu keluar kalo rombongan kita masih ada 2 orang yang sedari tadi belum keluar. Ternyata, Tante atma dan om rudi ada sedikit masalah di imgrasi. ga tau sih salah apa. klo ga asalah, atante atma salah nyonteng kotak yang ada di pilihan permit. Alhasil mereka ditahan oleh petugas imigrasi sono. Satu jam kemudian, akhirnya keluarlah Tante atma dan Om Rudi.
fuiiihhh.. ini lama di nunggu aja. Trus kita lanjut lagi naek bus sbs 107 ke queenstreet. Perjalanan lumayan lama, hampir 1 jam. Sempet bosen dan ngantuk di dalam bus. Untungnya waktu di gedung imigrasi tadi saya sempet foto'in map halte busnya. jadi saya tau udah sampe mana, dan berapa halte pemberhentian lagi. Hingga akhirnya tibalah kami di halte terakhir di Queen St.

Queen St, bisa dibilang terletak di dekat Bugis. Untungnya tante atma, mama, dan bi arfah sebelumnya sudah pernah ke daerah bugis ini. 4 tahun yang lalu, mereka ke singapore dan ngider-ngider di daerah Bugis ini.
Kita jalan sebentar. trus ketemu tempat untuk duduk-duduk. Lalu kita makan siang dengan bekal yang udah dibeli di Muar. Aduh, agak malu sih ya sebenernya makan di tempat umum gini. Selain takut nanti ada peraturan ga boleh makan di sembarang tempat (?), juga jadi kaya gembel ini. Setiaorang lewat, mereka pada liatin kami yang asyik makan nasi bungkus. hehe... ya udah dah, tebelin aja nih muka. Jangan aja ketemu sama temen/orang yang saya kenal.. oh ya, sedikit cerita (ga penting sih), kan kemaren2 waktu ke econsave, saya beli minuman anggur. Pengen nya sih nyobain minuman yang aga ada di Indoneisa, tapi ternyata pas saya minum abis makan siang ini, rasanya huueeeekkkkk.... minuman apo dio ooooo ini??? %!$#(!#&@!$":$@<;


Ok, sudah makan kita berencana mau lanjut jalan lagi. Tapi ke toilet dulu. Ini nih ga enaknya toilet di negara maju. Masuk nya sih bayar, tapi masa' ga ada air buat cebok? (--_--)". mana tissue nya abis lagi. Terpaksa dah di lap aja pake tisu yang ada di kantong celana yang udah dibasahin di wastafel. Selesai urusan hajat tsb, kami berencana untuk sholat dulu. nyari masjid, tapi bingung mau kemana. Untung saya bawa peta yang saya dapet dari hotel tempat saya menginap 2 tahun lalu. Walopun ga terlalu lengkap, tapi lumayanlah. Di peta tersebut saya lihat simbol yang menandakan masjid di daerah little india. Setelah membandingkan kondisi sekitar dengan peta, akhirnya saya menemukan lokasi dimana kami sedang berada. (aduh, susah ya ga ada alat hi-tech. mesti pake peta, jadul banget. Coba hp saya bisa idup, bisa internet, kan bisa liat gs di apps map. huhu...).
Kita pun berjalan cukup jauh, nyebrang di persimpangan yang gede, simpang 5 kalo saya ga salah itung, dan sempet bingung arah jalan sama peta, akhirnya setelah bertanya kesana kemari dengan orang-orang yang berjualan di toko, tibalah kami di di Masjid Abdul Gaffor. Kita pun berteduh, sholat, dan mengistirahatkan kaki sejenak. Selesai sholat, dan tak lupa foto-foto, saat kami siap-siap jalan lagi, terlihatlah satu papan nama di seberang masjid bertuliskan "28 Dunlop Backpacker Hostel". Tante atma langsung nyuruh Om rudi buat nanya ke resepsions nya berapa harga permalam. kami pun nunggu sambil duduk diluar, di kursi yang udah disediakan. Tak lama kemudian, keluarlah om rudi sambil memberitahukan kepada kita bahwa harga perorang untuk menginap satu malam adalah sebesar $28. Karena dirasa kita sudah terlalu siang tiba di sini, dan juga nelpon saudara tante atma yang di sini ga diangkat-angkat, akhirnya kita memutuskan untuk check-in di hostel tsb. Sebelum check-in, kita minta liat dulu kamarnya kaya' gimana. dan juga karena ini hostel, kita minta supaya satu kamarnya buat kita berenam aja. Hingga akhirnya kesepakatanpun terbentuk. (*duileeeh bahasanya.. :P). Setelah meletakkan barang bawaan kami, dan istirahat sebentar karena kecapean jalan jauh, kamipun memutuskan untuk segera jalan-jalan lagi. Kalau di Singapore, kemana lagi kalau bukan ke Merlion Park. 2 tahun lalu, saat pertama kalinya saya berkunjung ke negeri singa ini, saya ke Merlion pada malam hari. alhasil fotonya pun kurang bagus, karena kamera yang kami pakai hanyalah kamera digital biasa. Begitu juga dengan tante atma, mama, dan bi arfah yang dulu pernah ke sini hanya pada malam hari. Malah waktu mereka (mama, bi arfah, dan tante atma) ke sini, setingan kamera mereka ga bagus, maklum kamera pinjaman, mereka ga ngerti setting nya, alhasil fotonya pada blur semua. Jadi bagi mereka, dan juga saya mungkin ya, sekarang adalah saat pembalasan dendam saat kami ke sini pada malam hari yang fotonya pada jelek semua. HAHA *evillaugh*.


Dari 28 Dunlop Backpacker Hostel, kita jalan ke arah bugis. Setelah jalan, kita nyari halte bus. Ketemulah si halte tsb. Kemudian kita ngeliat map yang ada di halte tersebut, kita harus naek bus apa untuk ke Merlion Park. Setelah kita menemukan jalur dan bus apa, timbullah masalah, berapa bayar ongkos bus nya??? memang di map tersebut tertera harganya. Tapi saya bingung, gimana liatnya, gimana supaya tau berapa bayarnya? akhirnya saya dan tante atma, yang bertugas sbg guide, menyerah dan kitapun nanya sama orang yang sedang duduk nunggu di halte. Untungnya mba yang kita tanya ini baik, ga cuek masa bodo, diapun ngasih tau kita berapa harganya. makasih ya mba. :*

Tak lama menunggu, bus dengan nomor sekian yang kami tunggu pun datang. Cepatlah kami naek bus. Eh, tapi karena kami ga tau, kita naek lewat pintu tengah. Si supir nya marah dan bilang, laen kali naek dari pintu depan. xixixixi... wong deso ini.. XDD. tante atma yang bertugas bayar pun minta maaf ke supir nya. maluin sih, tapi cuek ajalah.


Duduk manis di dalam bus, saya pelangak-pelongok sana-sini, buat liatin sekarang dimana? sudah dekat belum? jangan sampe kelewatan. Hingga akhirnya saya liat benguna klasik yang berdiri emgah, Fullerton Hote. Saya pun memberi tanda ke mama kalo udah deket. Saya tau dong (somboooonggg ;p), karena 2 tahun lalu waktu saya kesini, kita naek taksi dan berenti di sebrang fullerton hotel. Ok, balik ke bus tadi, saya pun berdiri menandakan untuk bersiap turun di halte berikutnya. Ternyata haltenya agak jauh dari Fullerton Hotel, tempat taksi kami berenti 2 tahun lalu vitu.. Turun dari bus, kita pun jalan, lumayan jauh dan sempet ragu sih. eh, ga ragu juga ding, karena saya yakin sama arahnya. yang meragukan adalah, boleh ga ya lewat jalan ini (belakang fullerton convention klo ga salah), kan malu kalo salah jalan trus diusir orang karena ga boleh lewat situ. dan yang meragukan lagi adalah, setelah jalan lumayan jauh, kok ga keliatan tuh patung singa. Hingga setelah saya berjalan jauh dan dengan kecepatan tinggi *jiaaah*, saya pun melihat patung singa yang menyeprotkan air dari mulutnya itu.

Sambil jalan, sambil foto. dan di pelataran Merlion park tersebut puas-puas lah kita poto-poto di sana berjam-jam.

 

Karena merasa sudah lumayan lama di sini, kita pun memutuskan untuk pulang. Saya takut nanti kalo kesorean, keburu malem, dna bakalan susah buat balik ke hostel.
Dari merlion park, kita jalan balik ke halte bus tempat kita turun tadi. Tapi yang jadi masalahnya adalah, halte ini kan untuk jalur bus satu arah (bukan kaya busway/transjakarta). Benar saja, saat kita liat map jalur bus di halte tersebut, ga ada yang ke arah Bugis. Akhirnya kita memutuskan untuk menyebrang, berharap di seberang jalan sana nanti ada halte bus. Tapi setelah nyebrang, muncullah kebingungan lainnya, harus jalan ke kanan ato ke kiri? ga keliatan ada halte bus. Akhirnya kita jalan aja dah. eh, ada halte. tapi ternyata halte ini buat taksi bukan bus. ----__----.
Saat saya liat peta, disekitar tempat kami berada ada tanda yang menunjukkan stasiun MRT. akhirnya kuta jalan lah masuk ke dalam satu gedung (entah ini mall ato campur sm hotel dan kantor juga). Hingga akhirnya kita ketemu tanda arah jalan yang menunjukkan stasiun MRT.

Masuklah kami ke dalam stasiun. Beli tiket. untungnya saya udah ngerti. hehe... jadi saya yang beli tiketnya di mesin tiket. ^^v. 6 tiket sudah terkumpul, masuk ke platform, nunggu kereta. Untungnya *lagi* saya tau kita mesti nunggu di platform sebelah mana, karn udah diajarin wak rahma. ^^v.. Tak lama menunggu, mrt yang akan kami naiki pun datang.

Cuma sebentar, tibalah kami di Bugis. Nah, klo keluar dari stasiun mrt bugis, saya ga terlalu cemas takut nyasar di dalam mall/Bugis junction krn masih inget. bener aja, keluar stasiun, langung ke area foodcourt. Liat ada Yoshinoya. aku senyum-senyum ke mama. Trus, tanpa memikirkan yang lain, saya nyosor aja jalan, nyari stand yang jualan jajanan korea. daaaaannn ketemuuuuu!!! langsung dah aku minta ijin sama mama untuk beli ddeokpokki. Tapi sayang, sate ikan yang saya incer krn dulu ga beli, udah ga dijual lagi, malah ganti kimbab. --__--"... ya udah, yang penting ada ddeokpokki. Ga cuma ddeokpokki aja, aku juga beli taiyaki/bogeumbab. Itu lho, kue/waffle ikan mas isi kacang merah. Harganya juga yah hampir sama lah sama harga ddeokpokki tadi. Ga terasa $10 habis begitu saja. haha... klo cuma liat angka 10 nya sih ga banyak ya. tp klo dirupiahin.. ($_$).

Ternyata tante atma dan bi arfah sudah sampe duluan. Di kamar kita istirahat bentar. eh, bukan kita juga sih, kecuali saya, saya istirahatnya sambil ngenet. (istirahat?). Yap, di hostel ini ada fasilitas internet (wireless dan laptop yang bisa di pake gratis di livingroom). Ada 3 laptop. satu laptop dipake seorang bule cewe' satu lagi di[ake cewek berjilbab (dari johor baru kalo saya ga salah nguping. :p). Satu nya lagi saya pake. Tapi, urgh, ditunggu lama laptopnya ga idup2. ternyata saya salah pencet. malu sih dari tadi cuma duduk doang dengan sabarnya di depan laptop gelap. :p. Tapi masalah nih laptop ga berenti, koneksinya ga ada. :|. untunglah si bule tadi udah selesai pake laptop nya. Akulah yang gantiin tuh bule untuk pake laptop. Walopun komputerna konek internet, tapi loadingnya lamaaaa banget. hingga akhirnya cewe berjilbab tadi pergi, saya pun pindah ke laptop si cewe berjilbab tadi. Pencet sana-pencet sini, klik ini-klik itu, koneklah laptop tersebut ke internet. Aha! sekarang saya tau caranya. hehehe...
 
Duduk manis di depan laptop sambil makan ddeokpokki, ngenet. Bi arfah dan tante atma juga numpang nge-charge hp. Ah, sayang banget, aku ga tau provider cdma utk singapore ini apa?? *derita orang ber-hp cdma.. T_T*. Sambil duduk nungguin hp, ada bule dan seorang cewe ikutan duduk di living room, ngopi. Si bule cowo dengan ramahnya nanya kita dari mana. Kita bilang dari Indonesia. Ternyata cewe yang sama bule itu juga orang Indonesia, dari medan lebih tepatnya. Waktu kita tanya apa hubungan mereka, mereka bilang cuma temen aja kok. hueeee... apaan itu???. Tapi ga papa lah, mereka baek kok, ga sombong kaya' bule kebanyakan. Malah si bule cowo ngasih minuman sachet Kuku Bima ke kita. eeh? ternyata dia bukan minum kopi biasa, tapi kuku bima. dia bilang nih kuku bima enak. hahaha.. XDD.

Tak lama kemudian, mama dan tante atma pun memutuskan untuk jalan lagi. Lanjut deh jalan. Jalan malem kita kali ini ke daerah bugis. Ke bugis street dan bugis juntion. Ya, kita beli oleh-oleh. trus kita mampir ke Burger King buat makan malem. cieee pura-pura nya bule nih, makan malem pke burger. Padahal tadi masih kenyang makan ddeokpokki, tapi masih bisa kok nih perut dimuat-muat-in untuk si burger. hehe...
Puas jalan-jalan, dan toko-toko udah pada tutup, kitapun pulang, balik ke hostel.
Hadooooohhh.... pegel deh rasanya kaki ini.

oh ya, pas kita balik ke hostel, bule tadi masih ada. Dan juga ada bule lain yang lagi ngenet. untung deh tadi saya udah ngenet. Bi arfah dan tante atma lanjut nge-charge hp, sambil ngobrol sama bule tadi. Saya memutuskan untuk tidur saja. capek. besok mau bangun pagi, subuh bila perlu. Biar nanti pagi, abis sholat dan mandi, bisa ngenet lagi. Pasti sepi, ga ada  yang bangun sepagi itu. xixixi...



*eeh, cerita yang ini panjang ya. hehe... maklum ngepostnya berhari-hari, putus-nyambung. jadi banyak deh yang diceritain. Banyaknya cerita terasa lho di pegalnya badan saya pada hari itu. :|

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord