Katro ngelancong

part 1

Sudah dari taon-taon kemaren, mama janji'in ngajak jalan keluar negeri. tapi karena aku nya yang ga bisa (dan ga mau) ninggalin kuliah, plus jadwal cuti mama yang suka ga cocok sama jadwal libur, dan juga beberapa isu-isu yang sedang melanda di luar negeri, baru sekarang bisanya liburan ke Singapore.
Berawal dari aku yang ga dibolehin ortu ikutan temen liburan ke singapore (krn financial keluarga yang tidak memungkinkan dan juga karena menggunakan jasa travel), terus cerita'in ke ortu pengalaman temen-temen yang liburan ke singapore, akhirnya timbulah rasa iba ortu terhadapaku(*lebay bahasanya).
tanggal 17 agustus, mama berencana ke jakarta, nemenin papa. tapi pas tanggal 15, di telpon wak (klo bahasa jawa nya Bu'de) ngajakin liburan ke Singapore, karena wak rahma dapet voucher temennya buat nginep di hotel di singapore, walaupun cuma 1 malam. Mumpung ada kesempatan, mama langsung ngajakin aku ke singapore. Nekat bolos kuliah demi liburan yang terlambat ini. hehe...

Tanggal 17 agustus, tiket palemang-batam seharga 350ribu untuk jam 14.30 udah dipesen. Setibanya di Batam, karena ga ada bagasi, aku, mama, dan bibi (adeknya mama) langsung nyari tiket ferry sekaligus nuker dolar singapore. Dibelilah tiket ferry seharga 108ribu per-orang. Dari Bandara Hang Nadim, naek taksi ke Batam center. harga taksinya udah ditentuin, 70ribu untuk 1 taksi. Sampe di Batam Center jam 16.00. langsung masuk ke pelabuhan. Karena belum pernah ke pelabuhan, jadi kami bingung. ngikutin orang aja. malah mama aku salah jalan, mestinya belok, eh dia malah naik eskalator (*gubrak ma... hahaha). kami langsung ke pemriksaan tiket, eh ternyata di suruh boarding dulu. nyarilah tempat boardingnya dimana. ternyata tadi udah lewat situ. selesai boarding, balik lagi ke tempat periksa tiket tadi. ternyata di suruh cek fiskal dulu. balik lagi nyari dimana tempat laporin fiskal. ternyata tempatnya ga jauh dari tempat boarding. O ya, untuk fiskalnya, bagi yang punya NPWP, bebas fiskal (makanya, warga yang bijak harus taat membayar pajak *iklan :P), trus bagi yang ga punya NPWP, bisa pake NPWP orang tuanya, tapi harus 1 KK dengan orang tuanya ya. nah bagi yang berumur di bawah 20, bebas fiskal! saya termasuk golongan terakhir. hehe... Selesai lapor fiskal, barulah tiket kami di cek lagi, terus masuk ke tempat imigrasi. selesai dari imigrasi, nunggu kapalnya. kami kebagian kapal jam 17.20. lunayan lama nunggunya -_-.
Akhirnya datang juga kapala ferry nya. masuk ke kapal, ternyata penumpangnya ga banyak, jadi yah bisa leluasa di dalem kapal. perjalanan sekitar 1 jam ke Harbour front Singapore. terpaksa buka di tengah laut. buka dengan air mineral dan roti yang dapet dari pesawat tadi, sama biskuit yang udah dibawa dari palembang.

Sekitar jam 19.30 waktu singapore (lebih cepat 1 jam dari WIB), tiba di harbour front. lampu-lampu pelabuhan dan pinggiran kota singapore udah terlihat berkelap kelip menerangi langit malam kota singapore (wuah... bahasanya :D). Turun dari kapal, cek imigrasi. eh, aku ditanyain KTP sama petugasnya. waduh, aku kan ga punya KTP (*contoh warga yang tidak baik, penduduk gelap. hehe...), aku bilang aja forget. untung nya ga papa. selsai cek imigrasi, ke luar, nyari taksi. yahh karena kami katro, aku juga ga tau gimana-gimana cara-caranya di singapore, kami berdiri di tepi teras bangunan buat nyegat taksi. pas aku lihat ada line antrian, dan aku juga liat ada orang ngantri, aku liatin tulisan di line antrian tersebut, ternyata itu adalah tempat ngantri taksi. langsung deh aku ajakain mama sama bibi ku ngantri buat dapetin taksi. hahaha... untung daahhh... ga kena marah sama petugasnya. Akhirnya dapet juga giliran kami untuk naek ke taksi. Setelah masuk ke dalem taksi, mama nyebutin lokasi tujuan kami, tempat janjian sama wak raham "Lucky Plaza, Orchard Road".

Di jalanan Singapore, saya melihat terangnya singapore dengan gedung-gendungnya yang tinggi. dan juga mall-mallnya yang rame banget sama kelap-kalip lampu. ga beberapa lama, tibalah di Lucky Plaza. Setelah membayar sekitar 10 dolar singapore, turunlah kami dari taksi. terus, jalan dikit, eh tiba-tiba ada yang nepuk-nepuk tangan sambil manggil-manggil, yap, itu dia wak rahma. Setelah bertemu wak rahma, kami langsung ke appartment untuk meletakkan barang-barang. rencananya appartmennya untuk nginep malem berikutnya. setelah meletakkan barang-barang dan memisahkan baju yang akan di bawa ke hotel untuk dipake besok, kami turun ke lantai basement nyari makan buat buka puasa. Bibi ku request makan nasi (*Indonesia banget...). pesenlah masakan Indonesia. harganya sekitar 5 dolar, tapi ga termasuk minum. sambil makan, wak rahma cerita-cerita, ternyata di tempat inilah Gayus di tingkep polisi.

Selesai makan, kami lanjut jalan ke hotel. wak rahma ngajak lewat bawah tanah. wuiihhh... jalannya ribet, aku ga bisa ngapalinnya. masuk ke bawah dari sini, eh keluarnya tiba-tiba udah di sono. ribet. Orang Singapore hebat ya, bisa buat jalan bawah tnah gitu. klo dipikir-pikir, mereka buat jalan raya nya dulu baru buat jalan di bawahnya, ato buat jalan bawah tanahnya dulu baru diatasnya dibuat jalan raya? klo yang bener yang pertama, wah, ga kebayang betapa ribetnya. mesti gali tanah, buat dinding penahannya. mending klo kecil, lha ini, segede-gede gitu jalan bawah tanahnya, ada toko-toko nya lagi. (berdasarkan ilmu yang saya dapet, bikin basement itu ga murah, mahal banget malah. mungkin untuk mengatasi balik modalnya, maka dibuatlah tempat perbelanjaan di bawah tanah tersebut. hebaaattt...). Keluar di seberang lain jalan, kami melanjutkan perjalanan di atas (jalan biasa maksudnya), tepatnya di orchard road. menelusuri orchard road, lalu lanjut ke Tanglin road. di jalan juga sempet foto-foto (*pertama kali kamera dikeluarain dan dguna'in) di sepangjang pedestrian lebar yang terkenal, Orchard road, di toko ToysRus, hotel Hilton, dan Hardrock cafe. Awalnya sih malu, tapi karena wak rahma bilang "laju lah bi... foto la..." akhirnya memberanikan diri dan menebalkan muka untuk berfoto. eh ternyata, karena ngeliat kita-kita foto, ada orang lain yang ikutan foto juga. ternyata... mereka juga sama malu-malu kaya' aku. hihihi...

Di Tanglin road, belok ke Tomlinson road. jalan dikit dari persimpangan, tibalah di Hote Regent, hotel yang akan kami tempati selama 1 malam. Begitu masuk ke dalem hotel, area lobby.. Beeuuuhhhh... gilaaa... hotelnyaaa... BAGUS BANGET! pertama kalinya saya ke hotel seperti ini. begitu melihat interior hotel, langsung keinget film BBF (k-drama holic :P), inget sama hotel Minho yang di Macau. Wuiiihhh... kapan lagi aku bisa nginep di hotel ini. denger-denger katanya harganya 3jt semalem. waw! untungnya kami bisa ke sini nginep gratisan krn pake voucher temennya wak rahma. alhamdulillah ya Allah... aku bisa nyicip juga hotel kaya' gini (*norak ya. biarin. judulnya aja katro. hehe...). Setelah masuk ke dalem hotel, naik elevator ke lantai 4. pas jalan ke kamar, bibi ku bilang "ai bi... surgooo...". ahahaha XDD.
Pas masuk ke dalem kamar, foto-foto dulu. hihi. puas foto-foto, mandi dulu. terus lanjut keliling hotel buat foto-foto (*lagi). semua ruang (yang ga ada orangnya) kami cicipi untuk foto-foto. bibi ku bilang, "cicipi galo kursinyo". hahaha XD. Terus kami lanjut jalan ke luar hotel. tapi ga jauh-jauh, cuma di sekitar hotel. puas foto-foto di luar, masuk lagi ke hotel. lanjut foto-foto lagi. puas foto-foto di lantai 3, kami mau naik ke lantai 4. tapi karena kami katro, ga bisa operasiin elevator yang mesti masukin kartunya dulu. alhasil elevator kami cum naik-turun dari lantai 3 ke lanti 1, tersu balik lagi ke lantai 3, terus turun lagi ke lantai 1. hahaha XDD... karena bingung kenapa elevatornya ga mau naik ke lantai empat, kami memutuskan untuk keluar, mau pindah elevator. tapi masih elevator yang sama yang buka, elevator yang lain tetep diem ga ada yang bukain pintunya. tiba-tiba datanglah petugas hotel menghampiri kami yang terlihat kebingungan. dia menyapa dengan bahasa melayu, "belum tidur?". terus kami bilang "ini, lif nya ga mau naek ke lantai 4". untungnya si petugas hotel dengan ramahnya membantu kami menggunakan kartu untuk mengakses elevator. dan akhirnya tibalah kami di lantai 4. wak rahma yang dari tadi udah nunggu di luar kamar bilang "oiii... kamu niii... lamo nian. ngapo?". terus kami ketawa-ketawa (*menertawakan ke-katro-an diri). kami ceritakanlah kejadian elevator tadi ke wak rahma, ketawalah kami di kamar. puas ketawa-ketawa dan cerita-cerita, akhirnya kami tidur....