Chicken Cordon Bleu

Walaupun lagi puasa, tapi tidak menghilangkan semangat saya untuk tetap belajar dan bereksperimen di dapur.
Setelah difikir-fikir, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba membuat Chicken Cordon Bleu sebagai lauk untuk berbuka puasa. Juga ditemani dengan sayur Capcay.

Setelah bahan-bahan saya beli di supermarket, mulailah bekerja di dapur.
bahan yang dibutuhkan antara lain..
- Dada Ayam
- Keju. (klo saya pke melted cheesse)
- Smooked Beef. (saya pke daging kemasan olahan yang biasa dipake untuk burger)
- Garam, dan Merica Bubuk
- Tepung Roti
- Tepung (tepung biasa aja. terigu/gandum)
- 1 butir Telur (dikocok)
- Minyak untuk menggoreng

Pertama-tama, dada ayam saya bagi 2 terlebih dahulu. Kemudian dada ayam nya di pukul-pukul hingga dagingnya tidak terlalu tebal. (mukulnya pake yang pukulan daging itu lho. tp krn saya ga tau dimana mama nyimpen tuh pukulan, jadi saya pake batu gilingan yang biasa untuk nge-giling bumbu. hehe.. sebelum di pukul, ditusuk-tusuk dulu dagingnya).
Setelah dagingnya mulai menipis dan melebar (yah, setidaknya sampe saya capek dan males buat lanjutin mukul-mukul tuh dada ayam), bumbui dada ayam dengan garam dan merica.
Kemudian letakkan 1 lembar daging smooked beef (klo saya, smooked beef nya di goreng dulu), lalu letakkan lembaran keju diatasnya. Lalu gulung/roll si daging dada ayam tadi. (disinilah fungsi dari memukul-mukul dada ayam, agar mudah sewaktu menggulungnya). Agar gulungan tadi tidak mudah terbuka kembali, gunkaan tusuk gigi untuk menusuk dada ayamnya.
Tahap berikutnya, gulingkan gulungan dada ayam tadi di tepung terigu, kemudian celupkan kedalam telur yang telah dikocok, lalu gulingkan kembali gulungan dada ayam tersebut ke tepung roti.
Terakhir tinggal di goreng (deep fried) dengan api sedang/kecil (biar tepung rotinya ga mudah gosong, dan daging ayamnya masak).

Hasil nya lumayan gede. dari satu dada ayam tadi kan dibagi jadi 2. tiap bagian nanti setelah digoreng bisa dipotong/dibagi 3 lagi. alhasil bisa mencapai 6 potong. (ini tergantung sebesar apa daging dada ayamnya).


Untuk sayurnya, sebenernya niat saya mau bikin Sapo Tahu Seafood (temanya kaya' makanan di salah satu restoran yang lumayan sering saya kunjungi bersama teman-teman untk makan siang). Tapi sepertinya, hasilnya tidak menyerupai Sapo tahu seafood melainkan hanya seperti Capcay biasa. -__-"
yah, seperti buat sayur biasa (walaupun biasa, tp sejujurnya ini pertama kali saya masak sayur. hehe... -_-), bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:
- Kubis, Wortel, Brokoli (pake sayuran yg laen ato mau ditambah sayuran yang laen jg boleh, semisal jagung kecil2, kembang kol, paprika)
- Bawang bombay dan Bawang putih
- Udang (saya pke udang yg udah dikupas)
- Tahu sutera (tahu biasa jg ga papa)
- Jamur
- Kecap ikan (ditambah/diganti saus tiram jg bisa)
- Garam dan Merica bubuk
- Daun Bawang
- tepung maizena/sagu yang sudah dilarutkan
- Air
- Minyak untuk menumis

Diawali dengan menumis bawang bombay dan bawang putih. Setelah harum, masukkan udang dan wortel. Kemudian tinggal dimasukkin jamur dan sayuran yang lain (wortel & brokoli). Tambahkan air secukupnya. Tunggu hingga sayuran dan udangnya masak, kemudian masukkan tahu, daun bawang, dan larutan tepung maizena/sagu.

daaann.. taraaaa... selesai.!

alhamdulillh ya, mungkin krn puasa, jd orang-orang di rumah makan-makan aja masakan saya, walaupun rasanya masih kurang. hahaha..

well, selamat mencoba.. ^^

Komentar

Top post

Belajar Korea

Liburan Kulur-Kilir

A little girl (Reply 1988) Chord