Rahasia bermain Rubik

Beberapa bulan terakhir, di kotaku lagi marak-maraknya permainan Rubik. memang rubik sudah kita kenal sejak dulu. namun, baru sekarang bisa maen rubik karena ada rumus-rumus untuk memecahkan teka-teki sang rubik tersebut.
Kakakku yang terlebih dahulu bisa memainkan rubik, mengajarkan aku gimana rumus-rumusnya untuk bermain rubik. tapi yah... usaha untuk mendapatkan rumus tersebut ga mudah. kakakku sering nolak buat ngasih tau aku. ga mau outus asa, ternyata di kelasku, ada temenku yang juga lagi asyik ngutak-ngatik rubik dengan rumusnya. trus, aku meminta dia mengajari saya gimana cara mainin rubik dengan rumus-rumusnya. sepulangnya dari kuliah, aku langsung menemui kakakku dan mengatakan kalo aku udah bisa maen Rubik. (*walaupun cuma satu sisi doang yg sama, yah ga papalah nyombong dkit. hehe... :P). tapi karena aku ga bisa maennya sampe abis, akhirnya dia ngajarin aku rumus-rumusnya sampe abis. dan akhirnyaaaa.... AKU BISA!!!

karena aku baik, aku akan berbagi rumusnya secara gratis..tis.. kepada kalian... :)

baiklah, diawali dengan pengenalan rubik kita sendiri. terdiri dari 6 sisi dan 6 warna. nah, kita harus mengetahui terlebih dahulu dimana letaknya warna-wanra pada rubik kita tersebut. kebetulan punya saya, dibelakang warna hijau adalah warna biru, sedangakan merah dibelakangnya orange, dan putih dengan kuning. (*cara untuk melihatnya adalah melihat warna bagian tengah rubik kalian)


akan saya mulai dengan hijau-biru, dimana hijau sebagai pusat, dan biru mengelilingi hijau.


lalu kita lihat warna dibawah warna biru yang mengelilingi hijau tadi. dan kebetulan di rubik saya, warnanya adalah Orange. sejajarkan warna orange di bawah biru tadi dengan warna orange lainnya.


lalu, putar warna biru tersebut ke bawah.


lakukan hal yang sama untuk 3 warnaa biru lainnya. Hingga akhirnya 4 warna biru tadi pindah ke bawah.


Letakkan warna biru di bagian bawah. lalu cari warna biru di sudut atas. lihat warna disebelah biru warna apa. punya saya warna putih. putar warna putih tersebut agar satu sisi dengan sisi yang memiliki warna putih di tengah.


Setelah dipindah, sisi dengan rombongan warna biru dibagian bawah, sisi dengan warna biru disudut atas menjadi bagian depan, dan sisi berwarna putih menjadi bagian kiri. Lalu masukkan rumus L'U'LU

perlu diketahui, L merupakan Left, yaitu saat kita telah menemukan patokan, L merupakan bagian kiri kita. R merupakan bagian kanan kita, U merupakan bagian atas, F merupakan bagian depan, D merupakan bagian bawah, dan B merupakan bagian belakang.
untuk huruf L, R, F, B, U, D diputar searah jarum jam. sedangkan L', R', F', B', U', D' diputar berlawanan arah jarum jam.


Rumus yang telah saya tuliskan diatas adalah rumus apabila warna biru yang merupakan sisi depan kita berada pada bagian sudut kiri atas. Namun, apabila warna biru berada di bagian kanan atas, maka menggunakan rumus RUR'U'.


setelah diputar-putar dengan rumus tersebut, warna biru tadi akan berpindah ke bawah.
lakukan hal yang sama hingga semua warna biru pindah ke bawah. namun, bila kalian tidak bisa menemukan warna biru di sudut atas, silahkan diputar-putar rubiknya agar warna biru pindah ke atas, tapi ingat, jangan sampai biru yang membentuk tanda "+" menjadi berantakan lagi ya....
Bila semua warna biru telah pindah ke bawah, maka secara otomatis barisan paling bawah papda bagian sisi depan, belakang, kiri, dan kanan telah memiliki warna yang sama.

Lanjut ke tahap berikutnya, satu sisi berwarna biru yang telah selesai, menjadi bagian bawah kita. lalu, kita cari warna (apa aja, terserah) yang membentuk satu garis tengah untuk sisi bagian depan. kita lihat bagian atas dari warna satu garis tersebut (tapi warnanya jangan sampe sama dengan warna tengah bagian atas).

Dalam rubik saya, warna yang satu garis adalah warna kuning, dan warna orange di bagian atasnya. lalu, kita lihat, sisi yang bagian bawah+tengah nya berwarna orange adalah bagian sebelah kiri atau kanan si merah. pada rubik saya, warna orange berada di bagian sebelah kiri warna kuning. lalu, dengan sisi berwarna biru di bagian bawah, orange di kiri, dan kuning di depan, masukkan rumus U'L'ULUFU'F'. maka dengan otomatis, warna merah dan putih yang berada di atas tadi, akan berpindah ke sebelah kanan tengah, yaitu antara putih dan merah.


sama seperti rumus pertama, di rumus kedua ini juga ada dua, yaitu apabila warna teman dari warna diatas warna satu garis berada di bagian kanan (*hedeeeuuwh ribet kalimatnya). langsung ke contoh, pada rubik saya, warna yang satu garis adalah warna merah, dan warna putih di bagian atasnya. lalu, warna putih berada di bagian sebelah kanan warna merah. kemudian, dengan sisi berwarna biru di bagian bawah, putih di kanan, dan merah di depan, masukkan rumus URU'R'U'F'UF.


Lakukan terus hal yang sama hingga akhirnya baris paling bawah dan baris tengah sudah membentuk warna yang sama.
oh ya, terkadang apabila kita menemui kendala, misalnya saat membuat satu garis tegak, warna diatasnya sama dengan warna tengah sisi bagian atas, maka langsung saja masukkan rumus kiri atau kanan (terserah kalian).

Setelah 2 baris bawah memiliki warna yang sama, maka kita akan menyamakan warna sisi atas.

Kita lihat sisi bagian atas rubik kita, apabila membentuk salah satu dari pola di bawah (*yang berwarna abu-abu berarti warnanya sama), masukkan rumus FRUR'U'F'.

Namun, bila pola sisi bagian atas kita berbentuk seperti gbr di bawah ini, maka masukkan rumus fRUR'U'f' (*f bagian depan dan tengah diputar bersamaan).


Kita putar-putar terus rubiknya pake rumus diatas, hingga akhirnya membentuk pola seperti salah satu di bawah ini.

bila sudah terbentuk salah satu pola di atas, maka masukkan rumus RUR'URUUR' hingga sisi bagian atas semuanya berwarna sama.

Setelah semua sisi bagian atas sama, kita lihat pada sisi samping, apakah ada yang membentuk pola seperti pada gambar di bawah ini?

apabila ada, letakkan sisi yang memiliki pola diatas di bagian kiri kita, lalu masukkan rumus RUUR'U'RUUL'UR'U'L.
apabila tidak ada pola diatas, maka tetap saja masukkan rumus tersebut hingga akhirnya membentuk pola di atas, dan ulangi sekali lagi rumus tersebut hingga salah satu sisi sampingnya memiliki warna yang sama semua, dan 3 sisi samping lainnya membentuk pola di atas.

(rumus ini ga sampe selesai. mau liat apakah ada yg baca blog saya komen klo penasaran sm rumus terakhir. hehe...)

ini video saya maen rubik. sayang waktunya 2menit 5 detik. sempet lupa2 sih sama rumusnya.

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord