Apple Pie

Heiyho..
Setelah sekian lama tidak beraksi di dapur, akhirnya kembali ngepost blog resep.
Kali ini pilihan resep jatuh kepada..... jeng jeng.... Apple Pie.
Sebenernya udah dari beberpa tahun lalu (ini serius lho) pengen nyoba bikin nih apple pie. bentuk anyamannya yang unik lah yang menggugah selera. Sebenernya dulu terkendala di oven (ga punya). Setelah mama beli, dan lagi waktu luang, saatnya beraksi.!

Menurut beberapa sumber resep, rahasia dari kerenyahan pie adalah mentega (unsalted butter) nya harus beneran dingin. Selain itu, pada sumber resep yang saya dapat, dia juga menggunakan tepung yang dingin. Jadi masukin dulu tepung sama mentega ke dalam freezer sebelum eksekusi.

Pertama, campurkan mentega kedalam tepung + sedikit gula. Hancurkan mentega secara perlahan, jangan diaduk. Tambahkan air es sedikit demi sedikit hingga adonan berbentuk seperti gumpalan beremah. Bungkus adonan dengan plastik, simpan di dalam freezer +30 menit.

Sambil menunggu adonan pie, kita siapin isiannya. Potong-potong apel. Aduk apel yang telah di potong dengan gula, perasan jeruk/lemon, garam, dan sedikit tepung. Simpan di lemari es.
Balik ke adonan pie, siapkan tempat/meja untuk menggiling yang sudah ditaburi dengan tepung. Setelah di keluarkan dari plastiknya, giling adonan pie dengan penggiling. Giling dan lipat bolak-balik adonan pie hingga adonan lembut atau sebanyak 10 kali. Simpan kembali adonan yang telah dibungkus plastik ke dalam freezer selama 1 jam.
tik tok tik tok.... satu jam berlalu
Tipiskan adonan pie di atas meja yang telah ditaburi tepung. Bagi 2 adonan. Masukkan adonan pie yang pertama (lebih banyak) ke dalam wadah/cetakan. Jangan lupa untuk terlebih dahulu melumuri cetakan dengan mentega. Setelah adonan berada di sisi cetakan, masukkan isian apple hingga penuh. Terakhir, potong memanjang adonan sisa. Letakkan arah diagonal diatas apel, lalu anyamlah. (Wah, butuh kesabaran buat nganyam tutup pie ini. harus sabaaarr dan hati-hati, jangan sampe putus dan salah polanya). Bila sudah selesai dianyam, rekatkan adonan sisa anyaman ke adonan di pinggir cetakan dengan cara di tekan.
Sebelum di panggang di oven, olesi terlebih dahulu bagian atasnya dengan kuning telur agar warnanya cantik.
Selamat mencoba.
^^

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord