Sushi & Onigiri

Untuk kesekian kalinya saya mencoba membuat sushi.
Setelah beberapa minggu lalu ke supermarket dan menemukan nori yang lembaran khusus untuk sushi roll (ga kaya' nori yg pernah saya beli sebelumnya, kecil-kecil), akhirnya buat sushi lagi.
Dan sekarang, bisa dikatakan lumayan berhasil lah. Ternyata kalo pke nori yg gede itu nge-gulung nasinya jadi lebih mudah. Dan juga saya pake nasi (beras) yang dimasak bersama beras ketan. Ini bertujuan agar nasinya lengket, mudah untuk digulung/dibentuk. Untuk isiannya, saya pake telur dadar, timun jepang (zucchini), dan smooked beef (kebetulan yg di rumah adanya ini. -_-). Setelah digulung-gulung, tinggal dipotong pake pisau bergerigi. Jadi waktu motongnya, pisaunya di gerak-gerakin. Kalo takut nasinya nempel di piasu, saya pek'in minyak goreng aja. :D
Daaann.. ini dia hasilnya.!


Selain Sushi roll, saya juga mencoba membuat sesatu yang baru, yakni Onigiri.
Karena nasinya masih ada sisa dari nge-buat sushi roll tadi, dan saya males nge-gulung untuk buat sushi roll karena ribet, jadi saya putuskan untuk mencoba membuat Onigiri.
Tinggal ambil nasinya, taruh di telapak tangan (jangan lupa tangannya pake sarung plastik dulu, dan diolesi sedikit minyak goreng/mentega jg boleh supaya ga lengket nantinya). Padet-padetin nasinya, kalo saya buat bentuk gepeng dulu. Masukin isiannya, kali ini untuk isiannya saya pake smooked beef, zucchini, dan melted cheese. Kemudian bentuk nasinya jadi bulat. Tapi ternyata saudara-saudara, susah juga ya kalo mau nge-bentuk segitiga gitu. Jadinya bentuk Onigiri saya ga karuan deh.. (T_T).
Untuk Onigiri ini, saya buat yang model modifikasi, yakni digoreng. Setelah onigiri tadi dibentuk segitiga/bulat, gulingkan onigiri ke tepung, kemudian celupkan ke dalam telur yang telah dikocok lepas, terakhir tinggal digulingin di tepung roti. Daaann... byuuurr.. digoreng dengan minyak yang banyak (depp fry) dengan api sedang saja (supaya tepung rotinya ga mudah gosong).
Here they are.!

^^

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord