Dorayaki

kembali ke masakan jepang...
makanan kesenangannya Doraemon. tau kan??

どら焼き

DO-RA-YA-KI

sudah sekian lama mengupload video tutorial nya. dan kacang merah sudah dibeli. mulailah membuat oishi-no dorayaki-des...

yah tapi, karena saya sebeelumnya belum pernah membuat dorayaki, atopun pancake (sebenernya dorayaki ini sama kaya' pancake), jadi dorayaki yang saya buat boleh dikatakan belum sukses. walopun begitu, saya tetap akan share di blog ini.

Sebelum buat adonan dorayaki nya, saya rasa lebih baik kita buat isian nya dulu. dari kacang merah.
- setelah kacang merah di cuci bersih, tinggal di rebus.
- karena nge-rebus kacangnya lumayan lama (+2jam), saya kasih soda sedikit.
- sesekali rebusan perlu diperiksa apakah airnya kurang ato ga.
- setelah kacang merah lunak, dan airnya mengering, matikan api kompor.
- haluskan kacang merah tersebut sambil ditambahkan dengan gula (untuk takarannya, nanti dicicip aja. sesuai'in manisnya sama selera kalian.). klo saya sih, ditambahin susu kental manis jg. :D
- daaann... jadi deh isian kacang merahnya.
 

Kita lanjut bikin dorayaki nya.
- kocok 2 butir telur
- masukkan gula
- tambahkan baking soda dan baking powder
- masukkan tepung terigu (takarannya liat di video tutorial ya)
- kasih sedikit margarin cair
- diamkan sebentar (+30mnt)
- setelah 30 menit, aduk2 sebentar. klo terlalu kental, di kasih air. klo mau adonannya dapet banyak juga di kasih air. tp jgn sampe adonannya terlalu cair (tambahin tepung).
- panaskan wajan (klo bisa yang anti lengket). jangan terlalu panas.
- tungakan adonan menggunakan sendok. sesuai'in aja bakaln sebesar apa dorayakinya.
- setelah bagian atas dorayaki mulai mengering, balikkan dorayaki. bagi saya tahap ini yang susah. kadang bagian bawah belum coklat, udah saya balik. tapi kadang saat saya balik, eh ternyata udah gosong. (--.--")
- setelah kedua sisi dorayaki matang/masak sempurna. angkat deh...
- taruh/oles kacang merah yang telah dihaluskan tadi, tutup dengan dorayaki lagi diatasnya, daaann... jadi deh.... \(^o^)/

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord