Pikiran

kenapa judulnya itu? karea saya sendiri sekarang sedang mengalami masa dihantui banyak pikiran-pikiran tentang tugas saya. yaah.. beginilah nasib mahasiswa yg sdh tingkat akhir tp msh belum lulus-lulus juga.. (T_T). jadi ini posting bisa dikatakan tentang curhatan saya tentang tugas kuliah.

Klo di kuliah udah mulai terdesak oleh tugas yang deadlinenya mepet bentar lagi, mana masih ga kepikiran mau digimanain ngerjain nih tugas, alhasil saya suka sering bengong di depan laptop. tak terasa waktu 1 jam pun suka terlewat begitu saja. padahal masih belom ada yang saya kerjakan. ini karena saya kebanyakan mikirnya. contohnya saat ini, saya masih bingung sama tapak dan tampilan bangunan. "mau dimana tapaknya?", "kira-kira disini boleh ga ya?", "ato di sana aja deh?", "eh, klo di situ gimana ya?" (tuh kan, masih plin-plan). ato tentang tampilan bangunan, "nanti konsepnya apa ya?", "ntar untuk kelompok ini di bagian mana tapaknya?", "gimana klo gini aja?", "ato pke yg itu aja?".... duuuhhh.. pusingnya. (@.@)...

Semua pikiran itu telah berhasil menghantui pikiran saya seharian ini. Setiap mau ngapa-ngapain, teringet sm tuh tugas, eh jadi mikirin tugas lagi. lagi makan, nonton tv, bahkan sholat dan ngaji pun masih kepikiraaaannn terus (astaghfirullahal'adzim ya Allah... maafkan hambamu yang imannya masih cetek ini...)

Karena merasa capek mikir dan perut laper, jam 12 malam saya keluar kamar, turun ke ruang makan untuk nyari makanan. Waktu lagi ngunyah-ngunyah lumpia yang saya pilih sebagai santapan malam saya (sebenernya sih sebelum tidur, mama tadi nyuruh aku makan nih lumpia), suasana ruang makan telah sepi. Semua penghuni rumah sedang tertidur lelap kecuali aku dan kakakku (biasaaa... kita kan mahasiswa. hihihi...). Terlintas di pikiranku, "enak kali ya nih orang-orang rumah udah pada tidur, ga mikirin apa-apa lagi buat hari ini dan besok. sedang menikmati waktu istirahat yang indah...". Namun pikiran saya ga berhenti sampai di situ, saya sadari bahwa setiap manusia pasti ada hal yang dipikirkannya, dan mereka terkadang itu membuat mereka gelisah (seperti saya sekarang ini). Ga tua, ga muda, mulai dari nenek-nenek, sampe anak-anak sd.

Contohnya, orang-orang dirumahku ini, diawali dari yang paling tua, yaitu nenekku. mungkin hal yang sering menjadi pikiran beliau adalah, "besok saya masih hidup ga ya?" (maaf nek, tidak bermaksud kejam, tapi setiap orang berusia lanjut pasti lebih sering memikirkan ini). "ntar, klo saya besok mati, gimana sama anak-anak dan cucu saya ini? siapa yg bakalan masak unutk mereka?".ato pikiran lain, klo besok masih hidup, "besok mau masak apa? wah, sekarang udah deket akhir bulan, keperluan dapur gimana ini, gaji bulan ini sudah separoh kepake.. belom lg nanti mau beli obat."
Mungkin masih ada lagi pikiran nenekku yang tidak bisa sya terka. Lanjut saja ke orang berikutnya, Mama ku. klo beliau sih, saya kurang paham pikiran jenis apa yang membuat beliau kepikiran terus. Memang terkadang beliau suka masuk kamar saya trus curcol, "aidah, bos di kantor tuh, nyuruh-nyruh wong bae.. gek dio dewek enak-enakan keluar kantor lah, libur lah, cuti lah.. giliran kito saro nian..". tapi beberapa hari ini saya jarang denar curcolan mama saya yang seperti itu. berarti mama sekarang tidak idhantu pikiran-pikiran yang membuatnya gelisah kali ya. mungkin juga, karena td beliau sempat curcol, "bi, td ad wong yg nawar ruko. jadilaah.. dapet duit..". naaaah kan, mungkin ini yang bisa menghapuskan pikiran gelisah mama saya. hehehe...
Orang berikutnya adalah Papa saya. yah, memang saat ini papa saya sedang tidak di rumah, kerja di jakarta. Mungkin beliau adalah orang yang memiliki beban pikiran yang berat. "urusan kantor ini gimana?" (saya tidak tau pasti gimana urusan kantor yang diurus papa saya. tp yang pasti kalo saya ke jakarta hari libur kantor pun, papa tetep ada kegiatan kantor. ato klo tetep di rumah, tuh hp pasti bentar-bentar bunyi. alhasil, sekarang papa saya adalah orang yang selalu dekat dengan hp-nya). Ato pikiran lain papa saya, "gimana ya anak dan istri saya di palembang? apa mereka baek-baek aja? mereka ada yang kekurangan ga ya", "gimana ya kuliah-nya anak saya, kok ga tamat tamat sih.." (uuuppssss...).
Ato mungkin orang lain yang berperan sebagai kepala keluarganya, yakni Oom saya, yang sekarang sedang dapet proyek pengerjaan atap rumah mantan tetangga kami. "Besok waktunya ngerjain yg ini, trus yg itu, jadi hari x selesai", " nanti bapak Y jd ga ya pesen baja saya? kpn baja nya bau saya pesen? siapa yg bakalan saya ajak jd tukang?", "besok tukang ini mau dikasih makan apa ya?". ato mungkin pikiran tentang keluarganya.. "aduh, kasihan anak saya, udah kaya' anaknya bang toyib yang manggil-manggil bapaknya, nyuruh cepet pulang", "aduh, krn proyek ini pke harga keluarga, jadi penghasilan yg didapaet sedikit nih. cukup ga ya unutk keperluan sekolah anak saya?".
Maih ada lagi orang di rumah, Oom dan Tante saya yang masih single dan jobless. mungkin yang ada di pikiran mereka "kapan ya saya bisa ketemu sama jodoh saya?" (*hayoooo klo kalian jg punya oom dan tante yang single, boleh dong bantu kita comblangin. kasian nih liat oom dan tante saya yang masih setia melajang). ato "apa ya yang mau saya kerjain besok? duh, rasanya hidup ini monoton gini-gini aja, ga menarik.." (*ini hanya perkiraan saya saja lho ya, bukan pikiran mereka yang sebenarnya).
Orang-orang tua sudah dibahas, saatnya membahas perkiraan kakak saya, "nih, body RC saya gimana ya biar keren?" "nanti body nya kaya' gini, berarti rangka yang harus saya buat kaya gini..". ato "gimana ya suapa mesin RC nya yahut pas lomba? trus bisa menang?". atau selain RC, pikiran kakak saya adalah, "ai, ngaweke bab 4 dan 5 skripsi dulu ah. tp, nk dibuat ckmn y? gek ini ckmn? itu ckmn?"...... (*berarti kesimpulan saya sementara adalah, Skripsi berhasil menghantui setiap mahasiswa tingkat akhir sehingga membuat hidup menjadi tidak tenang).
Sekarang saatnya ke yang anak-anak SD. kebetulan dua adik sepupuku ini sekarang sedang minggunya MID semester. mungkin yg ada di pikiran mereka "gimana ya ulangan besok? mudah ga ya soalnya? bisa ga ya nanti saya ngerjainnya?". ato dalam pikirannya mereka sibuk menghafal materi-materi yang akan diujikan besok, seperti adik sepupu saya yang kelas 5 SD ini, "arti-arti di burung garuda tu apa aja y? 8 tu bulu di ekor ato leher? jumlah bulu di sayap ada berapa helai? melambangkan apa saja?"

Selain orang di rumah, mungkin temen saya yang lagi sibuk nyelesein desain mereka yan deadline nya sama seperti saya, "duuh, sempet dk y? msh ad yg salah dk y?".
atau temen saya yang alhamdulillah sekitar jam 8 tadi sms saya meberitahukan bahwa namanya semakin panjang dengan gelar ST di belakang namanya. mungkin saat ini dia gembira, tapi mungkin juga terlintas di pikiran "sekarang kuliah udah tamat, trus saya mau lanjut kemana? kuliah ato kerja? mau kuliah dimana jurusan apa? mau kerja kerjaan apa di bagian mana?".

Baiklah, dari sekian orang tentang perkiraan dari saya mengenai pikiran mereka, saya simpulkan bahwa, setiap orang itu pasti ada pikiran-pikiran yang terus menghantui mereka. yang tua, yang muda, yang udah gede, yang masih kecil. Hanya saja kalo kita terlalu sibuk dengan pemikiran kita, kita selalu merasa, "haduh, kok kaya'nya saya sendiri ya yang banyak pikiran, dan gelisah dengan pikiran itu?". tapi ternyata tidak. bukan saya saja yang banyak pikiran, mereka juga demikian adanya.


yah, tulisan udah panjang. lumayan nih klo dimasukin di laporan skripsi, bisa nambah 10 lembar. wkwkwk...
terima kasih bagi yang mau membaca. dengan sabar menyimak dan mengikuti tulisan saya.^^
beginilah tulisan saya, masih jelek, dan sulit dipahami. apalagi klo nulis skripsi, mikir buat milih bahasanya yang tepat itu lamaaa bener...
X_x

Ok, saatnya saya mengistirahaatkan raga dan pikiran ini.
klo saya tetep mikir, bisa-bisa saya stress, dan jadi orang gila. (jangan sampai ya Allah...)
Semoga di dalam tidur saya, jangan sampe masih kepikiran tugas ini. amin.

daaaaa....

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord