Ttokbokki

Setelah kemaren belajar buat kimchi, lanjut ke masakan korea berikutnya, yakni tteokbokki/떡볶이 (kue beras).



Tteokbokki merupakan jajanan yang terkenal di korea, apalagi kalau musim dingin tiba. Warnanya yang merah, dimakan selagi hangat dengan rasa pedas manis, dapat menyemangati tubuh disaat musim dingin (*sotoy yah saya. wkwkwk...). Saya pernah menonton film korea, dimana sang aktor jajan tteokbokki di pasar. Ngeliat dia makan, ak jd ngiler, pengen jg nyobain. Begitu ada kesempatan, ketika melihat ada orang jual jajanan korea tteokpokki, aku langsung minta duit sama mama. trus makan, slurrrpp... enaaakk.! bibi ku bilang kaya' somay. Tapi saya jajan tteokbokki ini beberapa bulan yang lalu. Tapi saya pengen makan itu lagi. So, saya berusaha untuk buat tteokbokki sendiri. 파이팅!!!

Baiklah, setelah googling begitu banyak resep cara membuat ttokbokki, serta melihat beberapa video di youtube, saya memulai untuk membuat ttokbokki.

bahan yang dibutuhkan:
- garateok/kue beras
- pasta cabe. karena saya ga ada, jd saya ganti dengan cabe bubuk
- gula
- daun bawang
- bawang bombay
- air
- garam secukupnya
- boleh juga ditambah sayuran kaya' wortel

begimana? simple kan bahannya?
tapi sayangnya di kota saya sepertinya tidak ada jualan garateok. terpaksa buat sendiri. nih caranya...

1 cup tepung beras (tapi saya tambahin sagu dikit supaya chewy), ditambah garam secukupnya, terus dimasukin air 1/2 cup sedikit demi sedikit sambil diadon/diulen. Kemudian, kukus adonan selama kuranglebih 20 menit. Setelah 20menit angkat adonan, kemudian ulen lagi adonannya. (klo yg saya liat dr video, dia ngulen pke mesin. tp krn saya tidak ada mesinnya, pake tangan sajalah. tp hati-hati panas). Ulen adonan selama sekitar 20menit sampe adonan kalis (*bener gak ya bahasanya?), sampe adonan lumayan lengket. supaya ga mudah lengket di tangan waktu ngulen adonan, olesi tangan dengan air garam ato air minyak. Setelah adonan lumayan lengket, bentuk adonan menjadi panjang-panjang kecil (kaya' buat pempek lenjer tapi tipis aja sebesar jempol lah..). kemudian potong kira-kira sepanjang kelingking. taraaaa... jadi deh garateok nya.!

bisa juga liat video nya di --> http://www.youtube.com/watch?v=0MhvEouOKDU



Setelah garateoknya siap, lanjut untuk masak dan buat kuah/saosnya...
siapkan panci. Tumis bawang bombay dengan sedikit minyak. Setelah bawang bombay layu dan harum, masukkan air (*maaf saya lupa takarannya. pake feeling kalian aja ya). Tambahkan pasta cabe (tp saya pake cabe bubuk), takarannya juga sesuai selera aja. masukkan juga gula (sesuai selera *lagi*). Tunggu sampe airnya mulai hangat dan sedikit mendidih. Masukkan garatteok dan wortel (sayuran yang saya gunakan). Tinggal di aduk-aduk sesekali sampe kuahnya mulai mengental dan garatteok nya masak. oh y, hampir lupa, masukin juga daun bawangnya. Cicipi rasanya gimana. apa kurang garam, gula, ato kurang pedes? yah sesuai selera kalian ajalah. daaaannn.... woalah.... jadilah tteokbokki kita.!!! ^^v



untuk lebih jelasnya, kalian bisa liat video ahjumma ini --> http://www.youtube.com/watch?v=QUmBqvMv89E

Tteokbokki yang pernah saya buat rasanya pedes banget. Bibir serasa pecah saking pedesnya (>.<). Walaupun begitu, 내 떡볶이, 음... 맛있다! (*bacanya pake gaya gumiho). Ok, 내 친구야, 맛있게 드세요!!! ^^

Komentar

Unknown mengatakan…
ka, mau tanya. bubuk cabe nya yg biasa ajakah ?? yg suka di beli d pasar ??? oh ya warnanya ampe merah gtu gmna ???
Debby mengatakan…
iya. beli di carefur (ga papa lah sebut merek :P). yg kilo'an/gram'an. bisa merah kok, cari yang bubuknya merah. tp pedesnya minta ampuuunn. klo ga, ditambah saos tomat aja dikit biar lumayan merah.
Unknown mengatakan…
oke deeh. ak hbs beli pasta cabe. moga aja rasanya enaak. hhehe.
btw d video nya ada yg msukin kaya ikan kering gtu, itu apaan yah ??
thanks yup :D
Debby mengatakan…
ga tau jg itu apa. iy, kaya' ikan kering/asin kecil2 gitu ya.. klo ak sih, ga pake.
Unknown mengatakan…
saya bikiin, GAGALL total, kan pake pasta cabe... baunya jdi kaya tape singkong... blm smpet d makan udh muntah duluaan :))
Debby mengatakan…
ooh.. ak sih emang ga pernah nyoba pasta cabe. gitu y rasanya? wkwkwk... ga papa. dicoba2 lagi aja, sapa tau bisa diakal-akalin caranya gimana supaya enak. hehe.. :D

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord