Bulgogi

Udah lama ya ga nge- post tentang resep-resep makanan.
Maklum, sekarang wanita karir yang sibuk kerja 48 jam satu minggunya. Fuiihh.. hehe..

Kali ini saya akan nge-post resep masakan korea. Whuuuww.. kalian-kalian para penonton setia korea, entah itu nonton K-Drama, K-Movie, K-Pop, ato bahkan yang seneng menonton hal-hal yang berbau korea, pasti tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini.
Biasanya dimakan bersama-sama teman atau keluarga untuk merayakan sesuatu, atau hanya untuk melepas penat aja.
Apalagi kalo bukan, taraaaaa.... BULGOGI

Udah lama saya dapet resep dari banyak sumber.
Tapi sekitar satu atau dua minggu sebelum saya melancarkan aksi pembuatan bulgogi (bwah bahasanya. Hahaha...), saya mendapatkan kesempatan untuk mencicipi Korean Barbaque (yang kalo kata saya adalah bulgogi, tapi kata mama saya bukan, itu beda. -_-“) di acara resepsi pernikahannya kakak sepupu saya.

Setelah mencoba bulgogi tsb, akhirnya saya meng-googling resep2 bulgogi. Cari yang paling mudah (tapi emang sih hampir semua resep yang saya temui, cara masaknya mudah, ga susah). Let's cekidot..

Iris tipis Daging Sapi (daging yang ada urat-uratnya, yang agak kejel itu loh, apaaaa ya istilahnya. kaya' tenderloin atau sirloin gitu). Iris Bawang Bombay kecil-kecil, cincang Bawang Putih, Jahe diparut. Campur daging, bawang bombay, bawang putih, dan jahe di dalam satu wadah/mangkok. Tambahkan Kecap (di rumah cuma ada kecap manis), Merica Hitam (merica putih juga boleh), dan yang paling penting adalah Minyak Wijen sebagai rasa khas nya. Aduk rata. Jangan lupa tambahin juga garam dan sedikit gula. Kalo mau ditambahin jamur juga boleh kok. Tambahin biji wijen juga seru kaya'nya (tapi ini saya ga pake).
Tinggal di-marinate aja. Sabar menunggu setidaknya 2 jam.

Setelah bumbu meresap, siap dipanggang...!

Kaya'nya ga perlu lama-lama deh manggangnya, karena kan dagingnya udah di-iris tipis.

Dan saran saya, makan selagi hangat. Lebih hangat lebih enak.
Enak kalo yang punya apa itu namanya, kaya' kompor kecil di atas meja yang biasanya kita temui di tempat-tempat makan makanan Jepang, Korea, China.
Jal, Meokgeseumnida!!!
(^_^)

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord