Making Kalguksu

Udah lama ya ga update blog masak-masak.

Akhirnya, kemaren coba challange lagi, bikin mie Korea. Namanya Kalguksu (칼국수), secara harfiah berarti mie yang dipotong. Jadi buat mienya tuh bukan ditarik kaya' pertunjukan mie di restoran china, tapi dipotong pake pisau. Kalo lihat video-video tutorial, mudah ternyata buatnya, ga perlu skill dewa. 

Bahannya juga sederhana, cuma terigu, air, minyak, garam, dan sedikit tapioka supaya ada tekstur kenyalnya ceunah. Semua bahan tinggal diaduk, trus diulen. Diemin bentar, ulen lagi, boleh berkali-kali, sampe rasa adonannya lembut lumayan kenyal. Selanjutnnya, adonan diratakan, aku sih sukanya lumayan tipis. Jangan lupa taburkan banyak tepung supaya ga lengket. Setelah dirasa tipisnya pas, dilipat sesuai panjang pisau, lalu dipotong. Ukurannya juga sesuai selera. Saranku jangan terlalu gede, biar cantik dan proporsional dgn panjang mie. Atau kalo kalian mau buat bentuk lain juga boleh, macam sujebi gitu.

Kalo sudah selesai, bisa langsung direbus di dalam panci dengan air mendidih (gue kasih minyak dan garem merica juga biar sedep). Di beberapa resep yg pernah aku lihat, ada yang dicuci dulu (pake air dingin) mienya supaya tepung-tepungnya hilang, dan kuahnya jadi ga mengental. Tapi pas gue coba, ambyaarr.. mienya hampir hancur ga selamat, jadi cepet-cepet gue masukin ke panci buat direbus. Dan hasilnya bagus gaes. Gue suka banget sama rasa mie yang masih fresh baru dimasak ini. Macem makan pempek yang baru selesai direbus gitu. Makan mienya aja ga pake apa-apa juga udah enak, seriusan. O ya, rebus mie ini, khusus buat masak mienya aja ya, bukan dicampur sama kaldu kuahnya nanti. Karena memang di gue, air rebusannya jadi mengental gitu. Masaknya terpisah. Pas mienya udah masak, udah jadi, bilas dikit dengan air dingin supaya ga medhok, trus tinggal masukin ke mangkok saji siap makan, baru diguyur kuah kaldunya. Satu lagi, gue saranin begitu selesai masak, langsung dimakan mienya. Kemaren setelah masak, gue sempet tinggal krn keburu jam kelas online. Pas balik ke dapur, eh ternyata mie yang gue tiriskan sampe dingin tadi, pada nempel.. makanya jadi kepotong-potong kecil gitu. Atau kalian bisa kasih minyak setelah mienya diangkat, supaya ga nempel-nempel. Karena kalopun gue diemin di air dingin, mienya tetep medhook.

Untuk kuah kaldu, aku memutuskan untuk pake kaldu rasa laut. Kaldu dasar yang biasa dipake orang Korea adalah rumput laut (konbu) dan ikan asin (myeolchi). Aku pakenya ikan asin apa aja yang ada di rumah, gongseng bentar, masukin air, trus masukin miyeok yang duah direndam dan bakso-bakso ikan/udang/cumi. Tambah wortel juga boleh. Jangan lupa kecap asin (soy sauce) dan minyak wijen supaya ada khas korea dan asia timur. Krn kemaren gue jg lagi dapet bubuk tteokpokki rasa seaweed dari the bab, gue tambahin juga tuh (eh, ternyata bumbunya ini bikin kuahnya jadi mengental gitu. munkgin karena ini emang cocoknya jadi saus topoki).

Jadi deehh~

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord