Zuppa Soup

Hidangan ini sekarang sedang populer-populernya di tengah masyarakat kita. Awalnya hidangan ini cuma bisa dinikmati di restoran / cafe. Makin lama, makin banyak yang jualan mulai dari ke pedagang kaki lima pasar dadakan hingga di jajakan dengan gerobak yang keliling gang-gang kecil pemukiman.
Emang sih di bayangan ga terlalu susah bikin krim supnya. Tapi biar lebih menantang, saya memilih untuk bikin puff pastrynya sendiri. Emang ternyata pe-er banget nih bikin puff pastry. Butuh usaha dan kegigihan
Adonan utama pauff pastry adalah tepung, sedikit mentega, dan air es. biar ada rasa, kasih sedikit gula dan garam. Di ulen hingga kalis. Diemin sekitar 1 jam di lemari es.
sambil nunggu, bikin menteganya. Campurin margarin dengan unsalted butter. Terus tambah tepung, aduk-aduk. Bentuk adonan mentega ini jadi segi 4 tebel 0,5-1cm. lumuri dengan tepung, dinginkan di lemari es.
Setelah 1 jam, keluarin adonan dari lemari es, digiling/ditipisin sekitar 1 cm. letakkan adonan mentega di tengah. Tutup rapat adonan mentega dengan sisa pinggiran adonan tepung. Kemudian lipat 4, giling, lipat 4 lagi. Simpen di lemari es sekitar 30 menit. Setelah 30 menit, giling lagi adonan, lipat 4, giling, lipat 3, giling. okeh, saya rasa cukup sampe sini aja bikin lipetan puff pastry nya. capek. Adonan puff pastry bisa disimpen di lemari es sambil nunggu sebelum digunakan.
Berikutnya bikin sup krim. Tumis bawang bombay dan bawang putih, masukin tepung. Setelah tepung tercampur, masukin susu dan air kaldu ayam. Biar enak, boleh ditambah jagung yang udah diparut (males blender). Tinggal tambah isian soup nya sesuai selera. Kalo saya pake jagung yang dipipil, sosis, daging burger, wortel, buncis. Oh ya, biar sedikit creamy, boleh di kasih krim secukupnya aja. Jangan lupa seasoning dengan garam dan lada. boleh juga masukin sedikit seledri. Masak hingga rasanya sedap. Kalo mau hemat, airnya banyakin. Untuk menjaga/membuat kekentalan krim supnya, tinggal masukin larutan maizena aja. Jadi deh.
Finishing, sendokin krim sup ke wadah tahan panas. Tutup dengan adonan puff pastry. Oles bagian atas puff pastry dengan kuning telur. panggang hingga puff pastry nya masak (mengembang dan kecoklatan). Saran saya, suhu ovennya boleh ditinggiin. pake juga api atas supaya warna puff pastrynya cantik.
Santap selagi hangat. yang suka pedes, boleh dikasih saus sambal di atas puff pastry sebelum disantap.
Bon Appetit.!

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord